Liberation Maiden SIN, Versi Visual Novel dari Aksi Anak SMU yang Menjadi Presiden Jepang

Salah satu game karya Suda51 adalah Liberation Maiden, shooter Nintendo 3DS itu mengantarkanmu mengendalikan anak SMU menjadi presiden, sekaligus pelindung Jepang menggunaka mecha raksasa. Kini game tersebut di-port untuk PS3 sebagai game visual novel.

1366594326000

Nama Suda Goichi, atau yang biasa dikenal sebagai Suda51, memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri diantara banyak game Jepang. Desainer game tersebut menghasilkan judul yang bisa dikategorikan unik, entah dari style, gameplay, atauceritanya, seperti killer7 dan No More Heroes.


Salah satu game hasil karyanya bersama bendera developer Grasshopper Manufacture adalah Liberation Maiden, shooter yang dikembangkan untuk Nintendo 3DS dan kemudian iOS untuk iPhone dan iPad, yang sudah dirilis di US pada 25 Oktober 2012 lalu, dan versi iOS-nya pada 7 Maret 2013 kemarin (bisa kamu download di iTunes dengan harga US $6.49). Liberation Maiden mengambil setting 100 tahun di masa depan, dengan seorang murid SMU bernama Shoko Ozora menjadi presiden kedua New Japan. Dia menjadi presiden setelah ayahnya yang menjadi first president terbunuh. Ketika negara tetangga melihat banyaknya sumber energi (Shinjuu) New Jepang, mereka mulai menginvasi New Japan. President Shoko mencoba melawan pasukan mush yang disebut  Lesser Spike menggunakan mecha raksasa bernama Kaihoki Kamui (“Liberation Machine”). Cut scene animasi game ini ditangani oleh Studio BONES, yang terkenal dengan anime seperti Wolf’s Rain dan Eureka Seven.

Screenshot versi 3DS

Tidak berhenti di handheld dan mobile, sukses game tersebut juga menarik minat pengembangnya membuat versi konsol. Bersama publisher Jepang 5pb, Grasshopper mengadaptasi Liberation Maiden SIN untuk PS3 dalam bentuk game adventure alias visual novel. Bintang utama Liberation Maiden SIN adalah Kaido Kiyoto, kepala dari staff president Shoko Ozora, yang juga seorang mind reader. Dia bekerja dengan presiden, termasuk banyak wanita yang terlibat dalam kegiatannya, dan esensinya sebuah visual novel, kamu bisa memilih siapa yang bakal kamu kencani.

Meskipun genre ini kecil di mata kita, namun visual novel sangat populer di Jepang, dan game ini sendiri melibatkan banyak perusahaan Jepang. 5pb menjadi publishernya (versi handheld-nya ditangani Level-5); Suda 51 dan Grasshopper Manufacture mendesain game orisinalnya, dan Suda kini kembali menuliskan skenario versi visual novel ini. Grasshopper sendiri juga diketahui menjadi bagian Gungho Online Entertainment, yang mana juga menjadi bagian dari perusahaan operator selular Softbank di Jepang.

[nggallery id=512]

Berikut trailer versi 3DS dan iOS-nya.

Liberation Maiden

Liberation Maiden – Gameplay

Sumber: Famitsu

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.