Oppo Find 5 Akhirnya Dirilis di Indonesia, Smartphone Pertama dengan Layar Full HD

Nama Oppo mungkin asing, walau ada terobosan yang dilakukan masuk kategori ekstrem, seperti smartphone tertipis dunia dengan daya tahan tinggi sehingga menggantikan fungsi palu. Kini mereka hadir di Indonesia, membawa smartphone pertama berlayar full HD 1080p, Oppo Find 5!

1366354979000

Nama Oppo mungkin asing di telinga kita. Namun belakangan terobosan yang mereka lakukan membuatnya langsung dikenal. Smartphone tertipis dunia dengan daya tahan ekstrem sehingga menggantikan fungsi palu, hingga menjadi salah satu yang pertama di dunia merilis smartphone tipis dengan layar full HD 1080p. Kejutan lainnya, Oppo Find 5 kini hadir di Indonesia!

Wajar jika asing dengan nama Oppo di dunia telekomunikasi, karena OPPO Digital awalnya merupakan perusahaan elektronik yang berpusat di Dongguan, China dan biasanya memproduksi produk semacam MP3 player, Portable Media player, LCD-TV, eBook, hingga player DVD/Blu-ray Disc. Mereka pertama kali mencoba eksis di dunia Android melalui Oppo Finder. Android Ice Cream Sandwich tersebut ketebalannya hanya 6.65 mm, serta dibalut material layar yang sangat kuat. Melalui salah satu demo kekuatan layarnya, Oppo Finder diperlihatkan mampu menggantikan fungsi palu, ketika layarnya dipukulkan ke arah paku hingga menancap ke dalam balok kayu. Sayangnya seperti halnya smartphone keren dari Xiaomi, atau kebanyakan smartphone China yang sangat worth it antara harga dan spesifikasinya, Oppo Finder sebelumnya hanya ekslusif China.

Ada perkembangan baik. Akhir tahun lalu, Oppo mengikuti usaha vendor China lain seperti Huawei, ZTE dan Lenovo yang mulai go-internasional. Mereka membuka perwakilan di Amerika, dan bakal bekerjasama dengan beberapa operator Amerika untuk menjual Oppo Find 5, smartphone flagship Oppo yang menggunakan layar full HD, dengan harga hanya US $499. Dibandingkan beberapa pilihan lain yang spesifikasinya setara, seperti HTC Butterfly atau Sony Xperia Z , harga yang ditawarkan Oppo tersebut jelas menggiurkan. Sebagai bentuk keseriusan mereka, Oppo pun sudah membuka website Internasional mereka di en.oppo.com.

Sekilas mengenai Oppo Find 5, smartphone ini ditenagai Chipset Qualcomm APQ8064 dengan prosesor Snapdragon S4 Pro yang memiliki empat inti berkecepatak 1.5 Ghz, layar 5-inchi dengan resolusi Full HD 920×1080-pixel serta kerapatan pixel 441 ppi, dilindungi lapisan Gorilla Glass 2, internal storage 16 GB (namun juga ada pilihan 32GB) yang sayangnya minus slot microSD, RAM-nya 2 GB, kamera utama 13-megapixel yang diklaim menggunakan sensor BSI milik Sony,  kamera depan 1,9 megapiksel, Wi-Fi a/b/g/n, Bluetooth, NFC, GPS, DLNA, Wi-Fi Direct, baterai 2500 mAh serta langsung menjalankan Android 4.1.2 Jelly Bean.

Kabar terakhir dari Oppo, mereka saat ini tengah sibuk menyiapkan update software terbaru untuk Find 5, dengan kode nama Project Firefly, yang diklaim menawarkan banyak perubahan antar muka. Kamu bisa melihat detail perubahan antar mukanya melalui video di bawah, yang menampilkan widget secara fullscreen dan efek animasi yang menarik, seperti tampilan semua foto hasil jepretan kamera, opsi bisa langsung mengambil foto dari homescreen, serta efek cuaca yang muncul di tengah ikon.

Oppo Find 5 Dirilis di Indonesia

Peluncuran Oppo Find 5 dihadiri Sandra Dewi & Nicholas Saputra.

Makin menarik saja, Rabu kemarin Oppo resmi masuk Indonesia sebagai PT. Indonesia Oppo Electronics, dan mereka membawa Oppo Find 5 ini sebagai produk unggulan pertama. Selama press release-nya kemarin, melalui pernyataan CEO-nya, Jet Lee, pertama kali Oppo akan berkonsentrasi membangun 16 service centre di seluruh Indonesia, dan Jakarta menjadi fokus pertama, untuk mendukung penjualan Oppo Find 5 serta produk Oppo lainnya. Produk Oppo yang dijual di Indonesia nantinya mendapatkan garansi selama 2 tahun.

Oppo Find Way menjadi yang pertama mengadopsi kamera sekunder 5-megapixel!

Selain Find 5 yang bakal dijual seharga Rp. 5.499.000, Oppo juga menyiapkan dua smartphone lainnya, yaitu Oppo Find Way dan Oppo Find Piano. Oppo Find Way ditujukan untuk pengguna Android wanita, karena menjadi smartphone pertama di dunia dengan kamera depan 5-megapiksel. Lebih lanjut, Find Way yang dimensinya 127×63.7×8.95mm itu memiliki layar 4.5-inchi one-glass solution dengan resolusi qHD 540 x 960-pixsel, prosesor dual core dari chipset MediaTek MT6577 yang kecepatannya 1,2GHz, RAM 1GB, ROM 16 GB, kamera belakang 8 megapiksel, dan baterai berkapasitas 2,020mAh. Meskipun tidak dijelaskan, namun tipikal smartphone MediaTek biasanya memiliki dua slot kartu SIM. Untuk Find Way diperkirakan hadir Mei 2013 mendatang dengan harga Rp. 3.200.000.

Untuk Oppo Piano yang harganya nanti Rp. 1.900.000, kamu mendapatkan Android berlayar IPS 4-inchi dengan resolusi 480 x x800-pixel, prosesor dual-core 1GHz dari keluarga ARM Cortex-A9, RAM 512MB, kamera utama 5-megapiksel, kamera depan 0,3-megapiksel,  internal storage 4GB dan slot micro SD hingga 32GB, menjalankan Android 4.1 Jelly Bean, mendukung dua kartu SIM GSM yang support 3G, radio FM, dan baterai berkapasitas 1,710mAh.

Oppo Find Piano

Spesifikasi yang ditawarkan Find 5 memang menarik, apalagi harganya juga di bawah rata-rata kompetitor, seperti Xperia Z yang memang setara namun lebih mahal Rp. 2 jutaan! Semoga saja Oppo bisa sukses dengan smartphone mereka di Indonesia. Lebih lanjut mengenai Oppo, kamu bisa berinteraksi dengan fanpage Facebook, atau bisa melalui akun Twitter.

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.