What If? Ketika Dunia Titanfall dan Attack on Titan Bersatu

Andaikan jika dunia Titanfall bersatu dengan dunia Attack on Titan. Kira-kira apa yang akan terjadi?

1398162318000

Titanfall

SPOILER ALERT

Duniaku.net kali ini mengajak citizen untuk berandai-andai apa yang terjadi jika dua dunia yang berbeda tiba-tiba menyatu dalam artikel “What If?” ini. Penulis mengamati ada dua topik yang popularitasnya saat ini sedang naik, tapi satu-dua hal dari topik ini ternyata memiliki kesamaan. Mewakili video game, penulis menyimak salah satu game FPS yang sedang populer Titanfall. Sedangkan dari dunia manga, penulis menyimak manga dark fantasy yang saat ini sedang hits yaitu Attack on Titan. Tidak hanya dikarenakan kemiripan judul, tapi jika unsur-unsur dari dua dunia ini menyatu sepertinya akan menjadi menarik. Apa saja hal-hal yang membuat pengandaian ini bisa jadi menarik?

Titanfall

Titanfall

Titanfall adalah sebuah game First Person Shooter (FPS) yang dibuat oleh Respawn Entertainment dan dipublikasikan oleh EA. Titanfall lebih dikenal sebagai multiplayer game, dengan sebuah single player story yang bisa dimainkan secara multiplayer. Dengan setting The Frontier sebagai medan perang, dimana perang berlangsung di planet-planet di luar area kebudayaan manusia.

Titanfall menghadirkan peperangan antara Interstellar Manufacturing Corporation (IMC) yang berhadapan dengan Frontier Militia. IMC adalah sebuah industri raksasa yang berbasis di Bumi. Mereka mengeksploitasi planet koloni untuk mengambil sumber daya alam dari planet-planet koloni. Hal ini menimbulkan perlawanan dari Frontier Militia, yang merupakan pasukan perlawanan dari pihak koloni, sehingga menciptakan perang sipil dari satu sistem ke sistem yang lain. Brigade paling tangguh dari Frontier Militia disebut dengan Marauder Corps, atau orang mengenal mereka sebagi M-COR

Dua hal yang krusial selain persenjataan di dunia Titanfall adalah Pilot dan Titan. Pilot adalah prajurit yang memiliki kemampuan mengendalikan Titan. Pilot harus menunggu sekitar dua menit sebelum Titan mereka tiba, sehingga saat mereka tidak mengendalikan Titan, mereka harus mampu menjadi prajurit. Para Pilot dilengkapi dengan jet pack, hal ini membuat mereka dapat membuat gerakan manuver untuk menguasai medan perang, sulit dibunuh, atau agar dapat merebut Titan yang ada. Pilot dibekali kemampuan manuver seperti parkour, sehingga dengan jet pack nya mereka bisa melakukan double jump, wall running, maupun wall hanging.

titanfall 00

Titan adalah mecha setinggi 20 kaki yang dibekali dengan persenjataan canggih, berperan sebagai persenjataan kelas berat. Persenjataan Titan bergantung pada chasis mereka, sehingga masing-masing chasis memiliki peran tersendiri dalam taktik perang. Titan mulai dipersiapkan ketika permainan mulai, dan akan tiba setelah permainan berjalan dua menit. Titan datang melalui udara seperti proses terjun payung. Proses penerjunan inilah yang diistilahkan sebagai “Titanfall”. Titan bisa memakai senjata mereka untuk menghancurkan lawan, namun juga bisa menginjak prajurit yang ada ataupun menarik paksa pilot yang ada dalam Titan.

titanfall 01

Attack on Titan

Shingeki-no-Kyojin

Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) adalah manga karangan Hajime Isayama yang ber-setting dark fantasy, dimana dikisahkan manusia di dunia dalam kondisi hampir punah ketika tiba-tiba Titan bermunculan 100 tahun yang lalu. Sisa-sisa umat manusia membangun pertahanan terakhir mereka berupa kota maha luas di tengah-tengah dataran luas. Kota ini memiliki tembok setinggi 50 meter yang mengelilingi seluruh kota sebagai penahan serangan Titan. Kota ini terbagi menjadi tiga lingkaran luar. Lingkaran terluar dan yang terluas adalah Wall Maria, 5 tahun yang lalu tembok ini berhasil ditembus oleh Titan Kolosal yang menyebabkan manusia terpukul ke Wall Rose, lingkaran kedua dari kota ini. Sedangkan di lingkaran terdalam terdapat Wall Sina dimana dalam tembok ini kerajaan paling makmur berdiri dihuni para pedagang dan kelompok elit. Di wilayah Wall Sina juga dijaga oleh Polisi Militer, dimana orang yang terpilih adalah orang yang dirasa paling mampu melawan Titan, namun justru ditempatkan jauh dari jangkauan Titan.

