Ini yang Membuat Xiaomi Redmi Pro Lebih Worth It Dibandingkan Galaxy Note 7

Hari gini masih mau keluarin duit 10,7 jutaan hanya untuk mendapatkan smartphone flagship?

1470621650000

Xiaomi Redmi Pro


CONTINUE READING BELOW

Xiaomi Pecundangi Samsung! Redmi Note 3 Lebih Unggul dari Galaxy Note 5

Xiaomi Pecundangi Samsung! Spesifikasi Redmi Note 3 Lebih Unggul Dibandingkan Galaxy Note 5, harga Redmi Note 3, cara root Redmi Note 3, video Redmi Note 3


Beberapa hari sebelum Samsung resmi meluncurkan Galaxy Note 7, Xiaomi sudah mendahuluinya dengan sebuah smartphone baru yang juga pantas menjadi alternatif bagi kalian yang mencari pilihan gadget dengan RAM 4GB. Melalui Redmi Pro, Xiaomi kembali menawarkan standar baru Android RAM4GB degan harga yang sangat terjangkau, sekitar Rp4 jutaan, sekaligus membawa banyak fitur yang sebelumnya eksis hanya dalam tipe flagship / kelas atas dari vendor smartphone besar, yang harganya biasanya ditawarkan di atas Rp7 jutaan!

Bahkan Xiaomi pun berusaha sedikit membuat kita lupa jika seri “Redmi” itu adalah seri kelas bawah mereka, dengan mengajukan tagline “the new Redmi flagship.” Meskipun kata flagship itu bisa disimpulkan ini sekadar tipe teratas tipe Redmi yang juga sangat populer di negara kita (serta terjual lebih dari 110 juta unit sejak diluncurkan 3 tahun yang lalu), namun tidak bisa dipungkiri Xiaomi berani menempatkannya di kelas yang sama dengan Xiaomi Mi5 mereka. Sebenarnya apa saja yang membuat Xiaomi Redmi Pro ini menarik dibandingkan tipe teratas dari vendor lainnya seperti Galaxy Note 7, selain harganya yang murah untuk ukuran flagship?

Xiaomi Redmi Pro

Spesifikasi Xiaomi Redmi Pro

  • Chipset: 64-bit Mediatek MT6797T Helio X25 dengan CPU Deca-core 2.5 GHz untuk tipe tertinggi / Exclusive, Mediatek MT6797T Helio X25 dengan CPU Deca-core 2.3 GHz untuk tipe High, dan Mediatek MT6797 Helio X20 dengan CPU Deca-core 2.1 GHz untuk tipe Standard
  • GPU: Mali-T880 MP4 dengan kecepatan 880MHz
  • Layar: 5.5-inchi Full HD OLED (1080 x 1920-pixel / 401ppi), berpelindung Corning Gorilla Glass
  • Memory: 3GB / 4GB LPDDR3 RAM
  • Storage: 32/64/128GB eMMC, plus slot micro SD hingga 256GB (menggunakan slot kartu SIM kedua / hybrid dual SIM)
  • Kamera utama: Dual 13 MP + 5MP, f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, mampu merekam video pada kualitas 1080p@30fps
  • Kamera depan: 5-megapixel dengan bukaan lensa f/2.0, mampu merekam video pada kualitas 1080p@30fps
  • Baterai: 4,050mAh (non-removable), ada fitur Fast battery charging.
  • OS: Android 6.0 Marshmallow dengan MIUI 8
  • Dimensi: 151.5 x 76.2 x 8.2 mm
  • Berat: 174gram
  • Jaringan: 4G / 3G / 2G (dual SIM pada beberapa wilayah), mendukung 4G+ VoLTE
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b, g, n / USB Type-C / USB Host / USB OTG / Bluetooth 4.2 / A-GPS dengan dukungan satelit GLONASS dan BDS
  • Sensor: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Warna: Silver, Gold, Gray

Berikut beberapa hal yang membuat spesifikasi Redmi Pro lebih baik dibandingkan Galaxy Note 7.

1

Menggunakan Layar OLED!

Spesifikasi-Redmi-Pro-6

Melihat tampangnya saja, Xiaomi Redmi Pro ini langsung memberi impresi yang baik. Layar OLED sendiri pertama kali mereka gunakan untuk smartphone ini, membuat di sisi spesifikasi Redmi Pro langsung terangkat, bahkan dibandingkan Xiaomi Mi5 mereka yang masih bertahan dengan layar IPS. Kalian juga mendapatkan layar yang lebih lega dibandingkan Mi5, pada 5.5-inchi, serta resolusi Full HD 1080p. Dibandingkan flagship Samsung, Galaxy Note 7, spesifikasi Redmi Pro ini memang masih di bawahnya. Kepadatan pixelnya pun terpaut 100 ppi, dengan 403 vs 518 ppi pada Galaxy Note 7.


CONTINUE READING BELOW

9 Fitur Canggih Ini Menjelaskan Kenapa Harga Galaxy Note 7 Bisa Sampai 10 Jutaan!

9 Fitur Canggih Ini Menjelaskan Kenapa Harga Galaxy Note 7 Bisa Sampai 10 Jutaan! Fitur Canggih Galaxy Note 7, spesifikasi Galaxy Note 7


Namun kalian yang sudah biasa menggunakan layar dengan resolusi Full HD, tidak akan menemukan perbedaan signifikan ketika melihat layar dengan resolusi Quad HD seperti yang digunakan dalam Galaxy Note 7. Justru resolusi Full HD tidak akan terlalu membebani kinerja keseluruhan Redmi Pro ini dibandingkan tipikal flagship lainnya yang berlomba-lomba menggunakan layar Quad HD. Di sisi baterai pun, layar Full HD juga tergolong lebih irit!

