Mengintip Unsur-unsur Khas Indonesia dalam Video Game

Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-68 yang jatuh pada 17 Agustus 2013, kali ini Duniaku mengajakmu untuk menelusuri unsur-unsur khas Indonesia dalam video game. Apa saja? Yuk langsung simak di dalam!

1376740832000

Majapahit dan Gajah Mada, Civilization V: Brave New World

Bulan lalu, Firaxis merilis ekspansi baru untuk Civilization V dengan judul Brave New World. Merilis ekspansi sepertinya bukan hal yang terlalu spesial bagi sebuah game, apalagi game RTS yang bisa menelurkan banyak ekspansi baik untuk unit maupun skenarionya. Namun, yang membuat ekspansi ini terasa lebih spesial adalah dengan hadirnya Gajah Mada, Mahapatih dari kerajaan Majapahit yang menjadi satu dari sembilan pemimpin baru yang bisa kamu mainkan.

Kris Swordsman

Dalam ekspansi ini, kamu bisa memerankan Gajah Mada untuk memimpin pasukan Indonesia di era abad ke 14. Gajah Mada bisa mendapatkan beberapa bonus kemampuan yang unik setiap kali kamu berhasil membentuk sebuah kerajaan. Tiga kota di Indonesia (salah satunya adalah Jakarta) yang bisa kamu jelajahi nantinya juga akan memiliki dua resource unik dengan menggunakan kemampuan Spice Islanders. Selain itu, kamu tidak akan menemukan Swordsman dalam pasukan Indonesia, melainkan digantikan dengan Kris Swordsman (seperti swordsman bersenjatakan keris!) yang bisa mendapatkan upgrade acak setiap menyelesaikan satu pertempuran. Terakhir, Indonesia juga memiliki bangunan unik, Candi yang akan menggantikan keberadaan Garden. Candi ini bisa memberikan bonus Faith kepada para pasukanmu.

Eddy Raja dan Logat Indonesia, Uncharted: Drake’s Fortune

Uncharted: Drake’s Fortune menghadirkan seorang mantan arkeologis yang berasal dari Indonesia bernama Eddy Raja. Eddy sebenarnya adalah teman baik Drake, namun karena suatu hal dia pun menjadi rival Drake. Bahkan dia sempat menculik Drake menggunakan pasukan bajak laut yang dipimpinnya.

Selain itu, dalam game ini juga terdapat beberapa dialog berbahasa Indonesia. Beberapa yang terkenal adalah dialog antara Drake dengan salah satu bajak laut, serta umpatan Eddy Raja. Memasukkan dialog dengan bahasa suatu daerah ke dalam game juga bukan kali ini saja dilakukan oleh Naughty Dog. Dalam Uncharted 3, Naughty Dog juga menambahkan sedikit dialog menggunakan bahasa Arab mengikuti setting game tersebut.

Setting dan Lawan Sam Fisher, Splinter Cell: Pandora Tomorrow

Selain Front Mission 3, Pandora Tomorrow ini juga merupakan salah satu game dengan unsur Indonesia terbanyak dalam daftar. Game ini mengambil setting di Indonesia, dimana dikisahkan Sam Fisher harus menghentikan aksi dari kelompok bernama “Darah dan Doa” yang dipimpin oleh Suhadi Sadono. Karena mengambil setting di Indonesia, maka kamu diajak mengelilingi kota dan pulau yang ada di Indonesia, seperti Jakarta dan pulau Komodo.

Sadono sendiri awalnya mendapatkan pelatihan dari CIA untuk mengusir komunis di Timor Timur. Namun karena merasa dikhianati, Sadono berbalik dan memimpin gerakan kudeta terhadap Amerika Serikat di Timor Timur.

Lanjut ke halaman ketiga.

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.