Pasukan yang paling agresif menyelidiki informasi Titan hingga keluar dinding adalah Pasukan Penyidik. Pasukan Penyidik adalah pasukan sukarela yang dibekali kemampuan militer dan bergerak manuver dengan 3D Maneuver Gear. 3D Maneuver Gear adalah sistem berupa pakaian terikat dilengkapi dengan kawat penggantung dan gas peluncur, agar prajurit dapat bergerak bebas di wilayah gedung atau pepohonan tinggi. Tujuannya adalah agar prajurit bisa menjadi umpan bagi Titan, melumpuhkan Titan dengan memotong sendi tubuh mereka, ataupun untuk membunuh Titan dengan bergerak ke punuk kepala Titan dan memotong bagian otak bawah Titan tersebut. Untuk kasus ekstrim, bahkan manuver gerak ini bertujuan untuk menangkap Titan hidup-hidup. Tubuh Titan yang tinggi bisa dijadikan medan manuver 3D Maneuver Gear, namun hal itu adalah taktik yang terlalu riskan untuk dilakukan.

attack on titan

Sedangkan Titan adalah manusia raksasa dengan tinggi bervariasi antara 3 meter hingga 60 meter. Pada umumnya Titan tidak memiliki kecerdasan, cenderung berburu manusia untuk dimakan. Secara anatomi, Titan berwujud manusia raksasa yang telanjang, namun tidak memiliki alat kelamin dan saluran pencernaan. Itulah yang menyebabkan manusia yang mereka makan selalu dimuntahkan kembali. Titan memiliki daya regenerasi tubuh yang tinggi, luka sobek atau bagian tubuh yang terputus akan pulih kembali dalam beberapa waktu. Titan memiliki kelemahan di bagian tengkuk punuk kepala mereka, jika terpotong, mereka akan kehilangan daya regenerasi yang membuat tubuh mereka mengeluarkan panas dan tubuhnya menguap. Pasukan Penyidik sering melakukan misi untuk meneliti mereka, karena belakangan diketahui ada berbagai jenis Titan yang memiliki kecerdasan dan kemampuan unik, bahkan beraksi dengan memiliki perannya masing-masing.

attack on titan 00

Kemiripan

Kemiripan dari Titanfall dan Attack on Titan adalah :

  • Mempunyai istilah Titan untuk sosok yang berbeda sama sekali. Di Titanfall, Titan adalah mecha yang memiliki persenjataan berat, sedangkan pada Attack on Titan, Titan adalah raksasa pemangsa manusia.
  • Maneuver Gear untuk bergerak bebas. Pada Titanfall, para Pilot menggunakan jet pack, sedangkan di Attack on Titan, para pasukan dilengkapi dengan 3D Maneuver Gear.
  • Setting utama pertempuran adalah di medan dengan bangunan atau pepohonan tinggi, sedangkan berada di dataran luas merupakan medan yang paling tidak menguntungkan.
  • Pada batasan tertentu, para Pilot dan Pasukan Penyidik memiliki kemampuan untuk “mengendalikan” Titan. Ada baiknya citizen mengikuti cerita manga Attack on Titan agar  memahami betapa rumitnya konsep “mengendalikan” Titan.

The Mixed Messed Up

Sekarang di bagian ini adalah pengandaian, bagaimana jika dunia Titanfall bersatu dengan dunia Attack on Titan? Bagaimana jika Titan yang ditunggu para Pilot dalam setiap misi, tiba-tiba yang hadir adalah Titan Kolosal? Tentunya hal ini akan menarik ketika para Pilot, dengan metode yang mirip dengan Pasukan Penyidik, bermanuver gerak untuk melumpuhkan Titan. Apalagi, Pilot ini dibekali persenjataan yang jauh lebih canggih daripada Pasukan Penyidik. Tentunya Kolosal Titan tidak akan semudah itu untuk dilumpuhkan. Tetap akan ada Pilot malang yang tertangkap dan dikunyah habis Titan Kolosal. Ataupun kesalahan kecil akan berakibat fatal bagi Pilot yang terhempas atau terinjak Titan Kolosal. Jangan lupa, Titan Kolosal juga memiliki pertahanan diri dengan kemampuan mengkristalkan tubuh.

Tapi menurut pendapat penulis, pihak Titanfall akan lebih unggul. Jangan lupa, Titan seperti Titan Kolosal bukan berarti bisa berada dalam wujud Titan dalam waktu lama. Dengan keunggulan persenjataan dan taktikal, pihak Pilot sepertinya akan lebih unggul dalam melumpuhkan Titan Kolosal saat ia mulai kehabisan tenaga.

Ataupun jika keadaan sebaliknya, sepertinya Pasukan Penyelidik akan kalah persenjataan jika harus menghadapi Titan (mecha) yang berteknologi tinggi. Melakukan serangan frontal akan menjadi taktik yang gegabah. Ahli strategi seperti Hanze dan Erwin harus berpikir keras menghadapi Titan ini, walaupun Pasukan elit seperti Levi bisa jadi akan melakukan perlawanan.

Jika citizen ingin melihat simulasi pengandaian ini, bisa citizen lihat di video berikut. Tentunya di video ini hanya berupa lelucon dari kreativitas pembuat video ini :D

[youtube id=”BzJ7ysJ7CDU”]

Jika citizen mempunyai skenario tersendiri, silahkan di share di sini ya!

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin