Pilihan Game Android Terbaik, Dari Dungeon Hunter 4 Hingga Update Pertama Real Racing 3

Ada beberapa game Android baru dirilis seminggu belakangan, atau yang menerima update baru, namun bukan berarti semuanya harus kamu beli / download. Berikut kompilasi game Android yang menurut penulis cukup worth it untuk dimainkan.

Dungeon-Hunter-4-1

Ada beberapa game Android baru dirilis seminggu belakangan, atau yang menerima update baru, namun bukan berarti semuanya harus kamu beli / download. Berikut kompilasi game Android yang menurut penulis cukup worth it untuk dimainkan.

Hills of Glory 3D

Seandainya ada dunia paralel dimana Perang Dunia II tidak terjadi, tidak banyak yang game yang mengambil ide tersebut sebagai basis ceritanya. Salah satunya Hills of Glory 3D ini, yang membawamu di tengah Perang Dunia II, menyelamatkan Eropa, melawan Jerman, dalam sebuah gameplay yang memadukan strategy dan castle defense. Game yang menjadi sekuel dari Hills of Glory ini hadir dengan grafis yang lebih fresh, penuh warna, orientasi menjadi horizontal, dan kesan kartun yang sangat terasa.

Dalam game yang ukurannya hanya 49MB ini kamu ditugasi mendorong mundur pasukan musuh dengan banyak senjata dan kemampuan, sambil berusaha bertahan dari serangan mereka yang juga berambisi menghancurkan bunker-mu dan menguasai Eropa. Dirilis gratis, Hills of Glory 3D berisi banyak in-app purchase (termasuk juga iklan) yang membantumu untuk menang, seperti dengan senjata yang lebih kuat, atau membeli uang dalam jumlah besar yang bakal kamu gunakan untuk membeli item dalam permainan.

[youtube id=”mj8SOcS8iHE”]

Download: Google Play Store

CSR Racing

Well, mungkin kita tidak memiliki sarana seperti mobil yang ter-tuning dengan baik, dan lintasan yang cukup aman untuk memacu mobil tersebut. Memainkannya dalam sebuah game menjadi salah satu rujukan penggemar game racing, apalagi jika pilihan mobilnya banyak yang berlisensi dari produsen mobil dunia. Seperti CSR Racing ini, yang dirilis 16 April lalu di Android.

Penting kamu ketahui, game ini gratis, alias freemium, jadi jangan kaget dengan banyak in-app purchase yang bakal kamu temui. Kemudian CSR Racing juga lebih bernuansa arcade, dan sangat minim meminta kita berinteraksi dengan kendaraan melalui unsur simulasi seperti pada Real Racing 3. Karena itulah semua balapan yang bisa kamu lakukan bertipe “drag” race, dan tidak ada kompetisi untuk memperebutkan posisi terbaik. Kamu hanya perlu memikirkan timing ketika balapan dan memilih upgrade yang tepat untuk bisa mencapai finish lebih cepat.

[youtube id=”4QAoxru0EUo”]

Download: Google Play Store

Eden to Green

Sekitar setahunan lalu, nVidia memasukkan nama Eden to GREEEEN sebagai salah satu game yang mendukung platform Tegra 3 (atau biasa disebut THD). Namun kini game tersebut dirilis lebih global untuk semua Android dengan judul baru yang lebih “normal.” Game tersebut mengambil setting di dunia dimana ada peradaban berbasis makhluk tumbuhan harus mempertahankan Eden dari serbuan pasukan robot yang mau mencuri semua mineral asli planet yang disebut Euphoria, sekaligus juga ingin menghancurkan banyak lokasi yang dulunya indah, serta menyisakan sedikit tumbuhan saja yang hidup. Tugasmu untuk mencegahnya terus berlanjut. Semacam Plants vs Zombies, namun dengan robot, bukanya zombie undead.

