Fakta dan Petunjuk Menarik Captain America: The Winter Soldier

Bukan Marvel namanya kalau tidak menyelipkan banyak easter egg dalam setiap filmnya. Simak beragam fakta dan petunjuk menarik yang muncul di sepanjang Captain America: The Winter Soldier, yang pasti akan mengusik rasa penasaranmu tentang apa yang akan dilakukan Marvel selanjutnya.

1397196815000

Captain America

Film ketiga dari Marvel Phase Two, Captain America: The Winter Soldier, akhirnya tayang di layar lebar, dan tentunya sebagian besar kamu sudah menyaksikannya di bioskop. Bukan Marvel namanya kalau tidak menyelipkan banyak easter egg dalam setiap filmnya, tak terkecuali dengan Captain America: The Winter Soldier ini.

Hari ini, Duniaku akan mengulas beberapa fakta dan petunjuk menarik yang muncul dalam film Captain America: The Winter Soldier, yang pastinya akan mengusik rasa penasaran kita tentang apa yang akan dilakukan Marvel dengan proyek-proyek selanjutnya. Dan berikut ulasannya:

To-DO

1. Cap’s To-Do List & “Trouble Man”
Film ini dimulai dengan jogging pagi hari yang membawa pada pertemuan pertama antara Steve Rogers (Chris Evans) dan Sam Wilson (Anthony Mackie) yang kemudian kita kenal dia dengan sebutan Falcon. Meski belum ada konfirmasi pasti, namun besar kemungkinan duo sutradara Anthony Russo dan Joe Russo akan kembali menduetkan Sam Wilson dengan Steve Rogers di film ketiga Captain America nanti, seperti halnya Iron Man dan War Machine/Iron Patriot di dua Film Iron Man terakhir.

Membeku selama hampir tujuh dekade, membuat Capt. Amerika melewatkan banyak sekali hal-hal penting dan menarik yang terjadi di dunia. Tidak mau ketinggalan dengan informasi-informasi itu, Steve melakukan banyak hal untuk mengejar ketinggalannya, selain surfing di internet, dia pun punya buku catatan / To-Do List  yang berisi hal-hal yang harus dia lakukan berdasar dari masukan teman-temannya. Salah satunya adalah album Trouble Man oleh Marvin Gaye, yang disarankan oleh Sam Wilson.

Menariknya, To-Do List yang dimiliki oleh Steve berbeda dibeberapa negara. Ambil contoh di negara Inggris, dalam film Captain America: The Winter Soldier yang diputar di negara tersebut, terdapat beberapa poin berbeda seperti World Cup tahun 1966, dimana Inggris menjadi pemenang waktu itu, dan The Beatles, salah satu band paling popular di dunia yang berasal dari Inggris.

captain-america-winter-soldier

2. Kostum Anti Air
Tentunya kita semua masih ingat dengan misi pertama Captain America dalam film ini, usai dia lari pagi bersama Sam Wilson. Setelah dijemput Natasha Romanoff (Scarlett Johansson), Captain America terbang bersama agen SHIELD yang lain untuk menyelesaikan masalah pembajakan kapal yang dipimpin oleh Batroc. Dari atas pesawat, Capt. America langsung terjun ke bawah tanpa parasut dan langsung masuk ke dalam air sebelum dia menaiki kapal. Menariknya, saat dia berhasil naik ke atas kapal, baju yang dia kenakan tidak terlihat basah sedikit pun. Apakah bajunya barunya ini anti air?

Batroc

3. Batroc The Leaper
Di film kedua ini, The Russos yang merupakan penggemar berat Marvel, berhasil memberikan tontonan yang sangat menarik, walaupun di film ini Capt. America tidak lagi mengenakan kostum ikoniknya (merah-putih-biru, meski di akhir film dia kembali mengenakan seragamnya dari Perang Dunia II), dan dua sutradara tersebut pun sukses menampilkan Winter Soldier dengan menarik dan membuat armor Falcon tidak terlihat konyol.

Namun yang menarik disini adalah penggambaran karakter Batroc yang diperankan oleh Georges St-Pierre. Dalam komiknya, Batroc dikenal juga dengan sebutan Batroc The Leaper, dia hanyalah seorang pencuri dan tidak memiliki kekuatan super. Selain itu, dia juga merupakan musuh yang kecil bagi Captain America. Namun di film ini, Batroc digambarkan sebagai karakter yang jauh lebih keren dari komiknya, dan dalam pertarungan tangan kosong dengan Steve Rogers di atas kapal, dia seolah bisa mengimbangi kekuatan Capt. America dan menjadi lawan yang cukup tangguh. Untuk informasi, Georges St-Pierre merupakan seorang petarung UFC (Ultimate Fighting Championship).

