Bikin Game dan Aplikasi Android, Buruh Panggul Ini “Digaji” Google Puluhan Juta Rupiah!

Dengan modal cekak, seorang buruh panggul pelabuhan di Makassar ini bisa mendapatkan “gaji” puluhan juta rupiah dari game dan aplikasi Android! Bagaimana kisahnya?

1440586807000

developer game dan aplikasi android

Dengan segala keterbatasan dan rintangannya, seorang buruh panggul pelabuhan di Makassar ini bisa mendapatkan “gaji” puluhan juta rupiah dari game dan aplikasi Android yang dikembangkan!

CONTINUE READING BELOW

Jual Sepeda Demi Bermain DotA, Sumail Pemuda 15 Tahun Kini Menjadi Milyuner

Dota Sumail Jadi Milioner EG Evil Geniuses Peter Ppd Dagger Clinton Fear Loomis (carry), Syed Sumail Hassan), Saahil Universe Arora Kurtis Aui_2000


Kesuksesan akan menghampiri siapa saja tanpa pandang bulu, asal orang yang bersangkutan mau berusaha keras dan tentu saja berdoa. Hal ini dialami oleh seorang developer game dan aplikasi Android dari Makassar yang memiliki nama Henry Jhie, yang berhasil mendapatkan kesuksesan dari game dan aplikasi Android yang dia kembangkan. Dan kini, Henry sudah mendapatkan penghasilan US $1000 atau sekitar Rp 13 juta per bulan dari Google!

Kisah inspiratif ini berawal dari salah satu posting-nya di Facebook, dimana dia mengisahkan bagaimana perjuangannya untuk mendapatkan US $1000 pertama dari Google lewat game dan aplikasi mobile. Awalnya, Henry adalah seorang pedagang buku dan kini masih berstatus buruh panggul sebuah pelabuhan di Makassar. Dengan berbagai rintangan dan keterbatasan yang dihadapi mulai dari kekurangan finansial (bahkan awalnya dia hanya menggunakan laptop dengan RAM 1 GB untuk membuat aplikasi), pembagian waktu dengan bekerja, hingga kurangnya percaya diri, 10 bulan lalu Henry pun mulai memantapkan niat untuk belajar membuat game dan aplikasi Android.

[embed_FB urlpost=”https://www.facebook.com/henry.mhoecks/posts/811403515646976″ width=”600″]

developer game dan aplikasi android

Untuk membeli akun di Play Store pun, Henry menyisihkan sedikit demi sedikit upah yang didapat dari pekerjaannya sebagai buruh panggul. Sepulang kerja, dia menyempatkan waktu empat hingga enam jam untuk belajar membuat aplikasi dan game dengan dukungan beberapa developer yang tergabung di komunitas Android Developer Makassar. Hasilnya pun cukup memuaskan, dimana bulan ini Henry mulai mendapatkan “gaji” pertamanya dari Google, yang senilai Rp 13 juta tersebut.

Sontak, posting di Facebook tersebut menyedot perhatian para netizen untuk berkomentar. Ada yang salut dengan usaha dan kerja keras Henry, ada juga yang “nyinyir” dan menganggap bahwa status dari Henry ini hanyalah sekedar pencitraan saja. Penulis pun sempat menelusuri beberapa komentar tersebut, dan menemukan salah satu akun Play Store dari Henry yang ternyata bernama Educraft. Di Google Play Store, Educraft baru memiliki dua aplikasi edukasi saja, yaitu [outbound_link text=”Belajar Huruf Angka Balita” link=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hydhkferhjoptyuorfdsa”] dan [outbound_link text=”Kartun Huruf Angka” link=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kartunbelajarhuruf”]. Total download-nya pun juga dibilang cukup bagus, dimana Belajar Huruf Angka Balita sudah mendapatkan download di kisaran 100.000 hingga 500.000.

game dan aplikasi android

Salah satu screenshot Belajar Huruf Angka Balita

Terlepas dari status ini benar atau rekayasa, pencitraan atau bukan, namun Henry memiliki misi untuk memberikan inspirasi bagi para developer game dan aplikasi Android lain untuk lebih semangat dalam berusaha. Jika dia dengan segala keterbatasannya bisa mendapatkan “gaji” lebih dari Rp 10 juta dari game dan aplikasi yang dibuat, maka seharusnya mereka yang memiliki pendidikan yang lebih tinggi, finansial yang cukup dan fasilitas yang lebih memadai bisa juga mencapainya, atau bahkan lebih baik. Jadi, jangan pernah putus asa dalam menggapai tujuan ya!

[outbound_link text=”Sumber” link=”https://www.facebook.com/henry.mhoecks/posts/811403515646976″]

Share this article

TENTANG PENULIS
Ferry

Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.