Di Akhir Juli, Penjualan Komik DC Kalahkan Marvel!

Walau Marvel menyajikan event besar Civil War II, DC Comics tetap membantai rival mereka dalam penjualan komik! Apa sebetulnya yang terjadi?

1470139228000

Penjualan Komik DC Kalahkan Marvel - Superman Hulk

Hal ini mungkin tak terbayangkan di tahun 2015, tapi di akhir Juli, penjualan komik DC kalahkan Marvel dengan mutlak! Apa yang terjadi?

Situs [outbound_link text=”Bleeding Cool” link=”http://www.bleedingcool.com/2016/07/31/bleeding-cool-bestseller-list-july-31st-2016-dc-rebirth-slaughters-civil-war-ii/”] mengumpulkan data penjualan komik Amerika untuk periode akhir Juli. Di sini diperlihatkan kalau penjualan komik DC kalahkan Marvel dengan sangat, sangat brutal. Seperti apa? Lihat saja sepuluh komik terlaris ini.

  • 1. Titans #1
  • 2. Flash #3
  • 3. Detective Comics #937
  • 4. Civil War II #4
  • 5. Nightwing #1
  • 6. Batgirl #1
  • 7. Wonder Woman #3
  • 8. Red Hood and the Outlaws Rebirth #1
  • 9. Hal Jordan & the Green Lantern Corps #1
  • 10. Action Comics #960

Ini jelas hasil yang sangat menggembirakan DC Comics, sekaligus mungkin membuat para eksekutif Marvel menitikkan keringat. Saat ini, event Civil War II sedang berjalan dengan tempo maksimum. Skala dari event itu bahkan mampu menjangkau banyak buku.

Di Civil War I, para tokoh kosmis seperti Guardians of the Galaxy disibukkan dengan konflik Annihilation Wave yang masalahnya lebih besar. Tidak demikian halnya di Civil War II, di mana Guardians baru pun ditarik oleh Captain Marvel untuk menolong. Hampir semua buku di Marvel benar-benar terhubung dengan Civil War II.

Beda dengan komik DC. Memang, setiap judulnya ditempeli label DC Universe Rebirth. Namun rebirth di sini lebih fokus menyajikan awal kisah baru para tokoh. Konflik besar Doctor Manhattan dan pin milik Comedian yang disajikan di Rebirth belum ditindak lanjuti hingga saat ini. Singkatnya, belum terlihat event besar yang akan menghubungkan judul-judul itu hingga ke level Civil War II.

Tapi tetap saja penjualan komik DC kalahkan Marvel.

Penjualan Komik DC Kalahkan Marvel - Titans


CONTINUE READING BELOW

Suicide Squad Akan Menampilkan Satu Lagi Superhero Selain Batman!

Kemunculan Batman dalam Suicide Squad bukan lagi suatu misteri, namun, apakah kamu tahu ada satu lagi superhero yang muncul dalam film tersebut?


Tak hanya itu, coba bandingkan ini dengan penjualan di tahun 2015, masih dari [outbound_link text=”Bleeding Cool” link=”http://www.bleedingcool.com/2015/12/13/the-top-100-selling-comics-for-november-2015-marvel-dominates-top-50-with-39-titles/”]. Saat itu DC masih bisa unggul, tapi judul mereka yang berada di peringkat atas hanya buku-buku Batman. Kamu harus turun hingga peringkat 31 untuk menemukan judul selain Batman, dan itu adalah buku Harley Quinn yang juga adalah antagonis sang pelindung Gotham.

Sekarang? Komik terlaris untuk akhir bulan Juli adalah Titans! Nomor dua pun diisi oleh Flash, yang benar-benar bebas dari Batman hingga volume ini. Batman pun tetap kokoh menempati peringkat ketiga.

Ini berarti, setidaknya untuk pekan kemarin, pembaca komik lebih tertarik melihat aksi Nightwing, Wally West, dan kawan-kawan ketimbang menyaksikan kelanjutan konflik Civil War II.

Salah satu alasan Titans bisa begitu sukses adalah karena Wally merupakan satu-satunya tokoh yang mencoba menyelidiki apa yang terjadi dengan dunia DC. Batman, yang diperlihatkan di akhir DC Universe Rebirth menemukan pin Comedian, belum memulai investigasinya. Beda dengan Wally yang saat ini berhasil membuat para Titan mengingat dirinya lagi, mengembalikan unsur fun terhadap karakter-karakter ini.

Judul-judul DC lain pun ikut laris. Civil War II nomor empat adalah satu-satunya buku Marvel di daftar ini. Selain itu ada Nightwing, Batgirl, Wonder Woman, Red Hood and the Outlaws, Hal Jordan & The Green Lantern Corps, serta Action Comics. Tak hanya tokoh seperti Wonder Woman dan Superman saja yang laris, para mantan sidekick Batman (Dick Grayson, Jason Todd, Barbara Gordon) pun rupanya menarik perhatian.

Bahkan para tokoh Marvel, yang didukung oleh film-film laris, tak dapat mendobrak judul-judul tersebut. Sebuah pencapaian yang luar biasa.

Tak dapat dibantah lagi, ini adalah kemenangan yang signifikan bagi DC. Tapi persaingan seperti ini selalu berputar bagai roda. Di tahun 2015 giliran Marvel melibas DC. Sejak DC Universe Rebirth, giliran DC mendominasi. Hingga kapan DC bisa mempertahankan kekuasaan mereka ini?

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.