Batroc1

Helicarrier

4. Tony Stark Tingkatkan Teknologi Helicarrier
Setelah Nick Fury memperlihatkan kepada Steve Rogers tentang Project Insight. Kita tahu bahwa Tony Stark-lah yang memberikan masukan berharga bagi S.H.I.E.L.D. untuk meng-upgrade helicarrier, supaya bisa lebih canggih daripada yang mereka pakai di film The Avengers. Tidak hanya itu, armor yang digunakan Sam Wilson untuk terbang adalah produk buatan Stark Industries.

Captain America2

5. Iron Man Menjadi ‘Badut’ di Acara Ulang Tahun
Merasa ada yang tidak beres dengan Project Insight, Nick Fury pun menemui langsung Alexander Pierce (Robert Redford) di ruangannya, untuk menunda peluncuran Project Insight. Sebagai imbalannya, Pierce meminta Fury untuk mendatangkan Iron Man di ulang tahun keponakannya.

“Fine, but you’ve got to get Iron Man to stop by my niece’s birthday party. And not just a flyby, he’s got to mingle.” –  Alexander Pierce.

Untuk lebih jelasnya, simak klipnya dibawah ini:

[youtube id=”UqV53I4RHqs”]

Peggy

6. Kemunculan Kembali Peggy Carter
You Still Owe Me A Dance.” Meski banyak hal menarik yang dia temui di jaman modern ini, dan banyak wanita cantik di sekelilingnya, namun Steve tetap tidak bisa melupakan cinta sejatinya yang dia tinggalkan 70 tahun yang lalu. Dan di film ini, Steve akhirnya menemui kembali Peggy Carter yang kini sudah sangat tua dan terbaring tak berdaya di tempat tidurnya. Dalam percakapannya, kita tahu bahwa Peggy merupakan salah seorang pendiri S.H.I.E.L.D.

Never-Surrender

7. Penampakan Buku Never Surrender Milik Captain America
Usai lolos dari serangan Winter Soldier, tidak ada lagi tempat yang aman bagi Nick Fury selain apartemen Steve Rogers. Disana, kita melihat ada sebuah momen yang menyorot rak buku yang ada di apartemen Steve. Salah satu buku yang paling menonjol disitu adalah buku Never Surrender yang berada di sebelah kiri rak buku.

Never Surrender merupakan buku otobiografi dari mantan pimpinan US Special Forces, William “Jerry” Boykin. Dia merupakan orang yang penting di American Intelligence, dan memiliki posisi yang tinggi di CIA. Selain itu, dia juga merupakan tokoh kontroversial, yang sangat terlibat dalam War On Terror, dan terkenal dengan motif hidupnya: ”What are you prepared to give up for America? Are you willing to pay the ultimate price?.

stan-lee

8. Cameo Stan Lee
Tidak lengkap rasanya kalau film-film Marvel tampil tanpa cameo dari Stan Lee. Dan untuk di film Captain America: The Winter Soldier ini, Dia berperan menjadi pekerja di museum Smithsonian yang terancam di pecat usai Steve mengambil kembali kostum lamanya tanpa ijin di museum tersebut.

Brubaker

9. Keator The Winter Soldier Ikutan Jadi Cameo
Tidak hanya Stan Lee, kreator Captain America yang ikut pamer muka di film ini. Seperti yang bisa kamu lihat pada foto diatas, Ed Brubaker ikutan muncul dalam film ini dan berperan sebagai salah satu anggota tim yang bertugas menghapus ingatan The Winter Soldier, ketika dia mulai mengingat masa lalunya.

Ed Brubaker memang layak untuk mendapat penghormatan ini, mengingat dialah kreator The Winter Soldier, dan menulis alur ceritanya yang digunakan sebagai dasar dari film ini.

Avengers-Tower

10. Menara Avengers
Masih ingat dengan Menara Stark yang dibuat berantakan di film The Avengers (2012) kemarin, dan hanya menyisakan huruf “A” disana? Well, menara tersebut kini tak lagi disebut Menara Stark namun sudah menjadi Menara Avengers, dan informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kevin Feige dalam sebuah wawancara.

