Duniaku Recap: Top Trending Articles of the Week!

Tim Duniaku yang sudah menyiapkan banyak artikel untuk April 2013 ini. Namun sebelum kamu menikmati secangkir teh atau kopi dan sepiring snack sambil membaca artikel kami sepekan nanti, berikut resume trending article Duniaku di minggu keempat April 2013.

1367306680000

Menjadi bagian dari komitmen Duniaku makin dekat dengan komunitas lifestyle di Indonesia melalui Duniaku Checkpoint, minggu keempat di bulan April ini diisi dengan beberapa keikutsertaan Duniaku di tengah ajang kumpul komunitas Indonesia. Dan event yang banyak difavoritkan Citizen adalah Kompetisi Monster Hunter 3 Ultimate, yang diadakan 21 April 2013 lalu di Mall Taman Anggrek, Jakarta. Selain itu Duniaku Checkpoint juga menggelar acara nonton bareng Iron Man 3bersama 50 orang Citizen yang memenangkan tiket gratisnya. Acara tersebut didukung oleh komunitas lifestyle seperti abugetdotcom, Movies Explorer Club dan Komunitas Action Figure Indonesia. Pastikan kamu mem-follow akun Twitter Duniaku di @DuniakuNet agar bisa ikut ambil bagian melalui kuis dengan reward tiket gratis semacam ini.

Masih berhubungan dengan film Iron Man 3 yang memang sudah banyak ditunggu para penggemar super hero Marvel, Dunia menggelar special feature Iron Man 3 Week selama satu minggu penuh. Kami memilih Iron Man 3 karena memang film ini menjadi satu kunci penting yang mengawali karir solo para super hero Marvel sebelum mereka bertemu kembali dalam The Avengers 2. Bahasan yang ditampilkan selama seminggu kemarin beraneka ragam, mulai dari deretan trailer dan TV spot yang melimpah sesuai dengan kebiasaan Marvel setiap merilis film, sejarah hidup Tony Stark, deretan mainan, berita-berita lain menyambut perilisannya, preview hingga review filmnya setelah dirilis nanti. Langsung masuk ke link berikut untuk mengetahui detail setiap artikelnya. Dan bagi penggemar film, jangan lewatkan juga ulasan mengenai sekuel Thor di sini serta Man of Tai Chi yang dibintangi Keanu Reeves serta Iko Uwais.

Dari film mari kita beranjak melihat apa yang terjadi dalam dunia video game sepekan kemarin. Mulai dengan Monster Hunter, franchi dari Capcom yang mempelopori genre RPG dengan konsop monster hunting tersebut kembali mendapatkan versi multiplayer online. Tampaknya dengan makin bertumbuhnya industri game PC membuat Capcom tertarik mewujudkan serial laris mereka tersebut ke wilayah yang lebih luas. Bahkan mereka bekerjasama dengan Crytek yang menyediakan engine CryEngine 3 untuk memoles tampilannya. Awalnya dikonfirmasikan untuk pasar China, namun kemudian muncul konfirmasi ulang jika Monster Hunter Online juga available untuk gamer di negara lain. Buka saja artikelnya untuk mengetahui besarnya respon Citizen penggemar Monster Hunter. Selain Monster Hunter, pesaing dengan konsep monster hunting dari Bandai Namco, yaitu God Eater 2, artikelnya pun banyak difavoritkan Citizen Duniaku.

Selain Monster Hunter Online, beberapa ulasan game lain yang direspon baik oleh Citizen Duniaku antara lain, The Evil Within, PES 2014, Final Fantasy Versus XIII dan Call of Duty Ghost. Mulai The Evil Within, game ini menjadi buah karya Shinji Mikami, yang pasti dikenal para penggemar Resident Evil, karena dialah bapaknya game survival horror tersebut. Kali ini dia bekerjasama dengan Bethesda menghadirkan game horor baru yang diklaim murni sebagai survival horror dan akan sangat menyeramkan. Kemudian untuk Pro Evolution Soccer (PES) 2014, kami mendapatkan informasi baru mengenai tambahan lisensi baru yang akan hadir di serial tersebut, yaitu lisensi AFC Champions League alias Liga Champions Asia! Selain itu, cover artikel lainnya menjelaskan bagaimana PES 2013 memanfaatkan engine grafis baru buatan Kojima Productions, yaitu Fox Engine. Dan terakhir, penerus serial game terlaris dan terbanyak penghasilannya di tahun 2012 lalu. Awalnya banyak yang menduga Call of Duty baru yang muncul tahun ini adalah Modern Warfare 4. Ternyata salah! Kali ini giliran Call of Duty: Ghosts yang dikembangkan oleh Infinity Ward untuk dirilis 30 Desember 2013 mendatang di Xbox 360 dan PS3. Tidak ketinggalan kami juga memberikan update terbaru FF Versus XIII, game Final Fantasy yang proses pengembangannya sepertinya memakan waktu satu generasi mesin game!

Kembali ke Indonesia, selama sepekan kemarin tim Duniaku juga banyak meng-cover beberapa event dan acara launching game dari pengembang game Indonesia. Mulai Agate Studio yang merilis game web terbarunya, Perang Mistis. Game tersebut juga menggunakan platform platform game Gempon yang diluncurkan pekan lalu, sehingga mempermudah kita memainkannya menggunakan banyak tipe ponsel, asal memiliki browser dan akses internet. Dalam Perang Mistis, Agate Studio mengajakmu menjelajahi dunia mistis khas Indonesia, jadi jangan heran ketika nama kuntilanak (juga pocong hingga suster ngesot) langsung menyambutmu di awal permainan. Kemudian kita juga mendengar mengenai Touchten, developer yang berbasis di Jakarta yang kini merambah bisnis publishing, dan memulai dengan memasarkan game yang dikembangkan Tinker Games, PAWS! Cat Attack dan Soccer Girl Adventure untuk platform iOS melalui iTunes. Selain kedua berita tersebut kami juga mengulas mengenai Power Pop, game baru dari OwnGames untuk feature phone Nokia Asha yang berlayar sentuh. Apa yang menarik dari game action adventure ini adalah hadirnya grup vokal humor asal Bandung Project Pop yang ikut serta mengembangkan game tersebut.

Seperti biasa, setiap minggunya Duniaku selalu mengadirkan artikel spaesial dari para star contributor. Ada dua yang diangkat topiknya minggu lalu, yaitu mengenai Nintendo Wii U, konsol generasi delapan dari Nintendo yang banyak dijadikan kambing hitam atas turunnya kinerja Nintendo selama setahun belakangan. Bagaimana pandangan kami atas topik yang makin banyak saja diangkat ke permukaan, terutama pasca Nintendo merevisi target keuntungan mereka untuk tahun 2013? Buka saja rubrik Game On yang diasuh star contributor Marvel Sutantio. Artikel spesial kedua adalah Geektopia dari star contributor Aryo Pratomo. Kali ini dia mengulas mengenai betapa mengakarnya konsep horor Howard Philips Lovecraft dalam kehidupan modern. Terutama melalui salah satu makhluk ciptaannya yang memiliki banyak tentakel. Siapkan camilan yang cukup, karena kedua topik yang diangkat star controbutor kami termasuk kelas berat!

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.