Trailer Arrival – Ketegangan Kontak Pertama dengan Alien!

Trailer The Arrival menyajikan ketegangan menyambut kemunculan alien di planet bumi! Apa sebetulnya yang makhluk-makhluk ini inginkan?

1471500011000

Trailer Arrival - 2016

Trailer Arrival menyajikan perspektif unik dalam film alien: saat manusia mencoba memahami apa yang mereka inginkan, bukan sekedar menyambut peperangan!

[youtube_embed id=”ZLO4X6UI8OY”]

Dalam Arrival, bumi tiba-tiba menghadapi masalah misterius. Belasan pesawat antariksa berbentuk aneh mendarat di planet kita, masing-masing menempati negara berbeda-beda. Jelas penduduk bumi panik. Tapi para makhluk asing ini belum melakukan apapun.

Pemerintah Amerika ingin mengetahui apa maksud kedatangan para makhluk asing. Karenanya Dr. Louise Banks (diperankan aktris Amy Adams) direkrut. Wanita yang satu ini adalah seorang ahli bahasa yang jago menerjemahkan. Tapi bahkan Louise sekalipun sepertinya akan dibuat pusing memahami bahasa dari planet lain.

Seperti dilihat di trailer, Louise tidak sendiri. Ada juga Ian Donelly, seorang ahli matematika. Karakter yang diperankan oleh sang Hawkeye, Jeremy Renner, ini pun mencoba membantu menerjemahkan pesan dari alien.

Tapi namanya juga manusia, di hadapan sesuatu yang asing, insting pertama banyak negara adalah mencoba memerangi para alien sebelum mereka sempat melakukan apa-apa. Mampukah Louise dan Ian menerjemahkan keinginan para alien? Benarkah para alien tidak bermaksud jahat? Ataukah akan ada twist di mana mereka datang untuk memancing pasukan yang lebih besar?

Trailer Arrival 2016 - 2


CONTINUE READING BELOW

Inilah Peringkat Pemeran Joker Terbaik Sepanjang Sejarah!

Dengan penampilannya di Suicide Squad, Jared Leto menjadi pemeran terbaru Joker. Tapi siapakah pemeran Joker terbaik sepanjang sejarah? Ini daftarnya!


Ada beberapa pendekatan yang bisa diambil penulis cerita dalam menyajikan film alien. Yang paling mudah dan berpotensi menguntungkan adalah saat para makhluk luar angkasa hanya datang untuk berperang. Penulis dapat memasukkan pesan seperti pentingnya persatuan umat manusia. Mengingat musuh-musuh ini datang dari planet lain, seharusnya juga tak akan ada kontroversi menjadikan mereka sebagai lawan yang harus dihabisi. Apalagi kalau para alien ini sudah menghancurkan monumen-monumen penting di bumi terlebih dahulu.

Pendekatan lainnya adalah yang lebih diplomatis. Saat kedatangan para alien ini lebih ambigu, dan sedikit kesalahan saja dalam diplomasi akan menyebabkan masalah. Jelas, Arrival mengambil pendekatan tersebut. Film ini tampaknya akan menyajikan konflik peperangan yang minim, selain di bagian mendekati klimaks yang diperlihatkan sangat memanas.

Karenanya, film ini sepertinya tidak akan cocok untuk yang lebih suka aksi. Tapi untuk yang lebih suka misteri dan drama, film ini lebih dari mampu untuk memberi kepuasan tersendiri. Terutama bila twist-nya tidak mengecewakan.

Arrival didasarkan dari cerpen sains fiksi berjudul Story of Your Life garapan Ted Chiang. Versi layar lebarnya ini ditulis naskahnya oleh Eric Heisserer dan disutradarai Denis Villeneuve. Sebelumnya, Vileneuve menyutradarai Sicario dan Prisoners. Dia juga orang yang menyutradarai sekuel Blade Runner.

Penasaran ingin menyaksikan Arrival? Mungkin yang sudah membaca Story of Your Life ingin tahu apakah film ini merupakan adaptasi setia, atau justru adaptasi ngawur dari cerpen tersebut? Kamu tidak perlu menunggu lama untuk jawabannya. Arrival dirilis di Amerika 10 November 2016 ini.

 

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.