Tongsis, Dari Tidak Berguna, Hingga Semua Punya

Karena tongsis adalah kebutuhan anak gaul masa kini!

1423465246000

PENEMU DAN PATEN


Jika merunut pada wikipedia [baca: [outbound_link text=”selfie stick” link=”http://en.wikipedia.org/wiki/Selfie_stick”], tongsis pertama kali muncul di Jepang pada tahun 1983 (inilah yang nantinya masuk dalam buku 101 Japan Un-Useless Invention). Saat itu sebuah alat yang disebut sebagai “telescopic extender” dipatenkan, mengingat sebuah kamera “Minolta Disc-7” memiliki lensa dan cermin yang memungkinkan melakukan selfie.

tongsis (13)

Catatan paten mengenai tongsis juga menyebutkan bahwa  Wayne Fromm asal Kanada merupakan pendaftar paten tongsis. Konon pada tahun 2002, Fromm bersama putrinya Sage berlibur ke Florence, Italia. Mereka mengalami masalah klasik turis, yaitu ingin bisa memotret diri di tempat terkenal secara mandiri. Pada waktu itu, keadaan lokasi sedang padat, dan mereka merasa tidak enak meminta bantuan turis lain.

tongsis (9)

Fromm memang suka berinovasi. Maka sekembalinya ke Toronto, Kanada, ia mulai berpikir untuk menciptakan perangkat yang bisa membantu turis memotret diri sendiri. Ia mengembangkat tongkat yang bisa meletakkan kamera untuk memotret diri sendiri, maka akhirnya pada tahun 2005, dia mendaftarkan paten sebuah perangkat tongsis yang dinamakannya Quik Pod.

Konon orang Indonesia, Anindito Respati Giyardani juga mengklaim sebagai penemu tongsis, tapi menurut kabar terakhir, pendaftaran paten tongsis yang ia kembangkan tidak memiliki kelanjutan yang jelas.

 


DOSA-DOSA TONGSIS


Saat ini tongsis memang menjadi trend di masyarakat. Hanya saja, seberapa manfaatnya penemuan, kadang juga ada penyalahgunaannya. Begitu juga dengan tongsis, tidak luput dari penyalahgunaan.

WARNING: JANGAN DITIRU!

Contohnya adalah penggunaan tongsis untuk -maaf- mengintip celana dalam perempuan. Saya tidak perlu menjelaskannya, beberapa gambar ini cukup memperlihatkan betapa tidak sopannya oknum-oknum dalam menggunakan tongsis.

tongsis (5)

tongsis (2)

tongsis (7)

Kalau ini sih bukan penyalahgunaan, tapi penggunaan yang salah 


KINI, SEMUA MEMAKAI TONGSIS


Bagaimana pun juga, tongsis adalah fenomena pergaulan pada masa kini. Semua orang memakainya, bahkan mungkin saja kamu juga memilikinya!

tongsis (3)

Selebritis tidak luput dari fenomena tongsis

selfie earth 2

Green Lantern bahkan pakai kekuatan cincinnya untuk bikin tongsis!

Dan pada pengembangannya, tongsis sepertinya akan memiliki fungsi lain yang bermanfaat. Contohnya adalah kasus berikut, yang terlihat ketika berita kasus KPK vs POLRI sedang marak-maraknya.

tongsis (10)

Di tengah berkecamuknya dunia perpolitikan, wartawan kita bisa-bisanya kreatif memanfaatkan tongsis

Tentunya masih akan ada lagi nilai lebih dan manfaat lain dari tongsis. Seiring berjalannya waktu, hal ini pun akan semakin menarik untuk diperhatikan.

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin