Akhirnya Resmi Sudah, Bleach Tamat 22 Agustus Ini!

Walau dulu merupakan salah satu manga yang bisa menyaingi One Piece dan Naruto, sekarang Bleach benar-benar akan tamat mendadak!

1470395139000

Manga-Bleach

Seperti yang sudah diperkirakan, Bleach tamat di chapter depan. Akan seperti apakah bab terakhir dari manga yang dulu sepopuler Naruto dan One Piece ini?

Bahkan fan yang belum mendengar soal rencana Bleach tamat pun mungkin sudah menduga sendiri kalau membaca beberapa bab terakhir. Mulai dari anak buah utama Yhwach yang tiba-tiba dimatikan serentak – hingga perjuangan Uryu, Hitsugaya, dan yang lain terasa sia-sia – hingga pertarungan dengan Yhwach sendiri yang tiba-tiba terasa terlalu cepat.

Tidak tanggung-tanggung, setelah berbab-bab diperlihatkan sebagai musuh tak terkalahkan, di bab sebelumnya Yhwach terlihat mati ditebas hanya dalam satu serangan! Kekalahan ini begitu tiba-tiba dan antiklimaks, hingga sulit rasanya merasa senang. Mungkin saja ada yang mengira kalau Yhwach akan bangkit lagi, seperti pola dari seluruh pertarungan terakhir. Tapi kalau kamu membuka bab terbaru Bleach, kamu akan disuguhi pengumuman berikut.

Bleach Tamat - Pengumuman

Jadi tak diragukan lagi, bahkan pengarangnya sendiri pun sudah memasukkan pengumuman seperti itu. Benar-benar Bleach tamat pekan depan, mengingat tidak ada informasi mengenai libur atau penundaan.

Kemudian setelah itu pembaca justru disuguhi adegan epilog. Perang benar-benar sudah berakhir, dan proses pembangunan ulang dimulai. Ada satu tokoh yang memperoleh promosi. Secara keseluruhan, ini bab yang cukup menyenangkan dan benar-benar terasa sebagai penutup, meski ada bayang-bayang konflik lagi di akhir.

Bleach pertama kali dirilis di Jepang tahun 2001. Di masa-masa jayanya, manga yang satu ini bahkan mampu menandingi One Piece dan Naruto. Pertarungan-pertarungannya yang keren dan desain karakternya yang istimewa dengan mudah membuat fan di seluruh dunia, termasuk Indonesia, jatuh hati.

Tapi bila Naruto tetap populer hingga bab terakhir, sedangkan One Piece masih konsisten dinikmati oleh pembacanya meski manganya terus berjalan, popularitas Bleach sudah lama menurun. Lambat laun judul baru seperti Toriko hingga One Punch Man bahkan menjadi lebih populer dari manga karangan Tite Kubo ini.

Bleach-3

Saat popularitas sebuah manga anjlok terlalu drastis, maka kapak pengakhiran paksa pun membayanginya. Awalnya, sepertinya minimal Kubo memiliki waktu untuk memberi akhir yang pantas untuk mangannya ini. Toh, ada indikasi kalau judul ini terasa melar karena kehendak Shonen Jump.

Awalnya, direncanakan Bleach akan berakhir September. Kira-kira cukup untuk menyajikan pertarungan akhir yang lebih menarik dan berkesan ketimbang yang diperlihatkan di bab terakhir. Namun tiba-tiba diumumkan pekan lalu kalau Bleach hanya memiliki satu-dua bab lagi. Dan sekarang hal itu sudah dipastikan.

Dari halaman terakhir bab terbaru Bleach ini sih tampaknya akan ada satu konflik akhir di bab depan. Setelah itu Bleach tamat. Apakah judul ini benar-benar akan berakhir, ataukah suatu saat nanti Jump akan memberi kesempatan lagi untuk lanjutannya di masa depan? Bisa saja. Untuk manga yang pernah populer seperti ini, kesempatan itu bukannya tidak ada.

Untuk pembaca Bleach, bagaimana tanggapanmu soal akhir dari manga ini? Apakah ini kira-kira penutup yang layak?

 

 

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.