Ini Isi Sosialisi Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia di Popcon!

Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia menyampaikan sosialisasi khusus tentang boardgame di Popcon Asia 2016! Seperti apa isinya?

1471161903000

Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia - 01

Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia menyampaikan sosialisasi khusus tentang board game di Popcon Asia 2016! Seperti apa isinya?

Siang kemarin, selama setengah jam panggung Popcon diisi oleh tiga perwakilan dari berbagai industri board game Indonesia. Ada Andre Dubari dari Manikmaya Games, Galih Aristo dari Arcanum Hobbies yang mewakili toko dan komunitas, serta Adhitya W. Permana – desainer permainan Pagelaran Yogyakarta. Pada akhirnya yang ketiga tokoh sampaikan adalah sosialisasi Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia.

Kenapa rupanya dibutuhkan sebuah asosiasi untuk board game lokal? Ternyata karena industri permainan berjenis ini di Indonesia tumbuh dengan sangat cepat.

Secara keseluruhan, industri board game global memang mengalami perkembangan tak terduga dalam lima tahun terakhir ini. Mungkin ada yang mengira berkembangnya game digital akan membuat board game yang bersifat fisik terlibas hingga punah. Nyatanya itu tidak terjadi.

Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia - Scythe


CONTINUE READING BELOW

Board Game The Festivals Jembatani Diplomasi Indonesia Singapura!

The Festivals of Indonesia adalah board game lokal yang dijadikan cenderamata resmi Indonesia kepada perwakilan Singapura! Seperti apa sih gamenya?


Saat ini, board game termasuk salah satu kategori yang laris didanai di Kickstarter. Lihat saja Scythe, yang berhasil memperoleh pendanaan hanya dalam 2 menit 45 detik. Bahkan game-game digital seperti Dark Souls pun turut memperoleh versi board game, walau jelas game aslinya saja sudah sangat laris. Ini adalah indikasi kalau pasar board game internasional memang sedang melesat.

Tapi bukan hanya komunitas dan industri board game internasional saja yang meroket. Pertumbuhan pun terasa dari komunitas dan industri board game lokal. Walau board game memiliki beberapa kendala seperti harga yang sangat tinggi (terutama untuk game populer dari luar), serta keharusan untuk tatap muka untuk bermain, Galih menyampaikan kalau komunitas board game lokal terus membesar dan yang minat bermain kian banyak.

Dari sisi penerbit board game pun terlihat jelas ada perkembangan signifikan. Andre menyampaikan kalau dalam satu tahun terakhir, jumlah penerbit board game lokal bertambah hingga tiga kali lipat.

Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia - 02

Membesarnya komunitas dan penerbit board game lokal ini mengharuskan keberadaan sebuah wadah khusus untuk berkreasi bersama. Dan pada akhirnya, Andre menyampaikan kalau sudah saatnya ada badan sebagai sarana konsolidasi industri board game agar industri dapat berjalan di jalan yang benar. Itulah tujuan utama dari Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia.

Kiprah dari asosiasi ini patut dinantikan. Tapi kalau kamu penasaran ingin mengetahui sendiri gimana sebenarnya kondisi industri board game lokal, kamu-kamu yang datang ke Popcon 2016 hari ini sih tidak perlu menunggu lama untuk jawabannya. Kamu hanya perlu turun ke area Tabletopia di Popcon. Area ini menyajikan berbagai board game lokal yang bisa kamu coba sendiri. Kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan para pelaku board game lokal, mulai dari bertanya-tanya tentang cara bermain hingga bagaimana proses di balik penciptaan game tersebut.

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.