RPG Keren Ini Terinspirasi FF XV dan Dikerjakan Seorang Diri Selama Dua Tahun!

Mulai dari grafis hingga programming semua dilakukan oleh seorang diri. Dan hasilnya gak kalah keren dibandingkan FF XV!

1470020747000

Lost Soul Aside

Dua tahun berkarya seorang diri, developer indie asal Korea ini akhirnya menyelesaikan prototype game Lost Soul Aside yang mirip FF XV!

Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan Square Enix untuk membuat Final Fantasy (FF) XV yang sudah memakan waktu satu dekade? Berapa orang developer yang sudah terlibat dalam pengembangannya? Mungkin sudah lebih dari puluhan juta dolar sudah dikeluarkan dan ratusan orang yang terlibat dalam pengembangan game ini. Ternyata, seorang developer indie asal Korea, Yang Bing bisa membuat proyek yang nyaris mirip dengan sumber daya hanya satu orang saja!

Lost Soul Aside

Yap, perkenalkan Lost Soul Aside, game dengan kualitas grafis dan juga gameplay yang sangat mirip FF XV. Game ini lahir dari tangan satu orang developer saja, Yang Bing itu sendiri! Yang Bing sendirilah yang menggarap semua elemen dalam Lost Soul Aside ini, mulai dari menggambar concept art, programming gameplay, hingga ke musik-musiknya. Setelah dua tahun mengembangkan Lost Soul Aside ini, Yang Bing pun akhirnya melepas trailer perdana (yang juga dibuatnya seorang diri) di bawah ini.

Sangat mirip FF XV bukan?

Tidak mengherankan jika Lost Soul Aside memang sangat mirip FF XV, karena Yang Bing mengaku memang menjadikan game besutan Square Enix tersebut sebagai inspirasinya. Kisah pengembangan game ini sendiri dimulai saat Yang Bing melihat trailer FF XV dua tahun lalu. Sejak saat itu, dia pun sangat antusias dan bermimpi suatu saat bisa membuat game seperti itu. Nah, mimpi tersebut akhirnya coba direalisasikan dengan menggunakan kekuatan Unreal Engine 4, dan hasilnya pun sangat menakjubkan seperti yang kamu lihat di trailer.

Lost Soul Aside

Meskipun sudah terlihat sangat menakjubkan, namun Yang Bing mengatakan bahwa game ini baru masuk tahap prototype. Bayangkan, dua tahun bekerja seorang diri hanya untuk membuat prototype! Banyak gamer yang menyarankan agar Yang Bing menempuh jalur crowdfunding. Tapi Yang Bing dengan santai menolak saran tersebut, karena memang dia masih belum yakin apakah bisa menyelesaikan proyek ini. Dibaca dari status-status yang dituliskan di Twitter, tampak Yang Bing terlihat rendah hati dalam menyikapi booming-nya proyek yang tengah digarapnya ini.

Berbicara mengenai Lost Soul Aside, game ini mengisahkan seorang protagonis bernama Kazer yang merupakan pemimpin dari Knight Templar. Sepuluh tahun sebelumnya, ada peperangan yang terjadi di antara dua kerajaan besar. Perang itu memang bisa diakhiri, akan tetapi masih ada monster-monster yang berkeliaran dan membunuh penduduk. Untuk itu, Kazer pun berjuang bersama seorang monster untuk mengembalikan kehidupan di kerajaan tersebut kembali.

Lost Soul Aside

Seperti yang sudah dituliskan di awal, Yang Bing sendiri masih belum yakin apakah dia bisa menyelesaikan prototype yang dibuatnya ini dalam kurun waktu dua tahun ke depan. Karena dia mengerjakannya seorang diri, mungkin akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan proyek ini hingga akhirnya bisa dirilis di pasaran. Dia pun terkesan tidak terlalu tergesa-gesa dalam menyelesaikannya. Banyak juga developer yang menawarkan bantuan untuk mengembangkan secara bersama-sama, namun Yang Bing menolaknya dengan alasan dia masih belum tahu di bagian mana mereka bisa membantu pengembangan game ini.

Lost Soul Aside

Meskipun kelanjutan proyek ini masih samar-samar dan mungkin tidak akan selesai dalam kurun waktu dua atau tiga tahun mendatang, namun tentu banyak gamer di luar sana yang menantikan kehadiran Lost Soul Aside ini. Bagaimana denganmu?

Sumber: DS/Twitter

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.