Developer Monument Valley Perlihatkan Wujud Virtual Reality Dalam Samsung Gear VR

Gear VR setidaknya baru muncul akhir tahun, tidak dirilis bersamaan dengan Galaxy Note 4.

1412754997000

Samsung-Gear-VR-2

Salah satu aksesoris Galaxy Note 4 yang disiapkan Samsung untuk para gamer adalah Gear VR. Headset virtual reality tersebut saat ini paling ditunggu oleh para gamer yang penasaran, bagaimana Samsung menghadirkan solusi pengalaman gaming baru virtual reality secara mobile melalui kombinasi Galaxy Note 4 dan Gear VR. Walaupun harga keduanya jika digabung memang sangat tinggi (baca: Siapkan Duit Rp. 12 Juta Untuk Mainkan Game Virtual Reality Eksklusif Dari Samsung), penulis yakin tidak akan menyurutkan animo, mengingat virtual reality saat ini sudah digadang-gadang menjadi “the next big thing” dalam dunia game.

Land's-End-1

Salah satu game yang sudah kami tuliskan mendukung Gear VR adalah Land’s End, sebuah game VR yang sangat cantik, didesain khusus untuk Gear VR. Game ini dikembangkan oleh USTwo, yang pasti kalian kenali jika doyan memainkan game mobile, karena studio tersebut yang menghadirkan salah satu game mobile terbaik dan banyak mendapatkan pengakuan tahun ini, Monument Valley. Sebelumnya memang tidak banyak detail diungkapkan mengenai Land’s End, selain satu quote bahwa game tersebut akan menjadi sebuah ”perjalanan surealis ke sebuah kepulauan di dunia yang terlupakan.” Baru kemarin kami mendapatkan informasi baru, sekaligus trailer pertamanya.

Land’s End by ustwogames

[youtube id=”VMba4-jvSbE”]

Seperti Monument Valley, Land’s End merupakan sebuah puzzle yang mengambil setting di sebuah lautan mistis dimana terdapat banyak pulau-pulau kecil tersebar di sana. Kendali untuk memainkannya juga disebutkan seakan seperti telepati, dimana kalian hanya perlu menengok saja ke sebuah arah untuk berjalan menuju ke sana. Developer menjanjikan kontrol yang intuitif untuk mendapatkan pengalaman terbari virtual reality langsung di depan mata kalian.

Land's-End-2

Jikia Galaxy Note 4 yang sejauh ini menjadi perangkat standar yang bisa ditandemkan dengan Gear VR sudah dipastikan kapan perilisannya, maka untuk Gear VR ini masih belum pasti. Ada rumor yang menyebutkan jika Samsung bakal merilisnya di Korea Selatan pada 1 Desember mendatng, yang sepertinya cukup pas karena menjelang liburan akhir tahun, dengan harga yang diperkirakan mencapai 200,000 Won Korea, atau sekitar Rp. 2,3 jutaan. Dengan Galaxy Note 4 dibanderol Rp. 9,499,000 (baca: Cari Tahu Di Sini, Mana yang Beri Cashback Terbesar Untuk Galaxy Note 4!), maka seharusnya kalian membutuhkan dana setidaknya Rp. 12 juta untuk bisa merasakan sensasi VR melalui perangkat mobile.

Land's-End-3

Untungnya, Oculus VR yang juga mengembangkan perangkat headset VR lainnya, Oculus Rift, bakal bekerja sama dengan Samsung membuat sebuah marketplace khusus Oculus Platform untuk aplikasi dan game VR yang bisa diakses Gear VR (selain juga Oculus Rift). Dan kabarnya, karena platform tersebut rencananya baru diluncurkan tahun depan, sementara Gear VR sudah eksis akhir tahun ini, Oculus VR belum menentukan metode pembayaran untuk aplikasi tersebut. Bisa saja, game VR yang mereka tawarkan nanti awalnya justru gratisan. Sementara ini yang sudah diketahui, game yang dikembangkan oleh Oculus VR disebut sebagai VR Quest. Sebuah mobile dungeon crawler dengan pengaruh RPG klasik seperti serial Zelda.

Sneak peek of Gear VR Content

[youtube id=”G4LHMBVZ340″]

Samsung-Gear-VR-1

Sedikit review spesifikasi Samsung Gear VR, headset ini memiliki Optical Lens dengan 96 degree Field of View, accelerometer, pyrometer, magnetic dan proximity sensors, 55 ~ 71 mm Interpupillary Distance Coverage, TouchPad, Back Button, Volume Key, dan port microUSB 1.1 yang bakal menghubungkannya dengan Galaxy Note 4. Ya, sejauh ini headset ini hanya akan bekerja dengan Galaxy Note 4!

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.