Keterlibatan Para Mutan X-Men: Days of Future Past dalam Sejarah Panjang Manusia

Simak kejadian-kejadian penting yang melibatkan mutan-mutan dalam sejarah manusia sepanjang tahun 1962 hingga 2018, yang menjadi latar belakang alur cerita X-Men: Days of Future Past

1397706256000

X-Men 25 Moments

Disebut sebagai film X-Men terbesar yang pernah dibuat, X-Men: Days of Future Past tidak hanya sekedar mempertemukan semua pemain dari semua film X-Men yang pernah dibuat, namun juga menjanjikan alur cerita yang lebih dalam dan kompleks.

Hari ini, Duniaku akan mengulas tentang 25 foto menarik tentang keterlibatan para mutan dalam sejarah panjang manusia yang terjadi antara tahun 1962, dimana Magneto muda (Michael Fassbender) membantu mencegah Krisis Rudal Cuba di X-Men: First Class, hingga tahun 2018, dimana X-Men: Days of Future Past akan menampilkan keadaan masa depan para mutan dari trilogi awal X-Men sebelumnya.

Namun sebelum kamu melanjutkan membaca artikel ini, saya informasikan sebelumnya kalau informasi dibawah juga memuat SPOILER dari film ini.

X-Men (12)

1962 – Krisis Rudal Cuba
Departemen rahasia pemerintah bertanggung jawab atas konflik ini. Dalam saat-saat penting di masa Perang Dingin, sebuah rudal diluncurkan di dekat Cuba. Diduga, kejadian tersebut akibat campur tangan kelompok tak dikenal dengan kekuatan yang tidak dapat dijelaskan.

X-Men (17)

1963 – Erik Lensherr Terlibat dalam Pembunuhan
Pembunuhan JFK memicu kontroversi mutan. Mutan yang dikenal dengan sebutan Magneto dikatakan terlibat dalam pembunuhan John F. Kennedy, presiden Amerika Serikat ke-35 yang menjabat sejak Januari 1961 sampai dibunuh bulan November 1963. Magneto yang membantah keterlibatan langsung, memicu gerakan Free Magneto.

X-Men (6)

1965 – Charles Xavier Membuka Sekolah untuk Anak-anak Berbakat (Gifted Youngsters)
Sekolah Xavier adalah tempat yang aman untuk mendidik para mutan. Xavier membuka sekolah privat tersebut dengan agenda tersembunyi, yaitu untuk memastikan mutan-mutan muda memiliki tempat yang aman untuk belajar dan mengembangkan kekuatan mereka dengan aman pula.

X-Men (22)

1967 – Trask Industries Mengembangkan Organ Buatan
Terobosan dalam menciptakan organ buatan (prosthetics) yang dilakukan oleh Trask Industries, telah mengubah jutaan kehidupan. Bolivar Trask (Peter Dinklage) melakukan revolusi dalam dunia prosthetics dengan membuat organ buatan yang diciptakan melalui DNA.

X-Men (18)

1972 – Pertemuan Rahasia Antara Bolivar Trask dan Presiden Nixon
Trask dan Nixon melakukan pertemuan rahasia, dimana rekaman kejadian tersebut telah dihapus secara sengaja. Penyelidik kongres mencari bukti tentang adanya rencana rahasia antara Trask Industries dan Nixon, namun langkah mereka terhalang karena 18½ menit dari rekaman pertemuan yang terjadi antara Bolivar Trask dan Presiden Nixon telah benar-benar dihapus.

X-Men (10)

1973 – Trask Umumkan Program Sentinel I
Presiden Nixon menyambut robot-robot Sentinel dengan tangan terbuka. Melalui kontrak dengan pemerintahan Nixon, Trask Industries mulai memproduksi dan mengembangkan Sentinel Mark I. Sementara proyek yang didanai sangat besar tersebut berada dalam tingkat keamanan nasional, hal tersebut justru membuat Amerika bergerak jauh dari Gold Standard.

X-Men (19)

1975 – Xavier Pergi ke Washington
Professor mengajukan permohonan kepada para politisi AS untuk hak-hak dasar. Charles Xavier muncul sebelum rapat DPR AS selesai, dan meminta kebebasan mutan termasuk integrasi dan privasi.

