Microsoft Kembali Demokan IllumiRoom, Pengalaman Baru Memainkan Xbox 720

Masih 22 hari lagi sebelum Microsoft mengkonfirmasikan penerus konsol game mereka, Xbox 720 pada 21 Mei mendatang, dan sepertinya saat ini adalah waktu yang tepat untuk mendemokan salah satu teknologi yang bakal mendukungnya, yaitu IllumiRoom.

Masih 22 hari lagi sebelum Microsoft mengkonfirmasikan penerus konsol game mereka, Xbox 720 pada 21 Mei mendatang, dan sepertinya saat ini adalah waktu yang tepat untuk mendemokan salah satu teknologi yang bakal mendukungnya, yaitu IllumiRoom.

Proyek ini pertama kali diketahui September 2012 lalu, ketika Microsoft kepergok mendaftarkan paten penggunaan proyektor dan Kinect untuk mensimulasikan lingkungan di dalam game ke ruang bermainmu. Dalam paten tersebut, Microsoft juga mengkonfirmasikan bahwa paten ini disiapkan untuk menjadi salah satu senjata utama Xbox 720, dan akan memanfaatkan kacamata 3D Kinect yang dulu diberi kode dengan Fortaleza. Berlanjut selama ajang Consumer Electronic Show (CES) 2013, Microsoft menepati janjinya dan pertama kali menunjukkan bagaimana penggunaan paten tersebut di dunia nyata lewat proyek yang diberi nama dengan IllumiRoom.

Dalam sebuah video presentasi, Microsoft menunjukkan bagaimana teknologi ini beraksi. Awalnya, Kinect akan merekam ruangan kamu dan beberapa detik kemudian lewat sebuah proyektor, lingkungan di dalam game akan diproyeksikan ke seluruh ruangan sehingga kamu akan merasa tengah berada di dalam game tersebut! Karena memproyeksikan lingkungan game ke dalam ruangan bermain kamu, maka otomatis sudut pandang kamu di dalam game akan menjadi luas karena kali ini bisa dibilang layar permainan menjadi sebesar ruangan bermainmu!

Kini melalui demo video terbarunya, pengalaman baru memainkan konsol next-generation ini makin menarik. Di sana diperlihatkan proyek ini yang berupa proyektor ditempatkan di atas meja kopi di depan TV dan kamera Kinect untuk Xbox 360. Yang terlihat keren adalah dinding di sekeliling TV tersebut tidak harus berbentuk datar, karena sensot baru Kinect kini dibuat mampu mengenali lebih baik semua obyek di sekelilingnya. Bahkan yang lebih baik, sensor kamera Kinect kini mampu merubah keseluruhan ruang yang diproyeksikan tersebut menjadi ruang 3D.

Sayangnya, menurut Hrvoje Benko dan Brett Jones dari Microsoft Research, teknologi mereka ini tidak akan siap ketika Xbox 720 dirilis, atau bahkan mendemokannya langsung hingga bulan Juli nanti. Jadi sepertinya duet proyektor dan Kinect ini akan melewatkan event Xbox, atau bahkan Developer Conference Microsoft yang digelar akhir Juni mendatang.

Jika Microsoft serius menjadikan IllumiRoom sebagai bagian dari fitur tambahan Xbox 720, maka konsol tersebut sudah mendapat satu opsi bermain game yang tidak biasa dibandingkan kompetitornya, yang lebih suka mengajukan layar sentuh sebagai alternatif mengendalikan permainan. Namun pertanyaannya, apakah kita memang harus menyediakan meja kopi ya untuk memainkan game yang menggunakan teknologi IllumiRoom?

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.