Jalan Cerita dan Karakter Frozen Terinspirasi dari Saint Seiya?

Film animasi Disney, Frozen, dianggap memiliki jalan cerita dan karakter yang terinspirasi dari Saint Seiya karena memiliki beberapa kemiripan. Benarkah demikian?

1396853148000

Film animasi Disney, Frozen, dianggap memiliki jalan cerita dan karakter yang terinspirasi dari Saint Seiya karena memiliki beberapa kemiripan. Benarkah demikian?

Seperti yang telah diketahui bersama, Frozen adalah film animasi 3D yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Film yang dibuat berdasarkan kisah dongeng karya Hans Christian Andersen yang berjudul The Snow Queen ini ditayangkan di bioskop-bioskop pada bulan November 2013 lalu.

Frozen sendiri mengisahkan dua gadis kakak-beradik di mana sang kakak yang bernama Elsa memiliki kekuatan sihir untuk menciptakan dan mengendalikan salju serta es. Tapi semua berubah ketika Elsa bermain dengan adiknya, Anna, yang malah melukai adiknya tersebut. Sehingga Elsa pun selalu menyendiri dan mengurung dirinya di kamar, kepribadiannya berubah, dan kabur dari istana setelah kekuatannya tersebut mencelakakan kerajaannya. Dan giliran adiknya yang menyelamatkan kakaknya tersebut dan juga kerajaan tempat mereka berdua tinggal. Bagi kamu penggemar setia Saint Seiya mungkin merasa familier ya dengan kedua karakter tersebut?

Hal ini terungkap melalui forum online terbesar di Jepang, 2ch, dan juga melalui Twitter, di mana ada beberapa orang yang menunjukkan elemen-elemen dalam Frozen yang terasa mirip dengan Saint Seiya, utamanya dua karakter utama dalam film tersebut. Penggemar Saint Seiya pasti mengenal Freya dan kakak perempuannya, Hilda.

Di bawah ini  kamu dapat melihat Freya dari Saint Seiya. Bisa kamu lihat kemiripan fisiknya antara Freya dengan Anna, terutama dari rambutnya yang berwarna cerah, rambut berkepang dua, dan baju berwarna dominan pink. Keduanya sama-sama berperan sebagai sang adik yang ingin menyelamatkan kakak perempuannya, dan juga kerajaannya. Dan keduanya pun sama-sama tidak memiliki kekuatan spesial.

Anna (kanan) dan Freya (kiri)

Berikutnya bisa kamu lihat Polaris Hilda dari Saint Seiya. Sama seperti Elsa, dia berperan sebagai sang kakak. Keduanya juga memiliki kekuatan supernatural berkaitan dengan es, dan dulunya mereka berdua baik hati. Hingga akhirnya mereka dihadapkan dengan sebuah kejadian yang mengubah hati mereka menjadi jahat (atau bertentangan dan kepribadiannya berubah).

Elsa (kiri) dan Hilda (kanan)

Kamu juga dapat melihat desain awal untuk Elsa yang terlihat mirip dengan desain karakter Polaris Hilda (seperti yang terlihat di Pavementmouse).

Desain awal Elsa, sang Ratu Es…

… mirip ya dengan Hilda?

Juga tidak ketinggalan kemiripan jalan cerita di antara keduanya. Yakni adanya cinta segitiga yang melibatkan sang adik, dan baik untuk Saint Seiya maupun Frozen, keduanya melibatkan seorang cowok ganteng yang datang dari luar kerajaan.

Hal ini mencuat karena Frozen baru tayang di bioskop-bioskop di Jepang akhir-akhir ini, dan banyak para penggemar berat anime yang menyatakan bahwa Frozen meniru Saint Seiya. Tapi tentu tidak semua orang di Jepang merasa seperti itu, karena mereka menganggap karakter di Saint Seiya dan Frozen benar-benar berbeda.

Bahkan juga ada salah seorang anggota dalam forum 2ch yang menyebutkan kalau Disney sering kali “meniru” anime-anime di masa lampau. Contohnya The Great Mouse Detective yang terlihat meniru Lupin III: The Castle of Cagliostro, Atlantis: The Lost Kingdom yang meniru Nadia: The Secret of Blue Water, dan Treasure Planet yang meniru 21 Emon. Juga tidak ketinggalan The Lion King yang dianggap meniru Kimba The White Lion.

Meski beberapa film besutan Disney ada yang terlihat mirip dengan anime-anime ternama di Jepang, para penduduk Jepang juga tidak semuanya memusingkan hal tersebut. Disney dan film-film Disney sangat populer di Jepang, tapi tentu saja di manapun pasti ada saja pihak yang tidak menyukainya bahkan membencinya.

Atau bisa jadi memang Frozen terinspirasi dari Saint Seiya. Sebuah karya yang terinspirasi dari karya lain tidak selalu buruk, karena memang banyak artis atau penulis yang terinspirasi dari artis atau penulis lainnya. Bagaimana menurutmu perihal kemiripan Frozen dengan Saint Seiya ini? Let it go, or not? Hehe.

[ Sumber : Kotaku, 2ch, Anni-Thii@Tumblr, Pavementmouse ]

Share this article

TENTANG PENULIS
Ryuzen

Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.