Cewek Bernama Asuna Ini Ternyata… ANDROID?!

Kuratas, Gundam, dan sekarang Android yang mirip cewek asli. Japan, I’m coming…!!

1423733451000

asuna 4

Negeri Jepang tidak pernah berhenti melakukan terobosan dalam teknologi. Sebelumnya, Jepang telah berhasil membuat Kuratas, sebuah robot mecha setinggi tiga meter yang mampu bergerak hingga 10 km/jam. Uniknya, mecha ini dijual di Amazon Jepang dengan harga 12 Miliar. [Baca: Kuratas, Mecha 12 Miliar Ini Sudah Dijual di Amazon Jepang!]

Nah, kali ini, Jepang juga menciptakan sebuah robot –hanya saja bukan Mecha, melainkan sebuah robot android. Robot android ini diberi nama Asuna. Asuna diperkenalkan dalam Winter Wonder Festival 2015 yang dihelat 8 Februari di Makuhari Convention Center, kota Chiba.

asunaasuna 3Mendengar kata android, mungkin pertama kali yang terlintas di dalam kepala kita adalah sosok “robot” yang menakutkan. Well, pada kenyataannya android yang satu ini sangat realistik, dan bahkan mirip sekali dengan idol-idol yang biasa kita temui sehari-hari.

asuna 6

Asuna full-body

Menurut profil ofisial: Asuna adalah robot cantik berumur 15 tahun yang “lahir” di Tokyo. Dia memiliki tinggi 155 cm dan berat 43 kg. (Note: Jangan tanya ukuran BWH-nya ya?! :p)

asuna 7

Kira-kira segini kalau Asuna disandingkan dengan manusia

Mungkin beberapa dari kamu pernah melihat robot android yang mirip dengan manusia sebelumnya. Akan tetapi, hal yang membedakan Asuna dengan android lainnya adalah pergerakannya. Cara bergerak Asuna begitu natural, dan hampir mirip manusia asli. Terlebih lagi, ekspresi wajahnya yang terlihat begitu nyata juga menjadi daya tarik sendiri. Berikut ini videonya:

[youtube_embed id=”T3fWhG-TM7A”]

detail asuna asuna ekspresi 2 asuna ekspresi 1Oh, dan dalam booth yang menampilkan Asuna, terdapat pula sampel salah satu “bagian tubuh”-nya. Bukan sesuatu yang “H”, bagian tubuhnya ini adalah: telinga. Menurut salah satu reporter disana, telinga Asuna ini, meskipun tidak memiliki kehangatan, terasa begitu lembut dan lunak –mirip dengan telinga asli seorang gadis.

asuna telinga

Telinga Asuna

Melihat Asuna, bukannya tidak mungkin nanti akan ada banyak idol robot yang muncul. Hei, siapa tahu sebentar lagi vocaloid seperti Hatsune Miku juga akan dibuat android? Atau mungkin akan banyak sekali karakter anime yang dibuat android 3D? Wah, bisa-bisa populasi manusia menurun nih gara-gara para laki-laki lebih tertarik dengan ‘waifu’ android mereka. Hehe… [Baca Juga: Ke-‘Apatis’-an Orang Jepang Untuk Berumah Tangga Mengancam Ekonomi Global]

Sayangnya, tidak ada informasi yang menyebutkan kalau android ini dijual. Wah, kalau ada, mungkin saya bakalan beli satu…. #ups

Baca Juga: Membangun Gundam, Cara Ampuh Militer Jepang Melawan ISIS

Sumber: Rocketnews

Share this article

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.