Gust Persiapkan Atelier Shallie: Alchemists of the Dusk Sea untuk PS3

Gust rupanya kini tengah menyiapkan game Atelier terbarunya untuk PlayStation 3, yang berjudul Atelier Shallie: Alchemists of the Dusk Sea.

1396401307000

Gust rupanya kini tengah menyiapkan game Atelier terbarunya untuk PlayStation 3, yang berjudul Atelier Shallie: Alchemists of the Dusk Sea.

Sama halnya seperti Atelier Escha & Logy, game ini menghadirkan dua protagonis utama dan bisa kamu pilih salah satu di antaranya. Hanya saja game ini menghadirkan dua protagpnis cewek, tidak lagi cowok dan cewek. Atelier Shallie: Alchemists of the Dusk Sea menghadirkan setting dunia bernama Dusk dengan banyak sumber air yang mulai mengering, tanaman juga mulai mati, dan para binatang pun mulai kelaparan. Lautan yang dulunya berwarna biru cemerlang berubah menjadi kuning karena tertutup pasir, dan mereka yang tinggal di laut pun mulai kehilangan rumahnya. Ditambah lagi matahari yang terus bersinar dengan teriknya. Meski demikian, ada secercah kelembapan di tanah, tapi lambat laun juga ikut mengering. Dunia pun mulai berubah menjadi kering kerontang.

Di tengah-tengah kegelisahan tersebut, banyak orang yang mulai pasrah. Tapi tidak demikian halnya dengan sebuah kota oasis yang masih bersinar dengan penuh harapan, dan dua cewek alchemist muda bertemu di sana. Mereka menjalani hidupnya dengan cara masing-masing. Tak jarang mereka akan terlibat konflik satu sama lain, tapi juga takkan berpikir lama untuk bekerja sama sehingga bisa mencapai impian mereka.

Berikut adalah dua protagonis utama yang kamu temui di game ini.

Shallistera

(Usia: 16 tahun, Pekerjaan: Boat Family Alchemist, Golongan Darah: A, Tinggi Badan: 155cm, CV: Kotori Koiwai)

Anak perempuan dari pimpinan keluarga pemilik kapal. Keluarganya telah menjaga kapal-kapal semenjak jaman alkimia kuno, sebagai warisan yang diturunkan dari generasi ke generasi. Shallistera mencari cara untuk menyelamatkan desanya dari ancaman kematian sebagi pengganti ayahnya yang sudah mulai jatuh sakit. Karena itu dia mencari bantuan dari kota oasis bernama Strard, yang jauh dari tempat tinggalnya.

Shallote Elminus

(Usia: 18 tahun, Pekerjaan: Poor Subcontracting Alchemist, Golongan Darah: B, Tinggi Badan: 162cm, CV: Sumire Uesaka)

Cewek yang menjaga sebuah studio peninggalan ayahnya yang telah meninggal. Shallote belum memiliki banyak pengalaman sehingga hanya bisa meraup untung sedikit, dan bertahan hidup dari pekerjaan subkontrak. Karena itu dia dikenal sebagai “Wannabe Alchemist” atau “Calon Alchemist”. Meski masih belum mengetahui bagaimana cara untuk mewujudkan ambisinya, dia selalu melakukan alkimia tiap harinya dengan senang hati. Tanpa berpikir banyak mengenai konsekuensi akan suatu hal, terkadang dia akan marah dan mengamuk.

Dua kisah Shallie, itulah fokus game ini (dan juga tergambar dari judulnya, Atelier Shallie). Di awal permainan kamu dapat memilih antara Shallistera atau Shallote. Masing-masing memiliki tujuan berbeda, dan adegan cutscene yang dialami pun akan berbeda.

Kisah Shallistera terfokus pada misteri tentang dunia, di mana tujuannya adalah untuk menyelamatkan desa tempatnya tinggal. Kisah mengenai perjalanan cewek yang pemberani dan jujur. Sedangkan kisah Shallote lebih mengarah ke komedi, terfokus pada kehidupannya sehari-hari yang kocak dan penuh gelak tawa. Serta tentunya petualangan dirinya untuk bisa menjadi seorang alchemist sejati nantinya.

Berinjak ke sisi gameplay, area field di game ini jauh lebih besar dan lebih lebar dibanding judul-judul Atelier sebelumnya. Sehingga kamu bisa menemukan lebih banyak item dan material yang digunakan untuk proses alkimia nantinya. Dengan menggabungkan item dan material yang tepat, kamu bisa membuat beragam equipment dan item baru atau perlengkapan lainnya.

Asyiknya menggabungkan beragam item dengan alchemist

Mengumpulkan material sebagai bahan dasar alchemist menjadi proses penting di sini

Di sini ada sistem baru bernama Life Task System. Sistem ini akan memberikanmu saran apa yang sebaiknya kamu lakukan pada poin-poin tertentu. Semisal kamu akan mendapatkan pesan seperti ”Aku ingin menggabungkan banyak item!” atau ”Aku ingin melanjutkan jalan ceritanya!”. Sistem manajemen permainan ini tentu disesuakan dengan gaya permainanmu.

Seiring kamu menjelajahi dunia Dusk, kamu akan menyadari betapa cantiknya pemandangan di dalamnya. Untuk menambah unsur realistis, ada event cutscene yang memungkinkanmu melihatnya dari sudut pandang orang pertama (dari salah satu Shallie pilihanmu), sehingga bisa memperdalam kamu menghayati jalan ceritanya. Juga tidak ketinggalan kendali manual kamera ketika menjelajahi field. Serta kini kamu bisa mengunjungi semua tempat yang telah kamu lihat, tidak peduli seberapa jauh tempat itu dari posisimu saat ini.

Gust juga mengkonfirmasikan edisi spesial game ini, selain edisi standarnya, yang dibundel dengan harga 9,800 yen (sekitar Rp. 1,068,816). Di dalamnya terdapat set CD musik berjumlah empat keping, satu buah CD drama, dan sebuah kotak premium.

Gust dan Tecmo Koei akan merilis Atelier Shallie: Alchemists of the Dusk Sea untuk PlayStation 3 di Jepang pada tanggal 26 Juni 2014.

[ Sumber : Gematsu, Siliconera (2) ]

TENTANG PENULIS
Ryuzen

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.