Liputan Gathering Perdana Game Developer Arek Suroboyo di Tahun 2013!

Komunitas Game Developer Arek Suroboyo kembali mengadakan gathering. Gathering perdana di tahun 2013 ini sudah diselenggarakan pada hari Minggu, 28 April 2013 lalu.

1367295387000

Komunitas Game Developer Surabaya yang tergabung dalam Game Developer Arek Suroboyo mengadakan gathering perdananya di tahun 2013 ini pada hari Minggu, 28 April 2013 lalu bertempat di Dunia Steak Surabaya. Gathering ini selain untuk mempererat kembali hubungan diantara programmer, artist, komposer dan media, juga dimanfaatkan sebagai ajang saling tukar ilmu antar mereka, sekaligus sebagai persiapan sebelum menyambut Game Developer Gathering 2013 yang akan dilangsungkan di Jakarta pada 25 Mei 2013 mendatang.

Acara kali ini bukan hanya menarik minat studio-studio yang sudah lama berkecimpung di dunia pengembangan game. Banyak juga yang datang atas nama pribadi, yang ingin tahu lebih banyak mengenai komunitas ini ataupun menimba ilmu dari yang sudah berpengalaman. Acara yang dimulai pada pukul 19.00 ini berlangsung cukup interaktif, dan diawali dengan perkenalan masing-masing peserta. Meskipun tidak banyak yang melakukan presentasi, namun isinya sangat berbobot dan mengundang banyak peserta untuk bertanya. Bahkan, selain mempresentasikan game yang dimiliki seperti Assaji Tjahjadi yang mempresentasikan game Ninja Kira-nya, ada juga beberapa developer yang melakukan sharing teknologi yang digunakannya, seperti Restuadi Studiawan yang mempresentasikan project-nya yang menggunakan engine Unity, dan Aryadi Subagio yang menampilkan project yang dibuat menggunakan Construct2D dan HTML 5.

Usai presentasi, diskusi pun berlanjut terus di meja makan. Peserta pun membuat kelompok kecil-kecil untuk sharing sesuai dengan minat dan bidang mereka, mulai dari programmer yang sharing isu-isu mengenai Flash yang akan dihentikan pengembangannya, hingga diskusi mengenai bagaiman perkembangan game mobile di Indonesia saat ini yang ternyata sangat pesat sehingga lebih banyak studio di Indonesia yang banting stir dari mengembangkan game Flash menjadi game mobile.

Acara ditutup sekitar pukul 21.30 dan diakhiri dengan foto bersama. Rupanya, masih banyak peserta yang kekurangan waktu, sehingga meskipun acara sudah ditutup pun mereka masih melanjutkan diskusi asyik mereka. Bagi kamu yang tertarik dengan dunia pengembangan game, baik artist, programmer, komposer, ataupun game designer dan berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, kamu bisa bergabung dengan komunitas Game Developer Arek Suroboyo di Facebook, dan tunggu pengumuman gathering selanjutnya!

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.