Dragon’s Crown Dirilis di Jepang 25 Juli, Versi US Menyusul Awal Agustus

Kabar terbaru, Dragon’s Crown, action RPG dengan gameplay side-scrolling beat ’em up untuk PS3 dan PS Vita dari Vanillaware tersebut akan dirilis di Jepang pada 25 Juli mendatang, dan versi US-nya menyusul dua minggu kemudian!

1366790834000

Terakhir kami mendapatkan kabar mengenai Dragon’s Crown Februari 2013 lalu, dengan rencana rilis versi Jepangnya pada akhir Maret. Namun ternyata tanggal tersebut berubah, dan game PS3 dan PS Vita dari Vanillaware tersebut baru akan dirilis di Jepang pada 25 Juli, dan menyusul kemudian versi translasinya kami ketahui kemarin, bakal dirilis pada 6 Agustus 2013 mendatang dengan harga $39.99 untuk PS Vita dan $49.99 untuk PS3.

Game ini menjadi salah satu yang paling ditunggu oleh gamer PS Vita (dan PS3). Game action RPG dengan grafis 2D dari Vanillaware dan Atlus ini melanjutkan ciri khas game Vanillaware, seperti Odin Sphere dan Muramasa: The Demon Blade, serta lebih tepatnya menjadi penerus spiritual Princess Crown, dengan nuansa mitologi Viking seperti Odin Sphere. Karena itulah settingnya berada di dunia fantasi dimana labyrinth besar dan dungeon bawah tanah eksis di bawah peradaban dunia. Para pengguna sihir diceritakan mencari harta legendaris yang disebut “Dragon’s Crown,” dan mereka menggunakan kemampuan rapalan sihirnya untuk saling menghubungkan setiap reruntuhan bawah tanah dengan harapan mempermudah pencarian. Sayang sekali, tujuan pencarian Dragon’s Crown itu untuk kepentingan jahat. Karena itulah kamu, salah satu dari enam petualang, harus mengghentikannya, dengan memburu crown, sekaligus harta karun di reruntuhan bawah tanah.

Selain ciri khas desain (dengan art hasil karya Kinu Nishimura, Akira Yasuda, dan Bengus yang merupakan art director jebolan Capcom) Vanillaware yang langsung terasa, kami yakin kalian juga pasti lebih banyak menyukai gameplay-nya. Walaupun action RPG, namun keseluruhan gameplay mengambil sudut pandang dari samping secara side-scrolling beat ’em up, dimana kamu menggerakkan karakter pada layar, berpindah barisan dari background ke foreground dalam menyerang musuh.

Ada enam kelas karakter, Fighter, Amazon, Elf, Sorceress, Wizard, dan Dwarf. Mereka bertarung dengan serangan standar, atau rapalan sihir. Selain itu, setiap karakter memiliki ciri khas tersendiri, ada yang lebih kuat, lemah terhadap elemen tertentu, pola gerakannya berbeda, serangan special dan juga pilihan sihir yang bisa digunakan. Selain itu, esensinya sebagai RPG, perkembangan karakter di sepanjang permainan juga bisa kamu kustomisasi menggunakan item yang ditemukan di sepanjang permainan.

Satu fitur yang sudah diketahui juga, selama permainan kamu bakal menemukan ada rute-rute yang bercabang di setiap level, dan itu bergantung dari pilihan yang kamu ambil, seperti ketika kamu memutuskan mencuri item dari boss, kabur bukanya bertarung melawan musuh, atau berlama-lama di suatu dungeon mencari suatu rahasia, itu bakal mengarahkan karakter ke area alternatif. Selain itu juga bakal ada quest yang bisa dijalankan karakter dengan tujuan khusus di dungeon spesifik dengan reward yang berbeda dari biasanya.

Dikembangkan untuk PS Vita dan PS3, Atlus yang membantu proses produksinya setelah mereka mengambil alih peran developer kedua UTV Ignition Games tahun lalu, juga tidak lupa menyematkan fungsi multiplayer online melalui PlayStation Network. Kamu bisa bermain bersama hingga empat pemain, dan ketika ada satu pemain kehabisan health selama permainan online, pemain lain bisa merubah karakter yang lagi tidak berdaya tersebut menjadi karakter AI, dengan menghidupkannya dulu. Di mode single player, tubuh pemain lain yang mati saat bermain multiplayer akan muncul sebagai tulang di data permainan pemain di mode single player. Dari tulang tersebut pemain bisa melihat informasi pemain lain dan pesan kematiannya. Pemain juga bisa mengambil tulang tersebut dan mengubahnya menjadi NPC.

Di antara pemain juga bisa saling berkomunikasi menggunakan sistem chat pop-up in-game, yang dengan cepat menyampaikan pesan singkat seperti “thank you” ke pemain lain. Selain itu, kedua versi konsol dan handheld juga dibuat memiliki struktur data save yang sama. Jadi kamu yang memainkan versi PS Vita-nya, bisa melanjutkan di PS3 menggunakan data save yang sama, demikian juga sebaliknya. Khusus untuk PS Vita kamu mendapat kemudahan kendali layar sentuh untuk manajemen item.

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.