Lelang THQ Ditutup, Akhirnya Darksiders Mendapatkan Pemilik Baru

THQ resmi menutup lelang aset-aset berharganya pasca kebangkrutan yang melanda akhir tahun lalu. Aset besar mereka seperti Darksiders akhirnya sudah mendapatkan pemilik baru.

1366807728000

Pasca kebangkrutannya yang melanda akhir tahun 2012 lalu, mau tidak mau THQ memang harus menjual seluruh aset dan juga IP (Intelectual Property) berharganya. Beberapa IP sudah mendapatkan pembeli dalam lelang yang mereka lakukan seperti Homefront yang akhirnya jatuh ke Crytek dan WWE yang jatuh ke tangan Take Two Interactive. Menariknya, justru masih ada beberapa IP besar lain yang sampai Maret lalu belum mendapatkan pembeli, seperti Darksiders, Red Faction dan Homeworld. Darksiders mungkin bisa dikategorikan “hot item” karena sempat menarik perhatian Atsushi Inaba dan Platinum Games untuk membelinya.

Akhirnya, awal minggu ini THQ memberikan kabar melegakan. Mereka sudah menyelesaikan semua proses lelang semua aset-aset berharga mereka, dan semua aset tersebut akan segera dimiliki oleh perusahaan baru. Total, ada tiga perusahaan baru yang mendapatkan beberapa IP dan aset tersisa dari THQ, termasuk tiga IP besar mereka yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Dari tiga perusahaan yang terdiri dari Nordic Games, Gearbox Software dan 505 Games, THQ mendapatkan total US $6.55 juta. Berikut ini adalah rinciannya.

  • US $4.9 Juta dari Nordic Games, publisher berasal dari Swedia. Dengan nominal sebesar itu, mereka mendapatkan lisensi Darksiders, Red Faction, dan MX vs ATV. Selain itu, mereka juga mendapatkan beberapa game yang dimiliki oleh THQ sendiri, seperti Destroy all Humans! dan Summoner, serta beberapa software yang berlisensi seperti Marvel Super Hero Squad, Supreme Commander dan masih banyak lagi.
  • US $1.35 juta dari Gearbox Software, developer asal Texas yang kita kenal dengan Borderlands-nya. Nominal sebesar ini digunakan untuk mengakuisisi Homeworld.
  • US $0.3 juta dari 505 Games, publisher asal Italia untuk mengakuisisi Drawn to Life dan Drawn to Life: Next Chapter.

Namun, semua aset ini secara resmi masih belum berpindah, karena transaksinya menunggu keputusan sidang yang rencananya akan dilaksanakan pada 13 Mei 2013 yang akan datang. Meskipun begitu, beberapa pemilik baru sudah ancang-ancang ingin memberikan yang terbaik untuk aset yang baru saja mereka dapatkan, seperti contohnya Nordic Games. Melalui pernyataan resmi sang CEO, Lars Wingefors, mereka saat ini tengah mencari anggota tim terbaik untuk bersiap-siap mengembangkan Darksiders 3.

Selamat kepada para pemilik baru. Semoga bisa meneruskan franchise-franchise tersebut dengan baik atau bahkan bisa lebih baik lagi :)

[Sumber: AGB]

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.