Facebook Bawa Fitur Home Untuk iOS, Plus Tips Maksimalkan Home Untuk Android

Selang 5 hari setelah terlebih dahulu dirilis untuk Android, Facebook akhirnya meng-update aplikasi Facebook mereka untuk iOS dengan satu fitur unik Chat Heads, bulatan notifikasi sebagai akses cepat ke layar chatting.

1366179620000

Selang 5 hari setelah terlebih dahulu dirilis untuk Android, Facebook akhirnya meng-update aplikasi Facebook mereka untuk iOS dengan satu fitur unik Chat Heads, bulatan notifikasi sebagai akses cepat ke layar chatting.

Dengan update kali ini, pengguna Facebook di iOS bisa merasakan pop up chat heads yang muncul ketika muncul notifikasi chatting seperti dirasakan pengguna Facebook Messenger di Android. Sayangnya tidak seperti versi Android-nya, dimana Messenger bisa melakukan sihir chat heads secara independen, untuk versi iOS ini ada batasan. Bulatan itu hanya muncul ketika kamu berada di dalam aplikasi Facebook. Ketika kamu menjalankan fungsi iOS lainnya, meskipun Facebook berjalan di background, kamu tetap tidak mendapatkan notifikasi chat heads.

Namun pengguna iPhone dan iPad masih bisa membanggakan Messenger mereka ini, karena di dalamnya disisipkan banyak stiker selain emoticon standar, yang bisa kamu kirimkan ketika melakukan chatting. Selain itu, update Messenger dan Facebook kali ini mendapatkan perbaikan interface dan perbaikan tampilan timeline.

Untuk men-download update baru Facebook, langsung saja masuk iTunes di sini atau langsung meng-update-nya melalui App Store di iOS-mu.

TIPS FACEBOOK HOME ANDROID

Masih berhubungan dengan Facebook, mereka merilis Home 12 April 2013 lalu di wilayah Amerika Serikat, dan kemarin muncul versi update-nya dengan tambahan dukungan secara global untuk wilayah lain di PlayStore. Hanya saja tetap ada batasan smartphone apa yang bisa menjalankannya, antara lain:

  • HTC One X
  • HTC One X+
  • HTC One
  • Samsung Galaxy S III
  • Samsung Galaxy Note II
  • Samsung Galaxy S 4

Namun kamu pengguna smartphone selain yang disyaratkan di atas, masih bisa mengakalinya dengan bantuan guide dari kami. Hanya saja tetap banyak batasan dari Home, karena memang sekadar sebagai shortcut Timeline Facebook di layar home screen. Namun kami menyukai akses cepat itu, seperti ketika membuka Android, di lock screen langsung muncul informasi mengenai status teman-teman Facebok. Dan jika kamu ingin mendapatkan fungsi launcher standar Android-mu (penulis menggunakan launcher IdeaDesktop), namun juga sekaligus keunikan lock screen ala Facebook Home yang menampilkan semacam animasi bergerak berisi status teman Facebook, bisa mencoba tips berikut.

Meskipun di-clear default, biarkan saja Home jalan di background, maka kamu bakal dapatkan layar lockscreen seperti gambar kanan di atas.

Kamu cukup perlu meng-clear Home sebagai default launcher (masuk ke Settings > Apps lalu cari Home dan pilih clear default), namun jangan pilih tombol “disable Home” (jika memang ada di layar setting Android-mu). Kemudian jika kamu sudah mencentang opsi “see Home when screen turns on” pada setting Facebook Home, maka setiap kali menyalakan Android-mu, Facebook Home langsung mengambil alih layar lock screen, namun launcher Android-mu tetap dipegang oleh launcher standar.

Kelemahan trik ini hanya satu, jatah RAM-mu akan terkuras banyak, karena Facebook Home tetap berjalan di background. Yah, ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan tampilan lock screen keren itu.

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.