Samsung Umumkan Galaxy Tab 3 7-inchi, Tablet Ekonomis yang Bisa Telepon

Samsung sepertinya sudah berpikir merefresh jajaran tablet kelas menengah mereka. Selain merilis Galaxy Note 8.0, hari ini mereka mengumumkan penerus tablet kelas menengah, Galaxy Tab 3 7-inchi. Seperti apa anggota baru Tab yang sangat laris itu?

Samsung sepertinya sudah berpikir merefresh jajaran tablet kelas menengah mereka. Selain merilis Galaxy Note 8.0, dan juga dikabarkan menyiapkan tablet 10-inchi baru berbasis Nexus 10 dengan kode nama Roma, hari ini kami mendapat kabar baru sehubungan dengan penerus tablet 7-inchi terlarisnya, dengan Galaxy Tab 3 7.

Dikonfirmasikan langsung oleh Samsung Korea, Galaxy Tab 3 7-inchi ini membawa anggota keluarga baru di tengah jajaran Tab 7-inchi Samsung yang sangat populer. Dan karena dirilis di tahun dimana Galaxy S4 lahir, Tab 3 ini pun muncul dengan nuansa casing ala Galaxy S4, style yang sama yang juga diterapkan pada Galaxy Note 8.0. Seperti sebelumnya, kamu bisa memilih varian Wi-Fi only, atau yang sudah mendapat modul koneksi data 3G. Dan satu yang membuatnya menarik, opsi 3G tersebut juga membuka akses untuk voice call melalui jaringan selular. Jadi kamu bisa menggunakannya untuk bertelepon layaknya kebanyakan smartphone. Bahkan di atas layarnya sudah disediakan sensor proximity untuk otomatis mematikan layarnya ketika kamu mau melakukan panggilan telepon.

Kemudian juga yang mulai mereka terapkan melalui Galaxy Note 8.0, adalah adanya satu tombol fisik khusus di bawah layar (diapit dua tombol soft key untuk menu dan tombol back), dan memberi kesan ini “tablet yang juga smartphone.” Secara software, seperti rata-rata Samsung yang dirilis tahun ini, sudah ber-Jelly Bean yang dibalut dengan interface TouchWiz Nature UX yang bernuansa percikan air pada layarnya.

Memperkuat Galaxy Tab 3 ini adalah prosesor dual core dengan kecepatan 1.2GHz (yang belum dijelaskan chipsetnya, namun kemungkinan besar dari kelas Broadcom seperti pada Galaxy Grand) yang didukung memory RAM 1GB, plus penyimpanan internal  8GB atau 16GB, yang bisa diperbesar melalui slot microSD. Kemudian jelas menunjukkan kelasnya, Tab 3 ini layarnya yang 7-inchi dengan material TFT itu pun resolusinya hanya WSVGA 600×1024-pixel. Bahkan kameranya hanya 3-megapixel, plus 1.3-megapixel di bagian depan. Namun ada satu poin yang bisa dibanggakan, ukurannya! Dibandingkan dua kakaknya, Tab 3 sukses diet. Dimensinya 188.0 x 111.1 x 9.9mm dan berat 306-gram, bandingkan dengan Tab 2 7.0 (193.7 x 122.4 x 10.5 mm, 345g) dan Tab 7.0 Plus (193.7 x 122.4 x 9.9 mm, 345g). Untuk konektivitas, ada dual-band Wi-F a/b/g/n, Bluetooth 3.0 plus baterai 4,000mAh.

Samsung berencana merilis tablet ini Mei mendatang untuk varian Wi-Fi, dan Juni untuk yang 3G. Harganya belum diungkapkan, namun seharusnya dengan spesifikasi tersebut berada di angka Rp. 2-3 jutaan. Di sana ada Google Nexus 7 yang begitu digjaya sebagai tablet quad-core atraktif dengan harga yang masuk akal. Sayangnya tetap saja namanya kalah populer, dan modelnya tidak mirip Galaxy S4.

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.