X-Men (16)

1975 – Skandal Rekor Dunia
Pietro Maximoff memecahkan 8 rekor dunia, hal tersebut akhirnya memicu pembahasan tentang partisipasi mutan dalam atletik. Pejabat atletik akhirnya mengadopsi kebijakan tentang pengujian genetik bekerjasama dengan Trask Industries, dimana atlit yang memiliki X-gen tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi olahraga. Hal tersebut terjadi setelah dilakukan penyelidikan atas Pietro Maximoff/Quicksilver.

X-Men (2)

1984 – Menteri Menjuluki Mutan Sebagai “Kutukan Tuhan”
The Human Majority menjuluki mutan sebagai kutukan Tuhan. Seorang menteri televangelist terkenal, Bob Bell dan organisasinya, The Human Majority, melancarkan gerakan anti-mutan dengan sangat kuat. Diantara prinsip-prinsip yang diyakini, mereka percaya bahwa penyakit/penyimpangan sel yang terjadi pada manusia yang kemudian disebut sebagai mutan tersebut, adalah kutukan dari Tuhan.

X-Men (8)

1986 – Bencana Nuklir Chernobyl
Uni Soviet ikut andil besar dalam lahirnya bayi-bayi mutan. Hancurnya instalasi nuklir di Chernobyl, menyebabkan lonjakan lahirnya mutan prematur selama beberapa generasi.

X-Men (9)

1989 – Aksi Protes di Tembok Berlin
Jerman adalah negara pertama yang mengadopsi kebijakan pembedaan antara mutan dengan manusia. Beberapa mutan pemberontak melakukan aksi protes di sepanjang tembok Berlin yang mengakibatkan 23 orang tewas dan 200 luka-luka. Protesnya penduduk Jerman Barat memicu kebijakan anti-mutan. Tembok Berlin berdiri sampai hari ini dan Jerman Timur ditetapkan sebagai zona mutan.

X-Men (23)

1989 – Bukti DNA
Bekerjasama dengan Trask Industries, FBI memperkenalkan metode baru untuk mengidentifikasi penjahat dengan menggunakan bukti DNA yang didapat dari TKP. Secara diam-diam, Trask Industries membuat Mutant Registry pribadi yang didapat dari database DNA tersebut. Mereka berencana untuk menjual informasi tersebut kepada pemerintah-pemerintah dunia yang kaya.

X-Men (20)

1991 – Reformasi Afrika Selatan
Pada tahun tersebut, Afrika Selatan masuk dalam era penerimaan dan kesetaraan, dan menjadi surga yang aman untuk para mutan. Sementara yang lain sibuk membahas tentang fenomena mutan-manusia, Afrika dengan bangga menyatakan bahwa negara mereka adalah tempat perlindungan untuk semua.

X-Men (24)

1994 – Zapatistas Bekerjasama dengan Mutan
Milisi perlawanan Zapatista mendapat bantuan dari tentara mutan. Kelompok perlawanan Zapatista, dibantu oleh pejuang kemerdekaan mutan, terlibat dalam konflik bersenjata melawan pemerintah Meksiko di Southern Mexico.

X-Men (14)

1996 – Wabah Penyakit Sapi Gila
Pengujian X-Gen yang dilakukan Trask Industries telah menyebabkan penyebaran wabah secara global. Gagalnya usaha awal yang dilakukan untuk menyembuhkan X-gen, berakibat meluasnya penyebaran penyakit yang disebut Mad Cow Disease (Penyakit Sapi Gila).

X-Men (5)

2001 – Pusat Penahanan Mutan di Teluk Guantanamo
Trask Industries ikut ambil bagian dalam pembangunan dan pengelolaan pusat penahanan rahasia Guantanamo Bay. Pemerintah AS mengontrak Trask Industries untuk membangun Camp X-Ray di Teluk Guantanamo, Cuba. Camp tersebut adalah sebuah pusat penahanan untuk mutan-mutan berbahaya yang dianggap akan mengancam keamanan nasional.

