Akhirnya The Idolmaster Ditranslasikan, Dirilis Untuk iOS Dengan Harga Setara Game Konsol!

Serial The Idolmaster selama ini masih tercatat eksklusif Jepang. Eksis mulai dari Arcade, dan kemudian berlanjut ke konsol serta handheld, namun untuk pertama kali selama 8 tahun, serial tersebut ditranslasikan Bahasa Inggris, dan platform yang dipilih adalah Apple iOS.

1366870245000

Serial The Idolmaster (ditulis sebagai iDOLM@STER) selama ini masih tercatat eksklusif Jepang. Eksis mulai dari Arcade, dan kemudian berlanjut ke konsol serta handheld, dengan konsep game simulasi yang mengajak kita mengikuti perkembangan karir seorang produser yang bekerka untuk studio fiksi 765 Production dalam membangun popularitas kelompok pop idols baru.

Pertama kali dirilis untuk Arcade Jepang pada 26 Juli 2005, kemudian di-port untuk Xbox 360 pada 25 Januari 2007, hingga kemudian mendapatkan banyak sekuel serta spin-off, sekaligus versi manga dan anime. Salah satu spin-off The Idolmaster yang cukup populer adalah  The Idolmaster: Shiny Festa untuk PSP, yang dirilis 25 Oktober 2012 lalu di Jepang. Untuk handheld, Namco Bandai pun menggunakan resep yang diterapkan banyak developer lain dengan merilis satu game tersebut dalam tiga versi berbeda, yaitu Honey SoundFunky Note dan Groovy Tune.

Setiap versi memiliki ciri khas tersendiri, seperti episode original video animation khusus. Sayangnya, sekali lagi seperti versi konsolnya, game handheld tersebut masih saja terbelenggu di Jepang. Hingga 22 April kemarin ketiga Shiny Festa dan OVA-nya di-port untuk Apple iOS, sekaligus menandai versi Bahasa Inggris pertamanya sejak franchise tersebut lahir delapan tahun lalu.

Ketiga game iOS tersebut adalah The Idolm@ster Shiny Festa Melodic Disc (disebut Groovy Tune di Jepang), The Idolm@ster Shiny Festa Harmonic Score (atau Honey Sound di Jepang), dan The Idolm@ster Shiny Festa Rhythmic Record (yang aslinya Funky Note di Jepang). Seperti game aslinya, setiap versi memiliki pilihan idol berbeda dan juga animasi berbeda untuk mengisahkan mereka. Translasi ini jelas banyak ditunggu gamer yang menyukai konsep The Idolm@ster, sekaligus berharap versi mobile tersebut harganya juga bakal “bersahabat.” Namun ternyata tidak!

Seperti tipikal gamenya Square Enix untuk mobile yang seakan sekadar menjual nama besar saja, The Idolm@ster versi mobile ini harganya bisa membuatmu geleng kepala. Harganya US $54.99 tiap gamenya, atau setara dengan satu game konsol!! Demikian sama saja kamu bakal dituntut mengkredit saldo kartu kreditmu hingga US $164.97 jika ingin mendapatkan ketiga The Idolm@ster Shiny Festa, belum termasuk jika nantinya Namco Bandai berencana menawarkan DLC rutin. Apa Namco Bandai tidak melakukan survei pasar ya dalam menentukan harga, seakan mereka hanya mengeksploitasi kesuksesan franchise The Idolm@ster saja dengan mematok harga setinggi-tingginya! Sebagai perbandingan, versi PSP game tersebut harganya 5,980 yen untuk setiap versi ($60.30/£39.44) yang menggunakan format UMD, sedangkan yang digital download dijual 5,380 yen ($54.25/£35.49). Ternyata sama ya!

Detail perbedaan tiap versi game yang bisa kamu mainkan di iPhone 4S, iPhone 5, iPad 2 (dan iPad terbaru), iPad mini, dan iPod Touch generasi keenam tersebut adalah sebagai berikut: The Idolm@ster Shiny Festa Harmonic Score memberimu idol Haruka Amami, Chihaya Kisaragi, Azusa Miura, dan Ritsuko Akizuki dengan fitur anime “Music in the World.” Kemudian The Idolm@ster Shiny Festa Melodic Disc menyediakan kisah idol Iori Minase, Yayoi Takatsuki, Ami Futami, Mamai Futami, dan Hibiki Ganaha dengan fitur animasi “Music is a Friend.” Dan The Idolm@ster Shiny Festa Rhythmic Record menawarkan Miki Hoshii, Yukiho Hagiwara, Makoto Kikuchi, serta Takane Shijou dengan fitur animasi “Music of Love.”

  • Download THE iDOLM@STER SHINY FESTA Rhythmic Record melalui iTunes Store
  • Download THE iDOLM@STER SHINY FESTA Melodic Disc melalui iTunes Store
  • Download THE iDOLM@STER SHINY FESTA Harmonic Score melalui iTunes Store

Sumber: Bandai Namco

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.