“You get a quick glimpse, I don’t know if you noticed, of the new Stark Tower – which is not the Stark Tower it’s the new Avengers Tower in Captain America: The Winter Soldier. We show it in there. It goes by *snaps* real fast during that targeting sequence. But it’s there”. – Kevin Feige

Menara tersebut terlihat sekilas, sesaat setelah ketiga helicarrier bermanuver di udara untuk berada diposisi yang tepat guna melaksanakan Project Insight. Ketika helicarrier  tersebut mulai menentukan targetnya, kita akan melihat nama Tony Stark muncul disana sebagai salah satu targetnya saat dia berada di menara tersebut.

Berubahnya menara Stark menjadi Menara Avengers, tentunya sudah bisa kita ketahui karena di akhir The Avengers kemarin, Tony bersama Pepper terlihat antusias dengan proyek terbaru mereka dimana mereka akan membangun tempat untuk masing-masing rekan Avengers-nya di gedung tersebut. Untuk kelih jelasnya kamu bisa klik disini.

Howard-Stark

11. Terungkapnya Kematian Howard Stark
Siapa yang meyangka, data yang dia dapat dari Nick Fury telah membawanya bersama Black Widow menyusup ke sebuah bunker rahasia yang berada di bawah tanah dari fasilitas pelatihan, tempatnya dulu berlatih. Dari informasi yang didapat dari komputer yang merupakan versi AI dari Arnim Zola, kita tahu  bahwa HYDRA telah lama menyusup di tubuh S.H.I.E.L.D.. Namun tak hanya itu, Arnim Zola juga mengatakan bahwa The Winter Soldier selama 50 tahun terakhir telah digunakan untuk melumpuhkan target-target HYDRA, salah satunya adalah Howard Stark, ayah dari Tony Stark. Tentunya ini merupakan penegasan bahwa Howard bukan tewas dalam sebuah kecelakaan mobil biasa. Kira-kira, apa yang akan Tony lakukan setelah ini?

HowardStarkHeadline

Senator_Stern

12. Kembalinya Garry Shandling Sebagai Senator Stern
Dalam Captain America: The Winter Soldier, Hydra telah menyusup ke banyak posisi penting, baik itu di dalam organisasi S.H.I.E.L.D. sendiri, maupun pemerintahan. Dan kini kita tahu mengapa Senator Stern begitu ngotot untuk bisa mendapatkan armor Iron Man di film Iron Man 2 (2010). Bisa dipastikan kalau Hydra ingin untuk mengembangkan teknologi canggih milik Tony Stark untuk bisa melancarkan rencananya.

Doctor Strange

13. Disinggungnya Nama Doctor Strange
Untuk mengetahui lebih detail tentang Project Insight, Steve, Natasha dan Sam Wilson pun ‘mewawancarai’ secara pribadi Jasper Sitwell (Maximiliano Hernandez) untuk mengetahui rencana jahat HYDRA. Menariknya, dalam percakapan tersebut disinggung nama Steve Strange, sebagai salah satu target utama HYDRA. Dan Steve Strange, tidak lain tidak bukan adalah nama lengkap dari Dr. Strange, dimana Marvel kini tengah mengembangkan filmnya untuk Tahap Ketiga nanti.

Mr. Lau

14. Mr. Lau of S.H.I.E.L.D.
Well… He’s really good with calculation! Masih ingat dengan aktor yang satu ini? Setelah karakternya, Mr. Lau, di The Dark Night (2008) berakhir, Chin Han pun kini hijrah ke Marvel. Kalau sebelumnya dia berperan sebagai pengelola keuangan para mafia, kini dia menduduki posisi penting di tubuh S.H.I.E.L.D..

Black-Widow

15. Kisah Cinta Black Widow dan Hawkeye?
Jika kamu perhatikan, dihampir setiap adegan di film Captain America: The Winter Soldier, Natasha Romanoff / Black Widow (Scarlett Johansson) terlihat mengenakan kalung dengan bentuk busur. Mungkinkah ada hubungan asmara antara Black Widow dan Hawkeye?

Crossbones

16. Kematian Captain America?
Di akhir film, kita tahu bahwa agen HYDRA, Brock Rumlow, dikeluarkan dari reruntuhan gedung S.H.I.E.L.D. setelah dirinya tertimpa helicarrier. Fakta bahwa ternyata dia masih hidup, meski dengan luka bakar tubuh yang serius, seolah melengkapi transformasinya menjadi sosok Crossbones seperti yang ada di dalam komiknya. Besar kemungkinan kalau Frank Grillo akan kembali memainkan perannya di film ketiga Captain America nanti. Mungkinkah kita akan melihat akhir hidup Captain America?

