Mengintip Unsur-unsur Khas Indonesia dalam Video Game

Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-68 yang jatuh pada 17 Agustus 2013, kali ini Duniaku mengajakmu untuk menelusuri unsur-unsur khas Indonesia dalam video game. Apa saja? Yuk langsung simak di dalam!

1376740832000

Stage Wayang Kulit, Tekken Tag Tournament 2

Bali kembali menjadi primadona dalam game fighting. Setelah muncul dalam salah satu stage di KoF ’97, Bali juga hadir dalam stage Wayang Kulit milik Tekken Tag Tournament 2.

Stage ini menampilkan berbagai macam budaya khas Indonesia mulai dari bentuk gapura Bali, permainan musik Gamelan, hingga pertunjukan wayang kulit yang akan menemanimu selama bertarung.

Karakter Raging Raven, Metal Gear Solid 4

Mungkin sebagian dari kamu belum tahu, bahwa salah satu tokoh antagonis dalam Metal Gear Solid 4, Raging Raven adalah seorang wanita yang berasal dari Aceh. Raven merupakan salah satu anggota dari  Beauty and the Beast Unit yang direkrut oleh Liquid Ocelot. Misi Raven sendiri hanya satu, yaitu membunuh Snake yang juga merupakan musuh dari Liquid Ocelot sendiri.

Setting Indonesia, Far Cry 3

Memang tidak disebutkan secara eksplisit bahwa setting Far Cry 3 adalah Indonesia. Pihak pengembang hanya menyebutkan bahwa setting game ini berada di sebuah kepulauan di daerah selat Malaka, diantara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Jika kamu memperhatikan peta atau pelajaran geografi di sekolah, tentu kamu akan langsung paham bahwa yang dimaksud adalah negara kita, Indonesia.

Bukan hanya itu, dalam petualangannya Jason bertemu dengan penduduk setempat yang disebut dengan Rakyat. Salah satu pemuka agama di Rakyat juga mengambil nama dengan “cita rasa” Indonesia, Citra. Jadi sudah jelas bukan bahwa Far Cry 3 ber-setting di Indonesia? :D

Lanjut ke halaman selanjutnya melalui tautan ini.

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.