Kini developer iNiS (studio di balik The Black Eyed Peas Experience dan Lips) bekerjasama dengan Zynga untuk memasarkan game ini, sehingga kita bisa menebak bakal ada banyak in-app purchase menghiasi permainan. Sementara ini Eden to Green masih eksklusif Kanada, jadi kita yang berada di Indonesia belum bisa memainkannya, meskipun gratisan. Namun kamu bisa men-download-nya dari link alternatif yang kami berikan, dan meng-install .apk-nya secara offline (dan datanya ditempatkan di folder Android/data.

[youtube id=”9w15pJhc4VE”]

Download: Google Play Store atau dari link alternatif

Real Racing 3

Setelah versi iOS-nya beberapa minggu sebelumnya, akhirnya Electronic Arts memberikan major update pertama Real Racing 3 untuk Android. Update ini menambahkan dua mobil baru (Chevrolet Cobalt SS dan Camaro ZL1), dan lebih dari 100 event baru, tipe event baru yang disebut Hunter Mode, dan sistem save cloud (menggunakan profil Facebook) yang bisa diakses secara cross-platform baik di iOS atau pun Android.

Apa yang paling menarik dari update ini jelas cross-platform cloud save. Jika seandainya kamu memainkan game ini dan menghubungkannya dengan Facebook (seperti yang diterapkan pada Ragnarok Online Valkyrie Uprising), maka progress permainan Real Racing 3-mu akan tersinkronisasi pada semua perangkat yang kamu gunakan untuk memainkannya, tidak peduli berbeda platform. Jadi jika kamu memiliki iPad atau tablet Android, kamu bisa memainkannya melalui keduanya bergantian, dengan progress yang sama.

Update ini juga memasukkan menu tutorial yang lebih baik, antar muka menu utama juga berubah, termasuk juga di bagian stats leaderboard. Sayangnya update ini juga mendatangkan masalah pada beberapa Android tertentu, seperti kamu tidak bisa memainkannya karena selalu force close selama layar loading. Jika itu terjadi padami, uninstall saja gamenya, dan kemudian install ulang kembali. Selama kamu mengikat profil dalam game dengan Facebook, maka progress-mu akan tetap tersimpan di cloud save.

http://youtu.be/[youtube id=”adkcIzZAzEY”]

Download: Google Play Store atau dari link alternatif (tanpa file datanya). UPDATE: Link data untuk download via PC kami sediakan di bawah, (penting) silahkan download menyesuaikan jenis GPU Android-mu:

Dungeon Hunter 4

Game Android terbaik menurut penilaian penulis yang baru dirilis kemarin di Play Store adalah Dungeon Hunter 4 dari Gameloft — setelah versi iOS-nya dirilis seminggu sebelumnya . Serasa baru kemarin kita memainkan seri ketiganya, kini Gameloft sudah menawarkan yang keempat, bisa kamu download gratis lengkap dengan banyak in-app purchase, karena itulah worth it untuk dimainkan. Game ini juga menjadi yang ketiga dirilis di Android, karena platform ini mulai menerima serial tersebut dari seri keduanya.

Secara visual sekuel ini tidak mengalami banyak perubahan, namun tetap menarik dilihat, dan menurtu penulis masih menjadi tampilan grafis terbaik untuk sebuah game mobile. Yang penulis sukai, bisa berjalan dengan lancar di smartphone dual-core yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi. Meskipun ada banyak obyek realistis yang dirender di layar, smartphone dengan RAM 512 MB masih kuat mengeksekusinya. Dungeon Hunter 4 menawarkan empat kelas karakter, dan fitur multiplayernya bisa diakses melalui arena co-op, atau secara PVP dan team deathmatch.

Namun jika tidak suka bermain multiplayer, masih ada mode single player campaign yang bisa kamu selesaikan dan dijamin bakal menyita waktumu selama puluhan jam permainan untuk memainkan game dengan data mencapai 1GB ini.

[youtube id=”T7IW9nls2Lc”]

Download: Google Play Store atau dari link alternatif (tanpa file datanya). UPDATE: Link data untuk download via PC kami sediakan di bawah:

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.