LG Menantang Samsung Galaxy S4 Dengan Optimus GX

Jika ada yang menilai Optimus G Pro dengan layar 5.5-inchi ukurannya terlalu jumbo, LG memiliki solusi. Mereka menawarkan Android baru dengan ukuran yang lebih kecil, namun spesifikasinya setara. Inilah versi “sedikit-lebih-lecil”-nya Optimus G Pro, yaitu LG Optimus GK.

Jika ada yang menilai Optimus G Pro ukurannya terlalu jumbo, LG memiliki solusi. Dan solusinya mirip-mirip lah seperti caranya Samsung, yang menawarkan Android baru dengan ukuran yang lebih kecil, namun spesifikasinya setara. Inilah versi “sedikit-lebih-lecil”-nya Optimus G Pro, yaitu LG Optimus GK.

Well, kadang capek juga ya mendapatkan kabar Android baru yang sekadar upgrade minor dari versi sebelumnya. Jika Optimus G Pro menjadi penerus yang membawa DNA Optimus “G” (smartphone Android LG yang dianggap paling sukses, dan mendapatkan pengakuan dunia sampai menjadi basis Google Nexus 4), sekaligus upgrade hardware yang signifikan, maka Optimus GX ini tidak lebih Optimus G Pro yang mengecil. Syukurlah tidak seperti “mini”-nya Android dari brand Korea lainnya yang men-spec down spesifikasinya, Optimus GX tetap membawa jeroan canggih Optimus G Pro.

Kita mendapatkan layar yang mengecil menjadi 5-inchi (dari 5.5-inchi pada Optimus G Pro), namun dengan kerapatan pixel di atas standar Retina yang mencapai 440-ppi, resolusinya full HD 1080×1920-pixel, RAM 2GB, chipset Qualcomm Snapdragon 600 (berbasis ARM Cortex-A7 yang sudah dimodif dengan kemampuan multimedia tunggi) yang memiliki empat inti prosesor dengan kecepatan 1.7GHz dan 16GB penyimpanan internal.

Selain itu kapasitas memory Optimus GK masih bisa diperbesar melalui microSD hingga 64GB, menjalankan Android 4.1.2 Jelly Bean, memiliki modul koneksi 4G LTE, sekaligus kamera utama 13-megapixel, dan kamera sekunder 2-megapixel untuk video call. Yang kami sukai, meskipun layarnya menyecil, namun kapasitasnya tetap sebesar Optimus G Pro, bahkan lebih besar dari Galaxy S4 yang menjadi rival sekelasnya, yaitu dengan baterai 3,100 mAh. Bebera[a fiturnya pun juga sama, seperti mode panaroma mirip photospere-nya Google, VR Panorama, serta dual video recording, seperti yang dimiliki Galaxy S4.

Sementara ini LG baru mengumumkan ketersediaan Optimus GX tersebut untuk wilayah Korea saja (khususnya untuk operator KT) ketika dirilis dua bulan mendatang dengan pilihan warna Platinum White dan Indigo Black. Harganya pun belum diungkapkan. Namun melihat standar harga LG yang biasanya di bawah rival senegaranya, sepertinya pilihan mereka ini lebih worth it secara value for money dibandingkan dengan Galaxy S4 ya! Atau jika harganya di bawah Optimus G Pro yang dijual di kisaran Rp 7 jutaan, seharusnya ptimus GX ini bisa didapatkan di rentang Rp 5.5 – 6.5 jutaan ya… :)

LG Optimus GK Spec

  • Dimensi 139.1 x 69.9 x 9.9 mm
  • Berat 156g
  • Koneksi Data 3G HSPA + network 4G LTE
  • Chipset Snapdragon 600 1.7GHz Quad Core
  • Layar 5-inch Full HD IPS display (1920×1080), dengan teknologi Zerogap Touch
  • Kamera utama 13MP, 2.1MP kamera depan
  • Baterai 3,100 mAh, built-in tidak replaceable
  • Memory 2GB DDR2 RAM / 16GB eMMC / microSD hingga 64GB
  • Operating System Android 4.1.2 Jelly Bean
  • Konektivitas Bluetooth 4.0, USB 2.0, Wi-Fi, Wi-Fi Direct (802.11 a / b / g / n (5GHz)), NFC , SlimPort (HDMI type D)

[cb type=”company”]LG[/cb]

Sumber: LG

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.