Benarkah Seseorang Akan Mimisan Jika TERANGSANG?

Kita sering menemuinya dalam Anime, bagaimana dengan dunia nyata?

mimisan


CONTINUE READING BELOW

Inilah 5 Anggapan “Sesat” Cewek Jepang Menurut Orang Indonesia!

Menurutmu, bagaimana sih cewek Jepang itu? Well, pada kenyataannya para cewek Jepang tidaklah seperti yang kebanyakan orang Indonesia bayangkan!


Setiap fans anime dan manga –atau bahasa tren-nya: otaku– pasti sudah akrab dengan adegan dimana suatu karakter tiba-tiba menyemburkan darah dari hidung mereka a.k.a. mimisan ketika mereka terangsang secara seksual. Saat seorang wajah laki-laki  tiba-tiba didekatkan pada dada karakter perempuan, atau karakter perempuan yang tiba-tiba membayangkan dua orang laki-laki saling ‘berpegangan’ satu sama lain, maka kejadian berikutnya akan sama: wajah mereka akan merona merah dan kemudian mimisan.

Ide ini muncul dari ide bahwa ketika seseorang terangsang secara seksual maka tekanan darah mereka akan naik dan akhirnya menyebabkan mimisan. Memang benar bahwa rangsangan dan rasa malu bisa menyebabkan wajah kita merona merah, tapi bagaimana dengan mimisan?

NicoNico News mendatangi seorang dokter pro untuk mencari tahu apakah fenomena ini adalah suatu fakta, ataukah hanya sebuah mitos belaka.

Dr Kōichiro Kanaya, seorang spesialis THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorakan) dari Klinik Akeyama, Prefektur Yamaguchi, menyampaikan pendapatnya mengenai mimisan yang disebabkan oleh rangsangan seksual.

“Memang benar bahwa tekanan darah meningkat saat kita terangsang secara seksual, banyak sekali bukti-buktinya, tetapi tidakada hubungannya antara rangsangan seksual dan mimisan. Mimisan biasanya terjadi karena kerusakan pada septum. Karena bagian dalam tubuh kita adalah bagian yang paling rapuh, saya bisa mengerti kenapa muncul teori bahwa meningkatnya tekanan darah yang disebabkan oleh rangsangan seksual menyebabkan mimisan. Tetapi, tubuh manusia terbuat dari berbagai macam benda yang lembut dan fleksibel. Jadi, saya juga tidak bisa bilang bahwa teori ini sepenuhnya salah.”

master roshi dragon ball


CONTINUE READING BELOW


Saya masih ingat ketika pertama kali membaca manga Dragon Ball dan sering melihat Kamesennin/Mutenroshi –guru Son Goku– gampang sekali mimisan setiap kali ada Bulma. Saya sering bertanya-tanya, kok bisa ya sampai mimisan begitu? Yah, terima kasih kepada Dr. Kanayama karena telah menjawab pertanyaan saya.

Pertanyaan saya sekarang, kenapa adegan mimisan ini sering sekali terjadi dalam manga atau anime? Dr. Kanamaya memiliki teori mengenai hal tersebut:

“Dulu, seorang pegulat pro sering kali secara sengaja sedikit mengiris dahi mereka untuk meningkatkan tensi dan atmosfer pertandingan. Saya hanya berpikir kalau mungkin saja ide dari rangsangan yang ekstrem digambarkan dengan mimisan, dan sekarang ide tersebut diterima sebagai metode untuk mewakili perasaan tersebut.”

Jadi, mimisan tersebut untuk memberikan penekanan bahwa rangsangan itu begitu luar biasa? Yah, alasan yang bisa diterima.

Sumber: NicoNico News (via RocketNews)

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.