Anomaly Defenders Hadir Sebagai Penutup Serial Anomaly, Kembali ke Akar Tower Defense

11 bit studios memulai debut dengan Anomaly Warzone Earth, sebuah game strategi dengan formula baru genre reverse tower defense. Kini untuk seri penutup triloginya, Anomaly Defenders, formulanya kembali dirubah.

1396683975000

Anomaly-Defenders-2

11 bit studios memulai debut mereka melalui Apple App Store pada tahun 2011 lalu dengan Anomaly Warzone Earth, sebuah game strategi yang terlihat mengagumkan karena mencoba formula baru genre tower defense dengan membalikkan keadaan, sehingga kira berperan sebagai pihak yang menyerang, bukan pengendali tower. Saat itulah istilah baru reverse tower defense, atau ada juga yang menyebutnya sebagai tower offense terlahir. Mereka melanjutkan konsep tersebut dengan Anomaly Korea yang muncul tahun berikutnya, dan sebenarnya lebih cocok sebagai ekspansi, serta diikuti sekuel sesungguhnya, Anomaly 2 Oktober 2013 lalu.

Anomaly-Defenders-3

Dan kemarin 11 bit studios telah mengkonfirmasikan seri penutup dari trilogi Anomaly, berjudul Anomaly Defenders, serta kali ini mereka justru merubah formula yang sudah banyak disukai penggemarnya, mengembalikan skenario ke arah tower defense tradisional. Dikisahkan manusia melawan kembali invasi alien di Bumi, mengirim mereka kembali ke planet asalnya. Namun manusia tidak puas dengan pencapaian tersebut, mereka juga mengejar para alien ke tempat asalnya, dan kini dalam Anomaly Defenders kamu bakal berperan sebagai alien yang bertahan dari serangan manusia.

Anomaly-Defenders-4

Demikian kita jadi malah bingung, entah game ini cocok disebut sebagai tower offense, tower defense, atau genre lainnya karena kini kita berperan sebagai pihak yang dulunya harus dibasmi. Namun kami yakin seperti seri-seri Anomaly sebelumnya, ada 24 level dimana manusia akan menyerang alien, dan kamu sebagai alien membangun pertahanan, dibekali tech tree, delapan jenis tower yang bisa diupgrade (ada tiga tingkat ungrade) dan unit-unit yang khas, Anomaly Defenders bisa memenuhi ekspetasi penggemarnya. Sampai saat ini penutup serial Anomaly ini belum diungkapkan kapan akan dirilis, namun yang jelas 11 bit studios sedang menyiapkannya untuk platform Android, iOS, Microsoft Windows.

The Guide To The Defense Against Human Invasion – Chapter #1

[youtube id=”OoE3a87K4RI”]

Selain Anomaly Defenders, awal Maret lalu 11 bit studios juga mengumumkan karya terbarunya, sebuah game bertema survival berjudul This War of Mine, dan kembali dengan gaya developer ini yang beroikir “diluar kotak.” Mereka sedikit memodifikasi tipikal narasi wilayah yang dilanda perang, dengan memposisikan pemain pada perspektif penduduk korban perang, bukanya para prajurit.

Dalam This War of Mine kamu mengendalikan sekelompok penduduk sipil yang berjuang untuk bertahan hidup di sebuah kota yang dikepung. Selain aktifitas seperti mengais persediaan dan item yang berguna di malam hari, kamu juga akan menciptakan item, meng-upgrade tempat perlindungan, dan melindungi orang lain yang selamat selama siang hari. Tidak ketinggalan untuk membuatnya terlihat realistis, akan ada pengaruh keputusan baik atau buruk yang berhubungan dengan hidup dan mati atas pilihan berdasarkan hati nurani pemain, dalam bentuk opsi seperti pilihan untuk menyelamatkan setiap orang di tempat perlindungan mereka, atau atau mengorbankan beberapa diantaranya untuk mendapatkan tujuan lain yang lebih baik.

This War of Mine saat ini tengah dikembangkan untuk Mac, Linux, Windows PC dan juga platform mobile Android serta iOS, dengan rencana rilis tahun 2014 ini.

This War Of Mine

[youtube id=”pH_tYB_Ntlg”]

Sumber: 11 bit studios

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.