Captain America

17. Winter Soldier Sebagai Captain America yang Baru?
Hanya sebuah adegan pertarungan biasa, atau ada maksud yang ingin disampaikan oleh duo sutradara Anthony dan Joe Russo. Seperti yang bisa kamu lihat diatas, Winter Soldier berhasil merebut tameng Capt. America, saat mereka bertemu pertama kali dalam film ini.

Dalam komiknya, diceritakan bahwa Bucky kemudian menjadi Captain America yang baru setelah Steve Rogers tewas dibunuh oleh Crossbones. Mungkinkah Winter Soldier tengah dipersiapkan untuk menjadi Captain America yang baru?

samuel-l-jackson

18. Keterkaitan dengan Film Buatan Tarantino
Siapa yang bisa menyangka ternyata ada petunjuk yang mengarah ke film karya Quentin Tarantino. Di akhir film, ketika kita melihat batu nisan milik Nick Fury, disana terdapat tulisan “The path of the righteous man… Ezekiel 25:17,” yang merupakan salah satu quote yang muncul di film Pulp Fiction buatan Tarantino yang dirilis tahun 1994, dan film tersebut juga dibintangi oleh Samuel L. Jackson.

photo4cb

19. Toksin Rahasia dari Bruce Banner
Tidak hanya Tony Stark yang ikut andil dalam alur cerita film ini, Bruce Banner pun tidak ketinggalan. Agar musuhnya menyangka dia telah mati, Nick Fury menggunakan toksin yang dikembangkan Bruce Banner untuk memperlambat denyut nadinya agar orang menyangka dia telah meninggal.

winter-soldier-robert-redford

20. Terpilihnya Redford Sebagai Alexander Pierce
Jauh sebelum Captain America: The Winter Soldier tayang di layar lebar, terpilihnya Robert Redford sebagai Alexander Pierce sendiri telah membuka tabir rahasia dari alur cerita dari film ini. Seperti yang sempat saya informasikan sebelumnya, karakter Alexander Pierce mengacu pada kisah Nick Fury vs. S.H.I.E.L.D., untuk lebih jelasnya kamu bisa klik disini.

Namun lebih dari pada itu, dipilihnya Robert Redford bukan sebuah kebetulan saja, namun duo sutradara Anthony dan Joe Russo terinspirasi dengan film political thriller tahun 1976 yang dibintangi Redford berjudul All the President’s Men. Dan kedua sutradara merasa bahwa Redford-lah orang yang tepat untuk memainkan karakter penting dalam film ini, yang alur ceritanya juga mengangkat tentang intrik politik.

Age of Ultron

21. Perang Terbuka Melawan X-Men
Seperti semua film Marvel yang masuk dalam MCU, adegan after credit selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Kali ini, adegan tersebut mengacu langsung pada film  Avengers: Age of Ultron, yang merupakan film pamungkas dari Tahap Kedua ini.

Kita tahu bahwa tongkat milik Loki masih ada di Bumi, dan kini berada di tangan Baron Von Strucker yang diperankan oleh Thomas Kretschmann. Disana, kita bisa melihat dua tahanan special yang tak lain tak bukan adalah dua saudara kembar, Quicksilver (Aaron Taylor-Johnson) dan Scarlet Witch (Elizabeth Olsen).

Avenger Age of Ultron

Dalam adegan tersebut, Baron mengatakan bahwa ini adalah The Age of Miracles, dan tidak menyebut mereka sebagai mutan. Seperti yang kita tahu, kata-kata mutan mengacu langsung pada cerita X-Men yang merupakan properti milik 20th Century Fox, dan Marvel/Disney tidak berhak untuk menggunakannya. Bagi kamu yang belum tahu, dalam alur cerita komiknya, Quicksilver dan Scarlet Witch merupakan anak dari Magneto.

Menariknya, ketika Joss Whedon tengah mengerjakan naskah dari Avengers: Age of Ultron, dia mengatakan kalau akan memunculkan dua karakter tersebut dalam filmnya. Di lain tempat, sutradara Bryan Singer yang saat itu tengah dalam proses awal syuting X-Men: Days of Future Past, dengan mengejutkan mengatakan kalau dua karakter tersebut juga akan muncul dalam filmnya yang akan tayang pada 21 Mei ini nanti. Jadi, simak kedua filmnya dan tentukan sendiri, versi Quicksilver dan Scarlet Witch mana yang lebih menarik.

TENTANG PENULIS
Reza

Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.