TGS 2013: Profil Para Game Developer Indonesia Yang Akan Meramaikan Event Akbar Ini!

Siapa saja sih, developer game nasional yang akan pergi ke Tokyo Game Show 2013 nanti? Simak profilnya di artikel berikut ini!

ARSANESIA

Arsanesia adalah mobile game development company yang sudah berdiri sejak April 2011. Arsanesia saat ini memiliki 2 business division terpisah. Divisi yang pertama fokus kepada pengembangan game dengan menggunakan budaya Indonesia sebagai backgroundnya. Tujuannya adalah untuk menjaga serta memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia ke semua orang di seluruh dunia. Sampai saat ini, sudah ada 7 judul game seperti Temple Rush: Prambanan serta Gamelan Player. Divisi kedua adalah divisi servis yang tugasnya membantu membuatkan game bagi perusahaan-perusahaan lain. Beberapa perusahaan yang sudah pernah menjadi klien Arsanesia antara lain adalah Nokia, Intel serta Gramedia.

TOUCHTEN GAMES

Touchten juga merupakan salah satu game developer jempolan dari Indonesia.Game-game mereka yang dirilis untuk platform Android serta iOS sudah banyak yang menorehkan prestasi. Berdiri sejak tahun 2009, sampai saat ini sudah ada 15 judul game yang berhasil di kembangkan oleh Touchten. Game-game mereka tidak hanya diakui di Indonesia saja namun juga di pasar internasional. Train Legend pernah masuk ke dalam daftar Top Games serta Staff Picks di Google Play. Game ini juga berhasil meraih posisi Top 5 di iOS Appstore untuk kategori Free App. Secara keseluruhan, Touchten telah meraih lebih dari 6 juta user di seluruh dunia, wow!

ARTONCODE

Artoncode adalah sebuah studio game kecil di Jakarta yang memiliki ambisi sangat besar. Artoncode selalu ingin menghasilkan game-game yang inovatif dan berkualitas tinggi sekaligus memberikan pemain pengalaman yang unik dan menyenangkan. Servis yang mereka berikan adalah game development serta lokalisasi, concept art dan matte painting, 2D dan 3D game assets serta cinematic dan animation. Game yang sudah mereka rilis adalah Faunia Rancher yang memenangkan penghargaan INAICTA serta SPARX UP tahun lalu. Game terbaru Artoncode, Faunia Paw, baru akan diluncurkan bulan depan namun sudah mendapatkan penghargaan untuk kategori Best Casual Game for Smartphone/Tablet by Professional di ajang Game developer Award 2013, luar biasa!

MAGATO STUDIO

Magato Studio adalah game development studio yang percaya kalau sebuah game harus memiliki cerita serta storytelling yang kuat. Kenapa? Karena dengan cerita yang kuat, dapat dipastikan game tersebut akan terus ada di hati para gamer, bahkan untuk waktu yang sangat lama. Asalnya, Magato Studio yang didirikan pada tahun 2009 ini hanyalah proyek iseng dan hobi saja. Namun, sejak tahun 2011, mereka mulai memproduksi game komersial untuk Nokia. Magato Studio juga sempat menjadi VIP Developernya Nokia loh! Saat ini mereka sedang mengembangkan game pertama mereka untuk platform iOS.

Bagaimana? Hebat-hebat kan developer Indonesia yang akan showcase di TGS 2013 nanti? Ternyata, kita tidak kalah loh dengan developer-developer luar negeri!

TENTANG PENULIS
Aditya Pratama

Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.