Setelah Tertidur 20 Tahun, DotEmu Bangkitkan Little Big Adventure Untuk iOS dan Android

DotEmu berjasa membawa game-game klasik ke platform modern untuk dinikmati para gamer old-school. Dan kini mereka membawa salah satu masterpiece PC klasik untuk Android dan iOS melalui Little Big Adventure.

1396747327000

Little-Big-Adventure-2

DotEmu berjasa membawa game-game klasik ke platform modern. Dan mereka para gamer old school selalu menanti langkah port game PC lawas ke platform mobile seperti Android, iOS, Windows Phone hingga BlackBerry 10. Setelah terakhir kami dipuaskan melalui The King of Fighters ’97 dan Double Dragon Trilogy, kini DotEmu membawa salah satu masterpiece PC klasik untuk Android dan iOS melalui Little Big Adventure.

Little-Big-Adventure-4

Game action-adventure ini awalnya dikembangkan Adeline Software International dan dirilis pertama kali pada akhir 1994 untuk MS-DOS, kemudian mendapatkan port pertama untuk PlayStation melalui Electronic Arts pada tahun 1996, serta port kedua untuk Android dan iOS oleh DotEmu yang dirilis 26 Maret 2014 kemarin, atau 20 tahun setelah game tersebut pertama kali dirilis.

Little-Big-Adventure-3

Apa yang langsung memberi kesan nostalgia yang dalam dari port mobile Little Big Adventure ini adalah sudut pandang isometris yang digunakan. Meskipun dewasa ini game modern sudah lebih dinamis sudut pandang aksinya, namun visual semi 3D tersebut akan tetap diterima, khususnya oleh mereka gamer old-school, apalagi yang memiliki kenangan khusus dengan game ini.

Little-Big-Adventure-7

Visual semi 3D-nya menyuguhkan semua karakter dan hampir semua obyek dalam game, dibuat berbasis poligon 3D, yang akan melakukan aksinya di tengah lingkungan pre-rendered 2D.

Selama beraksi, Twinsen bisa dikendalikan dalam empat mode berbeda, Normal, Athletic/Sporty, Aggressive, dan Discreet. Setiap perubahan mode gerakan karakter tersebut akan berefek pada ability dan interaksi dengan lingkungan dalam game. Dan meskipun penampilan figur yang kamu kendalikan terlihat konyol, dia bisa bertarung. Twinsen dibekali Magic Ball, bola energi yang bisa dilemparkan ke musuh (sentuh musuh dua kali untuk melakukannya, akan terlihat garis merah di sekeliling musuh ketika serangan sukses), dengan lintasan dan sudut arah gerakan bola energi tersebut dipengaruhi pada mode yang saat itu aktif. Sedangkan mengalihkannya pada mode “Aggressive,” memberi kemungkinan opsi bertarung yang lain dengan cara memukul dan menendang.

Little-Big-Adventure-8

Developer mengklaim kamu bisa menghabiskan waktu bermain hingga 15 jam. Panjangnya waktu permainan tersebut karena memang mekanis gameplay-nya dibuat bebas, kamu bisa menjelajahi semua bagian pulau yang menjadi setting secara non-linear,  dan menyelesaikan sasaran tertentu, banyak tugas opsional yang non-linear, atau memecahkan puzzle. Untuk port kedua ini, DotEmu menyediakan beberapa pilihan bahasa, antara lain Inggris, Perancis, dan Jerman yang didukung tulisan dan suara, sedangkan bahasa Italia dan Spanyol hanya berupa teks saja.

Little-Big-Adventure-9

Seperti game port DotEmu lainnya, Little Big Adventure bebas dari IAP, serta dijual dengan harga Rp. 45 ribu di App Store (harga diskon), serta di Play Store dijual dengan harga Rp. 57 ribu. Mereka juga menyesuaikan mekanis kontrolnya dengan platform yang disasar saat ini. Sehingga pengendalian menggunakan layar sentuh menjadi lebih mudah dilakukan, atau gerakan-gerakan karakter seperti melempar dan melompat kini disesuaikan agar lebih mudah dilakukan menggunakan kontrol touchscreen. Namun menurut penulis, kontrol yang mereka terapkan ini tetap saja menyusahkan.

Little-Big-Adventure-12

Apa yang membuatnya kompleks, kamu perlu melakukan gesture dengan dua jari untuk merubah sudut pandang, dan di sisi lain, Twinsen akan bergerak setelah kamu menyentuh lokasi/area tertentu yang ingin dituju. Sentuh dua kali, karaktermu akan berlari. Masalahnya, Twinsen tidak bisa otomatis menghindari rintangan sepanjang dia mengarah ke lokasi yang ingin kita tuju. Untuk melompat lebih susah lagi, kamu perlu melakukan gesture pada layar, melewati bagian yang ingin dilompati Twinsen. Ingin menggerakkan karakter secara diam-diam? Tinggal sentuh ikon kaki di sisi kanan atas layar, agar Twinsen bergerak dengan lebih berhati-hati. 

Little-Big-Adventure-5

DotEmu juga sedikit memodifikasi antar mukanya menjadi lebih sederhana, memasukkan sistem hint untuk mempermudah penyelesaian puzzle atau memunculkan perintah apa pun yang bisa dilakukan ketika Twinsen berada di dekat obyek yang bisa berinteraksi dengannya, lalu ada opsi untuk zoom agar mempermudah kita mengamati lingkungan sekeliling, dan yang paling penting ada sistem save otomatis yang akan mengembalikan karakter ke checkpoint terakhir pasca tewas dalam aksinya.

Little-Big-Adventure-6

  • Dapatkan Little Big Adventure versi iOS melalui Apple App Store. Membutuhkan minimal iOS versi 4.3 dan storage 308 MB.
  • Dapatkan Little Big Adventure versi Android melalui Google Play Store. Membutuhkan minimal Android versi 2.3.3 dan storage 260 MB.

[youtube id=”MA3lPCRqTws”]

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.