Twitter Luncurkan Layanan Streaming Musik dan Aplikasi Twitter #music

Minggu lalu muncul rumor jika Twitter berencana menyediakan layanan streaming musiknya sendiri. Bukti mengarah pada situs music.twitter.com yang sebelumnya belum aktif. Ternyata benar hari ini layanan tersebut sudah berjalan, dan disebut sebagai Twitter #music.

Minggu lalu muncul rumor jika Twitter berencana menyediakan layanan streaming musiknya sendiri. Bukti mengarah pada situs music.twitter.com yang sebelumnya belum aktif. Ternyata benar hari ini layanan tersebut sudah berjalan, dan disebut sebagai Twitter #music.

Selain layanan website, Twitter juga menyediakan aplikasi khusus untuk pengguna mobile selama melakukan streaming musik. Layanan tersebut bisa dinikmati dimana saja melalui aplikasi bernama Twitter #music, yang sementara ini baru tersedia untuk iPhone saja. Aplikasi tersebut mampu menarik semua track musik yang didengarkan oleh orang-orang yang kamu follow melalui tweet mereka, selain juga menampilkan apa yang didengarkan orang lain. Dari data track yang muncul melalui setiap tweet, kamu bisa mendapatkan artis favoritmu di sana, sekaligus akses cepat ke halaman profil mereka seperti yang ada di Twitter, dan kemudian kamu bisa putuskan untuk mem-follow mereka dan mendengarkan musiknya, hingga mendapatkan update terbaru dari artis tersebut. Aplikasi tersebut juga memberi opsi untuk men-tweet lagu yang saat itu kamu streamingkan dari dalam aplikasi.

Kekuatan layanan streaming semacam ini adalah perpustakaan lagunya. Bagaimana Twitter yang sebelumnya belum pernah terjun ke bisnis streaming musik melengkapinya? Ternyata mereka tidak menyimpan semua track tersebut sendirian. Semua content disediakan oeh iTunes, Spotify dan Rdio. iTunes menangani preview lagu yang bakal kamu dengarkan melalui aplikasinya, dan seandainya ada pelangganan Spotify atau Rdio, mereka bisa langsung mulai men-streaming lagunya.

Selama ini Twitter sudah menjadi saranan yang cepat dalam mengumumkan dan membagikan info lagu yang sedang didengarkan seseorang. Dengan adanya layanan baru ini, maka siapa pun yang tertarik membaca share lagu tadi bisa langsung mengklik dan mendengarkan melalui streaming dari dalam aplikasinya, tidak perlu membuka browser atau penyedia layanan streaming lain untuk ikut mendengarkan lagunya. Sayangnya layanan ini mash terbatas. Selain baru untuk iPhone, juga hanya bisa diakses melalui music.twitter.com. Namun Twitter mengungkapkan akan memperbanyak akses ke layanan mereka tersebut. Batasan lain, baru bisa dinikmati pengguna di Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Irlandia, Australia dan Selandia Baru.

Sumber: Twitter

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.