Rich Chigga, Rapper Muda Indonesia yang Banyak Mendapat Pujian Rapper-Rapper Kondang Amerika

Video rap-nya viral, Rich Chigga pun menjadi sorotan dunia

1468980054000

rich chigga

Masih berusia 16 tahun, bakat nge-rap Rich Chigga sudah diakui oleh rapper-rapper kondang Amerika Serikat!

Dari segala jenis musik yang ada di Indonesia, mungkin genre musik Rap atau Hiphop kurang diminati oleh masyarakat. Meskipun begitu, Indonesia juga masih bisa melahirkan beberapa musisi Rap yang cukup terkenal dan mampu menarik perhatian penikmat musik tanah air seperti Iwa K, Soul ID, Fade to Black sampai Saykoji. Nah baru-baru ini genre musik rap kembali mendapat perhatian setelah video rapper lokal yang bernama Rich Chigga menjadi viral di YouTube. Sejak diunggah Februari lalu, video tersebut telah ditonton lebih dari 6 juta kali!

Sebenarnya nama Rich Chigga merupaka alter ego dari Brian Emanuel. Bagi kamu yang sering bermain Vine, mungkin sudah tidak asing dengan namanya. Brian memang cukup dikenal di vine karena sering mengunggah video-video kocak. Namun gaya komedi Brian Emanuel langsung hilang ketika dirinya berubah menjadi Rich Chigga dan bernyanyi ala gangster.

Dalam videonya, Rich Chigga yang masih berusia 16 tahun membawakan lagu rap yang berjudul Dat $tick dengan gaya ala gangster. Namun pakaian yang dikenakan Rich Chigga malah jauh dari kesan menyeramkan seorang gangster. Dirinya hanya memakai celana pendek dengan baju polo berwarna pink dan ditambah tas pinggang khas tukang kredit. Tapi karena keunikannya itulah video Dat $tick menjadi banyak perbincangan netizen di dunia maya.

Bahkan video ini semakin populer setelah dipuji oleh beberapa rapper kondang asal Amerika Serikat seperti Ghostface Killah, Desiigner dan Tory Lanez. Ghostface Killah sendiri malah menawarkan diri untuk menjadi produser dan me-remix lagu-lagu Rich Chigga. Sontak nama Rich Chigga pun semakin dikenal di Amerika dan digadang-gadang sebagai musisi rap Indonesia selanjutnya.

Meskipun dalam videonya Rich Chigga terlihat sangat fasih dalam berbicara dan menggunakan istilah ala gangster, ternyata dia belum pernah ke Amerika serikat. Malah ia belajar secara otodidak bahasa ala gangster tersebut. “Saya belajar bahasa Inggris dari nonton video di YouTube dan latihan sendiri, karena saya sering menghabiskan waktu sendiri, itu berjalan sekitar empat tahun,” Ujar Rich.

Berkat video Dat $tick yang mengguncang jagat internet itu, cowok yang masih berusia 16 tahun tersebut diundang tampil di We The Fest 2016 Agustus nanti.

Rich Chigga atau Brian sendiri menyatakan bahwa dirinya tidak pandai untuk membuat lagu rap. “Saya sebenarnya tidak berbakat menulis lagu. Saya butuh waktu seminggu untuk menulis lagu,” kata Brian. Tapi meskipun begitu, ternyata bakat Brian tidak terbuang sia-sia. Dalam sebuah wawancara dengan Shinden App, Brian mengatakan telah di kontrak oleh label rekaman yang menaungi rapper lain seperti Keith Ape dari Korea dan Father dari AS.

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca