Pengguna WhatsApp Mencapai 500 Juta, Separuh Dari Para Facebooker Mobile

Pasca dibeli Facebook pertengahan Februari 2014 lalu, WhatsApp mengalami peningkatan pengguna aktif. Sampai kemarin mereka mengumumkan jika jumlah user aktifnya sudah mencapai setengah milyar!

1398223135000

Facebook-WhatsApp-4

Pertengahan Februari 2014 lalu Facebook mengumumkan membeli aplikasi instant messaging WhatsApp Messenger senilai Rp. 224 trilyun. Nilai yang sangat besar, mengingat tahun 2012 lalu mereka hanya membeli Instagram dengan nilai sekitar Rp, 12 trilyun saja. Dan ketika ditanya untuk apa, penulis sendiri hanya bisa menyimpulkannya berdasarkan fakta terbaru yang dirilis WhatsApp kemarin. Mereka berhasil mencapai setengah milyar pengguna aktif!

Jumlah 500 juta tersebut sudah meningkat hingga 50 juta dari klaim terakhir ketika Facebook membeli WhatsApp Februari 2014 lalu, atau user sebanyak itu bisa dijaring hanya dalam waktu 2 bulan saja! Per akhir Januari 2014 lalu, Facebook mengumumkan jika pengguna aktif mereka mencapai 1.23 milyar. Dan 1 milyar diantaranya disebutkan lebih banyak mengakses Facebook melalui perangkat mobile. Tidak heran mulai tahun 2012 lalu Facebook pun mulai beralih dari fokus mengembangkan software desktop ke mobile.

Dengan aplikasi instant messaging mobile WhatsApp mencapai 500 juta pengguna aktif, atau separuh dari keseluruhan pengguna aktif Facebook yang mengakses aplikasi tersebut secara mobile, sudah cukup menjadi alasan yang jelas kenapa Facebook sendiri mau mengeluarkan dana yang sangat besar untuk mendapatkannya. Ratusan juga pengguna, yang memberi peluang mudahnya arus komunikasi terjalin, dan banyak juga pengguna WhatsApp berada di wilayah dimana penetrasi Facebook sendiri tidak terlalu besar. WhatsApp juga menyebutkan statistik lainnya, seperti lebih dari 700 juta foto dan 100 juta video dibagikan setiap harinya.

Menurut WhatsApp, negara-negara yang berkontribusi besar dalam penambahan tersebut seperti Meksiko, Brasil, India dan Rusia. Khususnya di Rusia, penambahan besar pasca akuisisi oleh Facebook tersebut juga mengejutkan, mengungat di sana pengguna Facebook terbilang kecil, menurut laporan The Verge, hanya sekitar 8 juta user saja, dibandingkan media sosial lainnya di Rusia, VK yang mencapai 50 juta pengguna. Sedangkan untuk tiga negara lainnya, Facebook masih mendominasi. Terhitung di Brasil ada 64.6 juta user, di India dengan 62.6 juta, dan Meksiko dengan 40.2 juta.

Sumber: WhatsApp

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.