SPOILER ALERT!! Know Your Army, Bandingkan Iron Legion Versi Komik dan Film Iron Man 3

Iron Man 3 diharapkan menjadi pembuka cerita di antara superhero-superhero Marvel menuju The Avengers 2. Ada satu kemunculan menarik di tengah film tersebut, dan berikut kami akan bandingkan dengan versi komiknya. Awas spoiler, masuk jika memang sudah nonton filmnya!

“Iron Man’s not enough. Not even with a War Machine watching his back. For what’s coming, we’re gonna need an Iron Legion.”

―Tony Stark

Di antara citizen pasti banyak yang sudah nonton Iron Man 3, bukan? Film yang ditunggu-tunggu di tahun 2013 ini diharapkan menjadi pembuka cerita di antara superhero-superhero Marvel menuju The Avengers 2. Banyak kritik dan pujian merespons film ini. Para citizen sendiri pasti punya pendapat masing-masing mengenai film ini.

Satu kejutan yang muncul di Iron Man 3 ini (SPOILER) adalah kemunculan pasukan armor Iron Man saat menyerbu A.I.M (Advanced Idea Mechanics) pimpinan Aldrich Killian. Dilihat dari kode armor Tony Stark yang terbaru, yaitu Mark XLII (Mark 42), maka jumlah armor yang bertempur bisa jadi sejumlah 40-an armor (walaupun, ya, kita tahu bahwa tidak semua armor datang karena –SPOILER- serbuan Mandarin sebelumnya), di antaranya ada Heartbreaker, Igor, Shotgun, Silver Centurion, Gemini, dan Red Snapper.

Pasukan Iron Man yang dikenal penggemar komik sebagai Iron Legion ini sebenarnya bukan konsep baru. Di komiknya, pasukan armor ini sempat muncul beberapa kali untuk membantu Tony Stark dalam menghadapi lawan-lawannya. Namun pada awalnya, pasukan Iron Man ini tidak secanggih sekarang, yang tiap armor memiliki peran atau tugas tertentu, atau bisa dikendalikan secara otomatis di bawah instruksi Tony Stark.

Berikut adalah beberapa kemunculan Iron Legion di komik-komik Marvel.

Iron Man I #300

(Dari kiri ke kanan): Eddie March (Mark I abu-abu), Michael O’Brien (Mark VIII merah & perak), Jim Rhodes (Mark X War Machine), Bethany Cabe (Mark IX merah/emas), “Happy” Hogan (Mark III merah/emas), dan Carl Walker ( (Mark VII merah/emas)

Iron Legion (atau dikenal juga sebagai Iron Men, walaupun istilah ini bisa rancu dengan Iron Men di cerita Universe X) pertama muncul di Iron Man I #300 (1994). Saat itu Ultimo, sebuah robot raksasa jahat, sedang mengacau menghancurkan segala sesuatu yang ia temui sepanjang jalan. War Machine memanggil rekannya yaitu “Happy” Hogan, Eddie March, Bethany Cabe, Mike O’Brien, dan Carl Walker. Mereka diminta untuk membantu mengalahkan Ultimo dengan mengenakan armor-armor lama milik Iron Man.

Dengan segala persenjataan yang mereka miliki, mereka sempat menjatuhkan Ultimo. Namun ternyata Ultimo masih bisa bergerak dan melumpuhkan Eddie March dan Carl Walker. Empat Iron Legion lainnya lanjut bertarung, namun “Happy” dan Michael bertabrakan dan “Happy” sempat hampir dihancurkan Ultimo. War Machine memutuskan agar pasukan ini mundur. Ia menyalahkan dirinya karena membuat rekannya terluka, dan gagal menghentikan Ultimo mencapai kota Futura. Empat Iron Legion ini mengevakuasi kota, setelah itu Bethany dan War Machine melawan Ultimo. Mereka tak banyak bisa melakukan perlawanan, hingga akhirnya Tony Stark datang dengan armor Mark XII yang lebih canggih dan mampu mengalahkan Ultimo.

Pertempuran berakhir. Walau begitu, War Machin marah pada Tony Stark karena membuat mereka menunggu dan membahayakan keselamatan rekan-rekan mereka. Tony Stark menawari Bethany pekerjaan setelah melihat kegigihan Bethany dalam bertarung melawan Ultimo.

New Avengers Annual #1

Yelena Belova, sang Black Widow setelah Natasha Romanoff, tiba-tiba mengacau di New York. Karena pengaruh rekayasa genetika oleh HYDRA, Black Widow memiliki tubuh adaptoid, yaitu kekuatan yang bisa mencuri kekuatan dari lawan-lawannya. Serangan itu dilakukan dekat dengan tempat berkumpulnya New Avengers seperti Captain America, Wolverine, Luke Cage, The Sentry, Spider-Man, Spider Woman, dan lainnya. Namun kesalahan New Avengers adalah, mereka langsung menyerbu Black Widow secara bersamaan, sehingga ia menyerap seluruh kekuatan New Avengers. Untuk melawan kekuatan Black Widow, Tony Stark memanggil Iron Legion agar bisa menghadapi multipower Black Widow saat itu.

Iron Legion yang muncul di New Avengers

Walaupun begitu, Black Widow tetap bisa menghancurkan Iron Legion. Pada akhirnya ia berhasil ditaklukan karena Black Widow tidak tahan menghadapi The Void, kekuatan kegelapan yang menghantui The Sentry selama ini, dan daripada Black Widow ditangkap oleh New Avengers, HYDRA memutuskan untuk meledakkan Black Widow.

Cara Tony Stark mengendalikan Iron Legion. Mirip dengan sistem kendali yang ada pada movie Iron Man 3

Iron Man 3 Prelude #2

Seperti judulnya, komik ini adalah tie-in untuk cerita di movie Iron Man 3. Dikisahkan Jim Rhodes sedang sibuk dengan misi negara sebagai War Machine untuk menghancurkan sel-sel teroris di seluruh dunia. Beberapa kesamaan sel teroris ini adalah : mereka memiliki persenjataan canggih, senjata yang mereka miliki diduga buatan dari Hammer Tech, dan ditemukan bendera Ten Ring dari Mandarin di sel-sel teroris ini. Kejadian ini bersamaan dengan insiden New York yang terjadi di film The Avengers, hal inilah yang menyebabkan kenapa War Machine tidak turun tangan ketika perang dengan Chitauri berlangsung. Bahkan ketika War Machine menyelesaikan urusannya di salah satu sel teroris, perang ini sudah selesai diatasi oleh The Avengers.

Karena kejadian ini, Tony Stark mempersiapkan protokol baru, jika karena suatu hal Iron Man dan War Machine tidak cukup untuk menghadapi lawannya, maka Tony Stark akan mensiagakan pasukan armor miliknya yang disebut dengan “Iron Legion”.

Tony Stark memutuskan membuat protokol Iron Legion pasca insiden New York

Itulah beberapa hal yang melatarbelakangi kemunculan Iron Legion di movie Iron Man 3. Bagaimana menurut para citizen? Manakah Iron Legion yang lebih keren? Yang versi movie? Atau yang versi komiknya?

Iron Legion yang muncul di movie Iron Man 3 (SPOILER)

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin