Apple iPhone 5S Bisa Dipesan Mulai 20 Juni, Berbekal Kamera13-megapixel dan iOS 7

Pasca perilisan iPhone 5 pada September 2012 lalu, tidak banyak terdengar kabar menarik dari Apple selain iPhone 5S yang diprediksi memiliki kamera 13-megapixel. Muncul kabar terbaru, jika penerus iPhone 5 itu bisa mulai dipesan 20 Juni mendatang.

Pasca perilisan iPhone 5 pada September 2012 lalu, dan di Indonesia pertengahan Desember lalu, tidak banyak terdengar kabar menarik dari Apple ya. Memang sejak Januari lalu sudah terdengar kabar Apple bakal merevisi smartphone dan tablet mereka melalui iPhone 5S dan iPad mini dengan resolusi layar yang lebih tinggi, namun itu pun tidak membantu meningkatkan keuntungan Apple.

Tiga bulan pasca iPhone 5 dirilis, saham Apple turun ke nilai $507.48, dan dilaporkan kehilangan pendapatan hingga $30 milyar akhir tahun lalu. Salah satu faktor penyebabnya adalah melesetnya jumlah unit iPhone 5 yang terjual, dengan penjualan awalnya hanya 5 juta unit, separuh dari proyeksi awal yang mencapai 10 juta unit. Namun hingga saat ini, iPhone 5 masih menjadi smartphone terlaris di Amerika Serikat. Kembali pada iPhone 5S, awalnya dikabarkan jika Apple bakal mulai memproduksiya bulan Juli nanti. Rumornya iPhone 5S nantinya akan menggunakan sensor kamera 13-megapixel produksi Sony, dan lampu flash LED yang lebih baik.

iPhone 5S memiliki kode N51 dan N53, serta bentuknya juga masih mirip dengan desain iPhone 5. Fitur yang dikabarkan juga muncul untuk smartphone tersebut seperti pemindai sidik jari. Kemudian untuk kamera depannya, iPhone 5S yang akan langsung menggunakan sistem operasi iOS 7 tersebut bakal bisa merekam video dengan resolusi full HD karena sudah mengadopsi sensor 2-megapixel.

Berhubungan dengan iOS 7, update barunya antara lain menyediakan opsi dual-shot, yang sepertinya menjadi fitur yang sama seperti yang diterapkan oleh duo Korea melalui mode dual-camera pada LG Optimus G Pro dan Samsung Galaxy S4. Fungsi dual-shot melalui kamera iPhone 5S tersebut memungkinkan kita mengambil gambar dan video bersamaan dengan kedua kamera (depan dan belakang). Kabarnya fitur tersebut masih dalam masa percobaan, dan nantinya bakal terintegrasi ke dalam iOS 7. Sayangnya hanya iPhone 5S yang bisa menggunakannya, karena memang kamera depannya sudah ditingkatkan menjadi 2-megapixel.

Kabar terakhir, mendekati event tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diadakan 10 – 14 Juni 2013 mendatang, muncul bocoran dari dokumen pemasaran operator KDDI Jepang, bahwa iPhone 5S bisa mulai dipesan awal mulai 20 Juni nanti. Dokumen tersebut juga menuliskan jika iPhone 5S bakal menerapkan kamera 13-megapixel, fingerprint reader (pembaca sidik jari), dan software baru iOS 7. Jika benar pre-order dibuka 20 Juni, tepat dengan jadwal konfirmasi awalnya selama WWDC  nanti.

Merilis iPhone 5S lebih awal, hanya setengah tahun sejak iPhone 5 dirilis, seharusnya bisa membantu Apple menjaga jarak dengan para rival Android-nya yang muncul selama Mei 2013, seperti HTC OneSamsung Galaxy S4 dan LG Optimus G Pro. Apalagi saat ini market share Apple terus turun dihimpit oleh platform lain, seperti Android, yang menguasai hingga 75% pangsa pasar smartphone dunia pada kuartal ketiga 2012 lalu dengan 750 juta perangkat Android telah diaktifkan, atau dengan total ada 1.5 juta aktivasi Android baru setiap harinya.

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.