Rumor: Final Fantasy Versus XIII Akan Dirilis untuk PS3 dan… PS4?

Final Fantasy Versus XIII (FF Versus XIII), game yang banyak dinantikan oleh para penggemar serial FF, sempat mendapatkan banyak rumor. Mulai dari pemindahan platform tempatnya dirilis (dari PS3 ke PS4), perubahan nama menjadi FF XIV, dan rumor terbaru adalah Square Enix akan merilisnya untuk PS3 dan juga… PS4.

1366720282000

Final Fantasy Versus XIII (FF Versus XIII), game yang banyak dinantikan oleh para penggemar serial FF, sempat mendapatkan banyak rumor. Mulai dari pemindahan platform tempatnya dirilis (dari PS3 ke PS4), perubahan nama menjadi FF XIV, dan rumor terbaru adalah Square Enix akan merilisnya untuk PS3 dan juga… PS4. Rumor ini mencuat karena adanya informasi dari website Gameblog.fr, di mana sumbernya mengatakan “dekat dengan Square Enix”.

Menurut website tersebut, proses pergantian platform itu telah dimulai semenjak tahun 2011 lalu, dan Sony membantu dari aspek keuangan untuk proses pemindahan ke PS4 (yang memunculkan rumor sebelumnya di mana Square Enix akan mengganti perilisan FF Versus XIII dari PS3 ke PS4).

“Sumber kami mengkonfirmasikan bahwa Sony mengabarkan membantu proses pemindahan tersebut, secara finansial, ke PS4,” ungkap website tersebut. “Harga untuk eksklusivitas tersebut? Sangat sulit untuk ditentukan.”

Beberapa waktu lalu, sang sutradara sekaligus desainer karakter FF Versus XIII, Tetsuya Nomura, mengatakan bahwa tanggal untuk menyibak tabir informasi baru game ini telah ditentukan. Kita sendiri mengetahui bahwa beliau bersama timnya menyibak tabir informasi FF Versus XIII pada bulan Januari 2011 lalu. wow sudah cukup lama ya?

Rumornya, Square Enix akan mendiskusikan mengenai game ini di acara E3 tahun ini, yang akan diselenggarakan pada bulan Juni 2013 mendatang di Los Angeles. Mungkin hal ini cocok juga dengan pernyataan dari Shinji Hashimoto, sang produser FF, dalam acara PlayStation Meeting 2013 di New Yorkyang diselenggarakan bulan Februari 2013 lalu.
“Hari ini, saya punya satu hal lagi untuk dikatakan,” ucap Hashimoto di panggung. “Setelah presentasi oleh Yoshihisa mengenai Luminous Engine dan pengumuman PS4 dari Sony Computer Entertainment, saya juga ingin mengumumkan bahwa kita sedang menyiapkan satu judul FF. Harap menunggunya dengan gembira di acara E3 tahun ini.”

Jadi bukan tidak mungkin bukan kalau memang Square Enix akan merilis FF Versus XIII untuk PS4 juga? Entah apa yang menjadi pertimbangan mereka, selalu menunda-nunda perilisan dan tidak pernah menyibak tabir informasi FF Versus XIII ini hingga waktu yang cukup lama. Seolah sang pangeran Noctis terlupakan begitu saja. Saya sendiri masih penasaran dan berharap Square Enix bisa memberikan konfirmasi yang jelas mengenai nasib dari FF Versus XIII, terlepas dari perilisannya untuk konsol apa.

[ Sumber : Gematsu (2), Neogaf, Gameblog.fr ]

TENTANG PENULIS
Ryuzen

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.