Download Versi Bajakan Game Dev Tycoon dan Game Buatan Kamu Akan Dibajak Juga!

Ini dia Game Dev Tycoon! Game unik yang menempatkan kamu sebagai seorang game developer. Pssstt, hati-hati, jangan mendownload versi bajakannya!

Hai Citizen! Apakah ada di antara kamu yang bermimpi menjadi seorang game developer? Sekarang sudah ada game yang menempatkan kamu sebagai seorang game developer yang berjudul Game Dev Tycoon yang dibuat oleh Patrick dan Daniel Klug dari Greenheart Games. Pada kesempatan kali ini saya tidak ingin mereview game ini, tapi ingin menunjukkan satu fitur unik yang disisipkan oleh Greenheart Games yang khusus diperuntukkan bagi para gamer yang mendownload Game Dev Tycoon secara ilegal.

Game ini baru diluncurkan pada tanggal 28 April kemarin, dan setelah satu hari penjualan, Patrick dan Daniel menemukan bahwa dari sebanyak 3318 copy game yang dimainkan, 3104 copy diantaranya adalah versi bajakan. Padahal, harga game tersebut hanya $7,99 (sekitar Rp 70.000) yang akan langsung kembali ke para developer.

Patrick dan Daniel sudah memprediksi hal ini sebelumnya, sehingga mereka meng-upload versi yang sudah di crack dari Game Dev Tycoon ke berbagai macam situs file sharing. Namun, versi cracked ini ditambahkan kode tertentu oleh mereka. Bagi gamer yang mendownload versi yang sudah di-crack ini, beberapa jam pertama akan berjalan secara normal, namun kemudian secara perlahan-lahan perusahaan yang gamer bangun akan mulai mengalami kesulitan finansial. Kenapa? Karena game yang mereka buat ternyata dibajak secara habis-habisan sehingga mereka tidak bisa mendapatkan profit.

Sebagai contoh, salah satu in-game message yang bertuliskan “Boss, it seems that while many players play our new game, they steal it by downloading a cracked version rather than buying it legally. If players don’t buy the games they like, we will sooner or later go bankrupt.” akan muncul. Pada akhirnya, perusahaan game virtual pemain akan bangkrut dan mengakhiri quest yang sedang mereka jalani.

Lucunya, mulai banyak pesan-pesan yang meminta bantuan di dalam forum. Sepertinya, orang-orang kebingungan dan masih belum sadar bagaimana bisa game buatan mereka dibajak yang mengakibatkan perusahaannya bangkrut.

Patrick  mengatakan bahwa bagi mereka yang memang tidak mampu membeli ataupun kesulitan dengan metode pembayaran, dia tidak mempermasalahkan hal tersebut. Patrick sudah mengatakan bagi mereka yang tertarik terhadap Game Dev Tycoon dan berniat membelinya sebelum tanggal perilisan dapat mendapatkan installer bagi semua platform, Windows, Linux dan Mac secara gratis. Patrick bahkan menambahkan Steam key, jika Steam Greenlight Campaign mereka berhasil.

Sementara itu, untuk mereka yang mampu membeli game ini namun memilih untuk mendownload versi bajakannya, Patrick memiliki pesan tersendiri. “To the rest who could afford the game consider this: We are just two guys working our butts off, trying to start our own game studio to create games which are fun to play.”

Tertarik membeli game ini? Langsung saja masuk ke website Greenheart Games! Ingat, jangan mendownload versi pak taninya ya!

[sumber: eurogamer.net]

Share this article

TENTANG PENULIS
Aditya Pratama

Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.