Microsoft Siapkan Smart Watch untuk Durango, Siap Menjadi Asisten Fitness Pribadi?

Rumor baru datang dari Durango. Kali ini mengenai rencana Microsoft yang berencana merilis sebuah jam tangan pintar (Smart Watch) untuk menjadi asisten fitness pribadi. Benarkah? Simak beritanya di dalam!

1366266185000

Bill Gates dan CEO Swatch Nick Hayek Saat menunjukkan jam tangan Swatch baru di New York.

Microsoft rupanya memiliki banyak rencana jangka panjang untuk Xbox selanjutnya atau yang lebih dikenal dengan kodenya Durango. Setelah sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa Durango siap terintegrasi secara penuh dengan Xbox TV, kali ini muncul rumor baru yang tidak kalah menarik: Microsoft kini tengah mengembangkan sebuah jam tangan pintar (Smart Watch) untuk Durango!

Kabar ini sendiri bocor dari salah seorang sumber yang mengaku sangat familiar dengan semua rencana Microsoft untuk Durango. Kepada The Verge, dia mengungkapkan bahwa Microsoft sudah mengembangkan jam tangan pintar ini sejak satu tahun yang lalu. Jam tangan yang masih dalam tahap prototype ini dikabarkan akan memiliki layar sebesar 1.5 inci dan kabarnya dikembangkan oleh tim yang sama dengan tim pengembang Kinect generasi baru dan aksesoris lain untuk Durango nantinya.

Selain memiliki layar sentuh sebesar 1.5 inci, jam tangan ini memiliki sebuah sabuk pengikat yang bisa dilepas. Salah satu prototype dikabarkan sudah memiliki satu konektor power magnetik yang mirip dengan konektor serupa yang digunakan dalam beberapa tablet Surface milik Microsoft. Konektor mirip MagSafe ini dibuat dari lima pin, yang bisa digunakan untuk mentransmisikan baik tenaga listrik maupun data. Sayangnya, jam tangan ini baru merupakan prototype, sehingga sumber tersebut menyebutkan masih ada kemungkinan Microsoft membuang konektor ini atau mempertahankannya sampai dirilis.

Industri Smart Watch sendiri sebenarnya bukan bidang yang asing bagi Microsoft. Kilas balik tahun 2004 lalu, mereka pernah merilis beberapa Smart Watch dengan merk SPOT. Jam tangan ini menggunakan sinyal radio FM untuk mendapatkan berita, prakiraan cuaca dan informasi saham. Sayangnya, Microsoft menghentikan produksi jam tangan ini, dan akhirnya menutup pengembangan dan layanannya secara penuh tahun lalu. Belum diketahui apa rencana Microsoft dengan Smart Watch yang terintegrasi dengan Durango ini. Namun banyak sumber yang menyebutkan, bahwa Smart Watch ini nantinya bisa kamu gunakan untuk memonitor kesehatanmu sembari memainkan game-game fitness di Durango. Prediksi yang sangat mungkin mengingat sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa Microsoft juga tengah mempersiapkan Kinect generasi baru agar bisa memonitor detak jantung pemain.

Apakah kabar ini benar? Sekali lagi, kita diharap untuk sabar menunggu hingga bulan depan, dimana kabarnya Microsoft siap menghelat Xbox Event pada 21 Mei untuk memperkenalkan penerus Xbox 360 ini untuk pertama kalinya.

[Sumber: The Verge]

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.