LG L Series III Diluncurkan di Indonesia, Makin Lengkap Dengan LG L80

Minggu lalu LG Mobile Indonesia meluncurkan L Series III di Indonesia. Ternyata di sana bukan hanya 3 anggotanya, ada L Series L80 juga disebut-sebut, dan menjadi L Series III dengan dimensi layar terbesar.

1398671810000

LG-L80-10

LG mengkonfirmasikan L Series III selama Mobile World Congress 2014 pertengahan Februari 2014 lalu. Saat itu yang tertulis masuk daftar adalah L90, L70, dan L40, yang menyasar untuk pasar menengah hingga bawah. Namun LG tidak segan memasukkan fitur kelas atasnya untuk L Series III tersebut. Selain Knock On ala LG G2, juga langsung menjalankan Android 4.4 KitKat. Varian tertingginya, L90 sudah eksis di beberapa negara Eropa sejak Maret kemarin, dan di Indonesia pun ketiganya juga baru diluncurkan minggu lalu. Namun yang menjadi tanda tanya, bersamaan dengan peluncuran ketiga L Series III tersebut, LG Mobile Indonesia juga menyebutkan L Series III lainnya, yaitu LG L80, yang juga ditawarkan sebagai smartphone dual SIM.

Diantara L Series III, hanya L80 saja yang bentuk tubuhnya terlihat lebih mengotak dibandingkan L40, L70 dan L90. Dan karena dimensi layar, jelas ukurannya menjadi yang terbesar.

Diantara L Series III, hanya L80 saja yang bentuk tubuhnya terlihat lebih mengotak dibandingkan L40, L70 dan L90. Dan karena dimensi layar, jelas ukurannya menjadi yang terbesar.

Detail spesifikasi dan fitur ketiga L Series III sudah kami tuliskan melalui artikel kami sebelumnya. Untuk L80, yang bisa kita duga dari angka “80” pada namanya, diposisikan di antara L70 dan L90. Keseluruhan fiturnya sama, namun yang menarik di sini justru L80 ini yang mengajukan dimensi layar terbesar. Bidangnya 5-inchi, namun dengan resolusi WVGA atau 480 x 800-pixel, atau justru tidak serapat L90 yang resolusinya qHD 540 x 960-pixel. Prosesornya juga hanya dual-core, dengan kecepatan 1.2 GHz, atau setara dengan L70.

LG-L80-11

Seperti saudaranya yang lain, langsung menjalankan Android 4.4 KitKat, dan yang paling penulis sukai, membawa fitur Knock ON untuk membangunkan L80 dalam kondisi standby dengan dua kali sentuhan pada layar. Dan juga seperti L Series III lainnya, yang juga diterapkan pada LG G Pro 2, fitur yang oleh LG disebut Knock Code, opsi kustomisasi baru untuk membangunkan smartphone ini dari kondisi standby dengan beberapa kali sentuhan pada layar, dan menghasilkan 80 ribu kombinasi.

LG-L80-12

LG L80 yang desain tubuhnya lebih mengotak. Perhatikan juga model speaker-nya di atas layar, yang berbeda dibandingkan L Series III lainnya.

Fitur lainnya, kamera utamanya 5-megapixel, dipadukan kamera sekunder VGA, kapasitas baterai setara L90, yaitu 2,540mAh, serta satu fitur unik khusus tipe ini, yang disebut Plug & Pop. Fitur tersebut dikatakan unik, karena fitur ini membuat L80 memiliki intuisi untuk merekomendasikan beberapa fitur yang dapat diakses setiap kali pengguna menghubungkan L80 dengan earphone ataupun kabel data. Di bawah ini beberapa foto live LG L80 selama acara peluncurannya minggu lalu.

Jika L40, L70 dan L90 oleh LG Indonesia direncanakan mulai ditawarkan akhir April 2014 ini di Indonesia dengan perkiraan harga mulai Rp. 1 jutaan hingga Rp. 2,9 jutaan, maka untuk L80, diprediksi akan hadir bulan Mei 2014, dengan perkiraan harga Rp. 2,5 jutaan. Belum diketahui apakah LG Indonesia juga akan menyediakan varian single SIM-nya. Namun seperti L Series lainnya, untuk yang single-SIM akan memiliki tombol fisik di bawah layar, tidak hanya empat tombol capacitive.

Spesifikasi LG L80 Dual

  • Layar IPS 5-inchi 480 x 800-pixel, 16 juta warna, capacitive multi-touch
  • Prosesor dual-core 1.2 GHz
  • Android 4.4 KitKat
  • Dual SIM dual standby, dengan tombol khusus untuk berganti SIM
  • RAM 1GB, internal storage 4GB, bisa diperbesar dengan micro SD hingga 32GB
  • Koneksi data 3G HSPA+ (SIM 1 saja), koneksi lokal Wi-Fi 802.11 b/g/n/ (Wi-Fi hotspot, Wi-Fi Direct, Dual Band, DLNA), Bluetooth 4.0 (dengan A2DP, LE, EDR), dan GPS dengan A-GPS
  • Radio FM
  • Sensor proximity, accelerometer dan compass
  • Dimensi 131.6 x 66 x 9.7-mm, berat 140-gram
  • Baterai 2,540-mAh
  • Pilihan warna hitam dan putih

Seperti yang penulis sebutkan di atas, L40, L70 dan L90 memiliki bentuk tubuh yang nyaris sama, hanya dibedakan pada ukurannya saja, karena perbedaan dimensi layar. Namun keseluruhan style desainnya sama. Untuk mengetahui lebih dekat seperti apa style L Series III ini, bisa kalian lihat melalui galeri gambar L70 di bawah.

[cb type=”company”]LG[/cb]

Sumber: Facebook LG Indonesia, Chip

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.