X-Men (11)

2006 – Kerjasama Mutan-Manusia Untuk Membangun Kembali Jembatan Golden Gate
Presiden bekerjasama dengan X-Men untuk membangun kembali jembatan dan hubungan dengan mutan. Usai Worthington Labs memperkenalkan vaksin yang diklaim dapat menekan X-gen, pemberontakan keras dari faksi mutan pun terjadi. Akibatnya, Jembatan Golden Gate hancur saat pertempuran antara The Brotherhood yang dipimpin Magneto dengan X-Men yang berdiri di pihak manusia, terjadi. Menyadari kebutuhan untuk meningkatkan hubungan antara manusia dengan mutan, Presiden kemudian menunjuk Hank McCoy/Beast sebagai duta besar untuk PBB.

X-Men (13)

2008 – Tembok Pemisah AS Untuk Memperkuat Perbatasan
Mutant Wall dibuat untuk menghambat pergerakan mutan di seluruh perbatasan AS. Tembok raksasa tersebut memiliki panjang 2.000 mil dan didirikan di sepanjang perbatasan Meksiko. Politisi mengatakan bahwa tembok pembatas itu sangat diperlukan untuk pemcegah masuknya imigran gelap. Dilain pihak, banyak orang berpendapat bahwa dinding tersebut adalah upaya terakhir untuk menahan pertumbuhan populasi mutan pemberontak di Meksiko.

X-Men (3)

2009 – Alat Penghambat Kekuatan Mutan
Setelah serangkaian usaha meloloskan diri dari Camp X-Ray yang dilakukan oleh mutan-mutan yang memiliki kekuatan besar, Trask Industries kemudian mengembangkan sebuah alat yang dikalungkan di leher mutan untuk menekan kemampuan mutan tersebut.

X-Men (21)

2010 – Trask Industries Mengakuisisi Sekolah Mutan Milik Xavier
Tempat yang aman bagi para mutan, kini berubah menjadi lab uji coba bagi Trask Industries. Sekolah milik Xavier akhirnya ditutup. Trask Industries kemudian merenovasi tempat tersebut dan mengubahnya menjadi tempat penelitian.

X-Men (7)

2011 – Aksi Protes Para Mutan
Aksi protes dilakukan oleh para mutan, mereka mengklaim bahwa dirinya tidak membutuhkan obat penyembuh. Untuk memprotes obat yang dibuat oleh Trask industries, Yashida Corp dan perusahaan farmasi multinasional lainnya tersebut, Occupy Wall Street (kelompok mutan yang protes) bergerak dari X-Mansion ke Zuccotti Park. Sentinel-sentinel kemudian menyerang demonstran tersebut, dan disaat kekacauan terjadi, Warren Worthington III, mutan yang dikenal dengan sebutan Angel, tewas terbunuh.

X-Men (1)

2012 – Puluhan Mutan Meloloskan Diri dari Penjara Trask
Sebanyak 30 mutan diselamatkan dari penjara mutan miliki Trask. Adalah Clarice Ferguson (Bingbing Fan) atau yang dikenal dengan Blink, yang sangat berperan penting dalam aksi tersebut.

X-Men (25)

2013 – Trask Umumkan Mark X
Untuk mengatasi tumbuhnya pemberontakan yang dilakukan oleh para mutan, Trask Laboratories kemudian memperkenalkan Sentinel Mark X, generasi terbaru dari program Sentinel yang menjanjikan sebuah senjata ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Model terbaru ini memiliki kemampuan yang sangat hebat, robot tersebut dapat berubah wujud dan mampu beradaptasi dengan lingkungan.

X-Men (4)

2015 – Kematian Hank McCoy
Mutan yang paling berjasa dalam memperbaiki hubungan antara mutan dengan manusia, akhirnya tewas dibunuh. Hank McCoy dibawa paksa keluar dari rumahnya dan kemudian dibunuh oleh massa demonstran dari Human Majority yang marah.

X-Men (15)

2018 – Bishop Membentuk Free Mutants
Bishop membentuk organisasi militan mutan pertama. Bishop yang adalah seorang pelarian dari Camp X-Ray, membangun sebuah jaringan global yang dijuluki Free Mutants.

Disutradarai oleh Bryan Singer dan dibintangi oleh Jennifer Lawrence, Michael Fassbender, Nicholas Hoult, Peter Dinklage, Hugh Jackman, Evan Peters, James McAvoy, Ellen Page. X-Men: Days of Future Past akan tayang pada 23 Mei 2014.

Sumber: 25Moments.com

Share this article

TENTANG PENULIS
Reza

Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.