Juragan Terminal, Game Clicker Adiktif ala Tahu Bulat Karya Agate Studio-Own Games!

Setelah jualan Tahu Bulat di banyak kota, kini saatnya jadi Juragan Terminal. Penggemar game clicker pasti suka dengan game ini!

1471433426000

Juragan Terminal

Dua developer dari Bandung, Agate Studio dan Own Games pertengahan tahun ini baru merilis game yang cukup populer. Agate Studio lewat Bloodstone Entertainment merilis Fantasista bertepatan dengan EURO 2016, sedangkan Own Games lebih dulu menggebrak lewat Tahu Bulat yang sampai saat ini sudah di-download hingga 5 juta kali di Indonesia. Nah, menyambut HUT RI ke-71 bulan Agustus ini keduanya berkolaborasi dengan menghadirkan sebuah game dengan genre idle-clicker berjudul Juragan Terminal!

Seperti apa sih game Juragan Terminal ini?

Yap, genre idle-clicker akhir-akhir ini menjadi tren di kalangan developer Indonesia. Mulai dari Billionaire yang dikembangkan oleh Alegrium, Tahu Bulat dari Own Games hingga Dear Mantan dari Tinker Games cukup sukses di pasaran Indonesia. Nah, mekanisme gameplay itulah yang juga diusung oleh Juragan Terminal, dimana kamu berperan sebagai seorang pemilik terminal yang harus mengumpulkan pundi-pundi koin dengan cara menaikkan penumpang sebanyak-banyaknya ke kendaraan umum yang kamu miliki.

Juragan Terminal

Pertama-tama kamu akan dibantu oleh seorang kenek untuk memanggil para penumpang. Setiap penumpang akan memberikan ongkos (disebut setoran) kepada terminal. Dan dari penghasilan tersebut, kamu dapat meningkatkan berbagai fasilitas yang ada di dalam terminal. Fasilitas dasar seperti gerbang, dinas kebersihan, speaker akan menjadi awal pembangunan terminal. Kemudian kamu dapat melanjutkan dengan mendirikan berbagai fasilitas pendukung seperti warung, agen pulsa, dan berbagai penjual lainnya. Semakin besar level fasilitas yang dinaikkan tentu saja akan semakin besar pula setoran yang bisa kamu dapatkan!

Juragan Terminal

Sama seperti game-game clicker lainnya, kamu bisa melakukan tap berkali-kali untuk mempercepat penumpang naik ke angkutan dan melipat gandakan setoran. Setiap 300 detik, kamu akan menghadapi musim mudik, dimana penumpang akan semakin banyak, dan juga meningkatkan setoranmu berlipat-lipat ganda. Dengan membangun fasilitas tambahan, kamu bukan hanya akan melipat gandakan setoran, akan tetapi juga bisa melihat perubahan visual dari terminal yang kamu kelola.

Juragan Terminal

Dua maskot dari dua studio kolaborasi ini juga muncul. Tako, si maskot Own Games, hadir memberikan bantuan bagi pemain dalam membangun terminal. Tako di game ini juga kurang lebih sama perannya dengan di Tahu Bulat, yakni pemberi bonus setoran. Lalu ada juga Mla, maskot Agate Studio yang ikut meramaikan terminal dengan tugas khususnya sebagai kenek junior. Kerjasama kedua maskot dalam membangun terminal ini juga secara simbolis menyiratkan kolaborasi antara kedua developer untuk memberikan kontribusi bagi dunia game tanah air.

Juragan Terminal

“Own Games sadar bahwa ketika industri game Indonesia ingin lebih maju lagi, maka pelaku industrinya perlu turut berperan dan sukses bersama,” ungkap Eldwin Viriya, CEO Own Games seperti dikutip dari pernyataan resminya. “Dengan kolaborasi bersama Agate Studio di game Juragan Terminal ini, Own Games berharap masyarakat di Indonesia semakin mengenal dan menyukai game buatan developer game Indonesia,” harapnya.

“Kemerdekaan Indonesia diraih dengan perjuangan berbagai pihak dengan satu tujuan. Industri game Indonesia pun demikian,” ungkap Arief Widhiyasa, CEO dari Agate Studio. “Untuk menciptakan ekosistem game Indonesia yang lebih baik, salah satu caranya adalah dengan kolaborasi, yang memberi kesempatan kepada semua pihak untuk bertumbuh, berkembang, dan mencapai cita-cita bersama. Agate Studio berharap dengan kerjasama dengan Own Games di Juragan Terminal ini, para gamer dapat menikmati lebih banyak karya lokal, sehingga masyarakat juga semakin mengenal industri game Indonesia,” lanjutnya.

Juragan Terminal

Secara keseluruhan, Juragan Terminal masih mempertahankan mekanisme game clicker yang sangat sukses dari Tahu Bulat, namun dengan berbagai improvisasi dari segi grafis dan juga fitur-fiturnya. Jika di game Tahu Bulat kamu mendengar suara penjual yang memorable, maka di game ini kamu pun juga akan mendengar suara kenek memanggil penumpang yang juga tidak kalah unik. Oiya, dengan men-download game ini kamu juga akan mendapatkan satu item spesial, Jam Terminal di game Tahu Bulat lho!

Juragan Terminal

Setelah berjualan Tahu Bulat, kini saatnya kamu menjadi Juragan Terminal di game ini. Juragan Terminal bisa kamu download secara gratis untuk Android melalui tautan di bawah ini.

Download Juragan Terminal: Google Play Store (Gratis)

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.