Samsung Mengklaim Penjualan Galaxy S5 Sudah Berhasil Melampaui Galaxy S4

Samsung mulai menjual flagship barunya, Galaxy S5 serentak di 125 negara termasuk Indonesia. Meskipun nilainya cukup tinggi, namun Samsung mengklaim jika penjualan Galaxy S5 sudah melampaui Galaxy S4.

1397448853000

Galaxy-S5-1

Setelah pertama kali dikonfirmasikan selama Mobile World Congress 2014 lalu di Barcelona, akhirnya Samsung mulai menjual flagship barunya, Galaxy S5 serentak di 125 negara termasuk Indonesia. Smatphone yang dibekali banyak fitur pendukung kesehatan tersebut dijual di Indonesia dengan harga antara Rp. 8.1 hingga 8.5 juta. Meskipun nilainya cukup tinggi, namun Samsung mengklaim jika penjualan Galaxy S5 sudah melampaui apa yang dicapai Galaxy S4.

Galaxy-S5-2

Meskipun beberapa operator seluler di Korea sudah mulai menjualnya sejak akhir Maret 2014 lalu, namun 11 April 2014 kemarin tetap menjadi tanggal resmi penjualan Galaxy S5 di 125 negara, termasuk di Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, Amerika Latin dan sebagian besar Asia. Juga menjadi insentif tersendiri untuk mereka para early adopter smartphone unggulan Samsung Mobile ini (khususnya bagi gamer, dan lebih khusus lagi mereka penggemar genre sepak bola), disediakan game FIFA 14 yang bisa langsung dimainkan dalam Galaxy S5, plus kesempatan untuk berkompetisi dalam game melawan team virtual Galaxy 11, yang pernah kami ulas sebelumnya dalam artikel ini

Samsung-Gear-Fit-2

Menjadi produk yang paling banyak menyita perhatian tidak hanya produsennya, Galaxy S5 kembali menjadi acuan produk lainnya karena Samsung selalu mengajukan hardware terbaik, sekaligus menambahkannya dengan beberapa fitur yang membedakannya dengan para pesainnya, seperti adanya Download Booster dan sertifikasi IP67 anti debu dan air, meskipun desain cover belakangnya langsung mengingatkan pada kakak besarnya Galaxy Note 3, atau sensor sidik jarinya juga mengundang tanggapan negatif itu sekadar imitasi iPhone 5S saja. Sedangkan segudang sensor membekalinya, termasuk untuk mengukur detak jantung dan juga barometer, juga langsung mengundang opini baru.

Gear-Fit-Vertical

Dan juga seperti yang mereka janjikan sebelumnya, Samsung sekaligus juga menjual wearable device barunya, Gear 2Gear 2 Neo, dan juga Gear Fit. Smartwatch terakhir tersebut cukup keren, karena selain tampilan horizontal, juga mendukung pengoperasian secara vertikal, sehingga pengguna tidak perlu harus mengubah-ubah posisi pergelangan tangan hanya untuk melihat informasi pada layarnya dengan nyaman. Namun jajaran jam tangan pintarnya tersebut kini meninggalkan kesan Android yang sudah identik dengan brand Galaxy, serta memilih sistem operasi yang dikembangkan sendiri oleh Samsung, yaitu Tizen. Walaupun banyak yang mempertanyakan langkah tersebut, namun mengingat wearable device sejatinya sekadar pendamping smartphone tidak membutuhkan fungsi penuh perangkat induknya, banyak juga yang menilai Tizen yang lebih sederhana adalah OS yang tepat untuk Gear-gear tersebut.

Samsung-Gear-2

Kini baik Galaxy S5 dan para Gear sudah eksis di pasaran. Dan walaupun belum ada angka pasti, namun beberapa laporan dari Korea menyebutkan jika respon pasar atas Galaxy S5 sangat besar, bahkan penjualannya sudah melampaui penjualan hari pertama Galaxy S4. Samsung menyebutkan jika rata-rata penjualan hari pertama Galaxy S5 sudah 1.3 lebih banyak dibandingkan Galaxy S4. Beberapa lokasi penjualan Galaxy S5, seperti di Inggris Raya dikabarkan dua kali lebih besar dari Galaxy S4, dan di di Paris bahkan 200 unit smartphone ini diklaim ludes hanya dalam waktu satu jam saja!

Samsung Gear 2 Neo

Samsung Gear 2 Neo

Meskipun belum ada angka pastinya, namun banyak yang meyakini Galaxy S5 mampu mengungguli pencapaian Galaxy S4 yang diklaim terjual 10 juta unit hanya dalam waktu satu bulan, apalagi Samsung juga akan segera meluaskan lokasi penjualannya hingga 150 negara. Membandingkannya dengan Galaxy-galaxy sebelumnya, Galaxy S III terjual 10 juta unit dalam waktu 50 hari, kemudian Galaxy S II membutuhkan 5 bulan, dan Galaxy S pertama mencapai 10 juta dalam waktu 7 bulan. Bisa jadi Samsung kali ini mampu membuat 10 juta unit Galaxy S5 terjual kurang dari sebulan.

Samsung GALAXY S5 Official TVC

[youtube id=”oFTbDeeNaIo”]

Samsung GALAXY S5 – Official TVC (Design)

[youtube id=”E6MhcTStADU”]

Samsung Gear Fit – Official TVC

[youtube id=”k63HEwdOC8I”]

Samsung Gear Fit – Official TVC (Design)

[youtube id=”sBqtxo3eHvM”]

Samsung GALAXY S5, Gear 2, Gear Fit – Official Outdoor Commercial (Fantasy)

[youtube id=”eA73UFmPf8U”]

Sumber: Samsung Mobile, Samsung Tomorrow (1), (2)ZDnet

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.