Spesifikasi-Redmi-Pro-10

Masih sekitar layarnya, Redmi Pro juga makin terlihat cakep dengan sekeliling layarnya yang sedikit melengkung. Bukan, ini bukan layar melengkung di sisi kiri dan kanan seperti pada Galaxy Note 7, namun layar dengan pinggiran 2.5D. Efeknya sih, ketika menggenggamnya terasa lebih nyaman, dan terkesan ini smartphone yang mahal! Plus, dari sisi desain, setiap sisi Redmi Pro juga tidak terlihat ini gadget kelas menengah yang murah. Setiap sudut casingnya juga dibuat melengkung, tampak simetris. Sensor sidik jari juga kalian temukan di tombol Home, seperti pada Xiaomi Mi5.

Makin memudahkan akses kalian ke sensor keamanan tersebut. Jika di sisi depan layar OLED dan kaca meleng 2.5D tampil memikat, di punggungnya Xiaomi memilih solusi material yang terlihat seperti metal, untuk memberi efek genggaman tangan yang baik selama mengoperasikannya.

2

Prosesornya Sudah 10 Core!

Spesifikasi-Redmi-Pro-2

Ini juga yang menjadikan flagship Redmi dari Xiaomi ini terlihat bersinar dibandingkan flagship yang sebenarnya dari produsen besar lainnya. Redmi Pro tipe tertinggi mengusung chipset paling gahar dari MediaTek, Helio X25, yang memiliki 10 core prosesor. Peningkatkannya memang tidak terlalu besar dibandingkan Helio X20, chipset dengan 10 core pertama dari MediaTek, yang juga digunakan untuk varian terendah Redmi Pro. Namun ketika bicara core, kalian bisa membanggakan jumlah core-nya yang bahkan unggul 2-core lebih banyak dibandingkan flagship sekelas Galaxy Note 7. Detailnya, MediaTek 6797T Helio X25 ini memiliki konfigurasi dua core prosesor ARM Cortex-A72 dengan kecepatan 2.5 GHz, empat core prosesor ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2 GHz, serta empat core prosesor ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1.4 GHz.

Spesifikasi-Redmi-Pro-3

3

Chip Grafisnya Sama dengan Galaxy Note 7

Ini juga salah satu yang menjadikan chipset MediaTek Helio X25 menarik. Selain 10 core prosesor, silikon ini didukung dengan pengolah grafis / GPU terintegrasi Mali-T880 MP4 (memiliki 4 core) yang masing-masing core-nya dipacu dengan kecepatan 880 MHz. GPU Mali-T880 tersebut juga yang dipasangkan Samsung ke dalam chipset Exynos 8 Octa 8890 yang digunakan dalam Galaxy S7 dan Galaxy Note 7.

Spesifikasi-Redmi-Pro-1

Meskipun tipenya sama, namun bukan berarti secara kinerja kalian mendapatkan hasil yang setara. Karena racikan Samsung mengkombinasikan GPU Mali-T880 MP12 (dengan 12 core) dengan kecepatan masing-masing core 650 MHz, serta delapan core prosesor. Detailnya, ada dua core Exynos M1 dengan kecepatan 2.6 GHz, serta dua core Exynos M1 kecepatan 2.3 GHz, dan juga empat core ARM Cortex-A53 yang kecepatannya 1.6 GHz.

Di atas kertas, Exynos 8 Octa 8890 menghasilkan kinerja GFLOPS mencapai 265.2, sedangan Helio X25 dengan 120 GFLOPS. Meskipun logikanya akan menghasilkan kinerja benchmark di bawah Galaxy Note 7, namun secara keseluruhan Helio X25 pasti bisa memainkan semua game mobile yang saat ini beredar di pasaran.


CONTINUE READING BELOW

Spesifikasi Xiaomi Mi 4s Ga Kalah HOT dari Mi 5! Pantas Untuk yang Kompromi dengan Budget!

Spesifikasi Xiaomi Mi 4s Ga Kalah HOT dari Mi 5, Bahkan Dijual Lebih Murah! Harga Xiaomi Mi 4s, cara ROOT Xiaomi Mi 4s ROOT Guide, Xiaomi Mi 4s Price


4

Storage-nya Mencapai 128GB

Meskipun saat ini standar internal storage sudah mencapai 32GB, Samsung sudah berbaik hati memberikan flagship terbarunya, Galaxy Note 7 dengan 64GB storage. Namun ketika membandingkannya dengan internal storage Redmi Pro ini, Samsung harus mengakui keunggulan Xiaomi. Varian tertinggi Redmi Pro langsung mengajukan internal storage eMMC 128GB. Samsung sendiri memberikan solusi storage dengan format UFS 2.0, yang lebih cepat akses baca dan tulisnya, namun jelas, dengan harga yang lebih mahal. Untuk varian Redmi Pro.

Lanjut ke halaman 2…

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.