Benarkah Karakter Nioh Menjiplak The Witcher? Sejarah Gaijin Samurai Ini Menjelaskannya!

William Adams vs Geralt of Rivia, pilih mana? Satunya samurai barat pertama yang deket dengan clan ninja terkenal di Jepang, atau, pemburu monster sekaligus tukang sihir yang memiliki kemampuan manusia super?

1471568438000

Gaijin Samurai

Sejak pertama kali diungkapkan sebagai game yang bangkit dari kubur September 2015 lalu, banyak yang mempertanyakan desain karakter Nioh, kenapa bisa mirip dengan dengan Geralt of Rivia, karakter utama serial The Witcher. Meskipun tidak ada pernyataan resmi dari Koei Tecmo perihal desain karakter utama Nioh, William Adams, namun ketika melihat latar belakang gamenya, bisa saja disimpulkan kemiripan keduanya hanya kebetulan saja. Apalagi secara gameplay, Nioh sebenarnya lebih mengacu pada serial Souls-nya From Software / Namco Bandai. Tingkat kesulitannya tinggi.

Ada yang bilang ini Onimusha + Ninja Gaiden...

Ada yang bilang ini Onimusha + Ninja Gaiden…


CONTINUE READING BELOW

Gawat, Beta Demo Nioh Bakal Dipenuhi “Wanita Cantik” (dan Seksi), Seperti Ini!

Gawat, Beta Demo Nioh Bakal Dipenuhi Wanita Cantik (dan Seksi), Seperti Ini! Download Beta Demo Nioh, Download Demo Beta Nioh Download, guide Nioh guide


Susahnya game ini lebih karena gerakan karakternya (dan juga senjatanya) yang dibuat semi realistis, serta William bisa tewas seketika hanya dengan satu gebrakan musuh, seandainya salah langkah. Selain itu, Nioh juga dibuat dengan pemikiran sebuah game PC. Selama memainkannya, kalian bisa memilih, mau mendapatkan frame rate yang tinggi, atau, resolusi yang tinggi. Opsi semacam itu jamak ditemui dalam tipikal game PC. Mau gameplay yang halus, atau, yang secara visual enak dilihat.

William Adams, Gaijin Samurai Pertama

Tampang asli William Adams si pelaut itu seperti ini...

Tampang asli William Adams si pelaut itu seperti ini…

Dalam gamenya bisa sekeren ini...

Dalam gamenya bisa sekeren ini…

Di sisi latar belakang gamenya, kalian mengendalikan karakter fiksi bernama William Adams, samura pertama dari barat (gaijin samurai) berambut pirang, yang dikenal di Jepang selama periode Negara Perang di Jepang pada tahun 1600-an. Ya, samurai barat sejatinya ada, dan bukan melekat pada diri Tom Cruise (Captain Nathan Algren) dalam film The Last Samurai saja. Karena diadaptasi dari karakter bersejarah, maka tidak heran jika ada figur familiar sejarah Jepang lainnya yang eksis dalam Nioh. Seperti, Hattori Hanzō, Tachibana Muneshige dan Tachibana Ginchiyo.

Koei Tecmo memang jagonya mengeksplorasi sejarah Jepang...

Koei Tecmo memang jagonya mengeksplorasi sejarah Jepang…

Kembali pada William Adams, dia dikenal di Jepang sebagai gaijin samurai, atau samurai barat pertama di tengah sejarah Jepang. William Adams merupakan seorang pilot berkebangsaan Inggris, yang (dipercaya) menjadi orang Inggris pertama yang sampai di Jepang, dan pada akhirnya menjadi samurai asing pertama di Jepang.

Dari laut ke pegunungan... latar pertarungan Nioh membangkitkan cerita perjalanan seorang pilot Inggris.

Dari laut ke pegunungan… latar pertarungan Nioh membangkitkan cerita perjalanan seorang pilot Inggris.


CONTINUE READING BELOW

Koei Tecmo Bangkitkan NiOh untuk Menantang Dark Souls!

Setelah satu dekade "tertidur", Koei Tecmo akhirnya membangkitkan proyek NiOh yang akan siap menantang Dark Souls di ranah hack and slash!


William, pria Inggris kelahiran September 1564, melakukan pelayaran ke arah Timur dari Inggris. Perjalanan tersebut dilakukan ketika usianya baru 34 tahun lho! Dia terkatung-katung di lautan selama 19 bulan, dan bahkan dari 5 kapal yang berlayar bersamanya, sekarang hanya tersisa 1 kapal saja. Kapal tersebut kemudian terdampar di Jepang pada April 1600. Saat itu William bersama 20 awal kapalnya sekarat, dan diselamatkan oleh pendeta Portugis. Namun karena dianggap sebagai bajak laut, William pun dianggap sebagai bajak laut, dan dia dipenjara untuk menanti hukuman.

Selain senjata tajam, juga ada senjata api kelas berat yang kalian gunakan di sini...

Selain senjata tajam, juga ada senjata api kelas berat yang kalian gunakan di sini…

Nasib berkata lain. William mendapat kesempatan bertemu daimyo Mikawa (nantinya menjadi shogun pertama di Jepang, Tokugawa Ieyasu), dan berkat pengetahuannya akan lautan dan kapal laut, Ieyasu pun memutuskan menyelamatkan William. Sebagai gantinya, William akhirnya membagikan ilmunya dalam membuat kapal Jepang berdasarkan teknologi Barat, sampai akhirnya dia berhasil menjadi orang kepercayaan Ieyasu, dengan banyak jasa selama menjadi orang kepercayaan Ieyasu, seperti membantu Jepang membangun kapal perang berteknologi Barat pertama, menjadi jembatan untuk menjalin hubungan dagang antara Jepang dan Inggris, hingga menjadi penerjemah dan konsultan Shogun yang mengenalkan mereka pada teknologi dari bangsa barat.

Sebagiankecil yokai yang bakal kalian lawan dalam game Nioh..

Sebagiankecil yokai yang bakal kalian lawan dalam game Nioh..

Di mata Shogun, William berjasa besar. Dan untuk menghargai jasa-jasanya, dia dianugerahi sepasang pedang yang merupakan simbol kekuasaan seorang samurai. Bahkan Shogun pun menyatakan William Adams itu telah tiada. Sebagai gantinya, seorang samurai bernama Miura Anjin telah lahir, yang merupakan nama Samuranya. “Anjin” sendiri dalam bahasa Jepang bermakna “pilot,” dan itu menandakan profesi asli William. William juga mendapat gelar hatamoto, sebuah gelar bergengsi yang hanya dimiliki oleh pelayan langsung Shogun.

Dibuat untuk menandingi serial Souls-nya Namco Bandai, kurang rasanya jika pertarungannya ga berdarah-darah...

Dibuat untuk menandingi serial Souls-nya Namco Bandai, kurang rasanya jika pertarungannya ga berdarah-darah…

William Adams meninggal di usia 55 tahun pada tanggal 16 Mei 1620, di Hirado, Nagasaki. Sampai saat ini makamnya masih ada di kota tersebut, dan daerah tempat tinggalnya di Edo, yang kini disebut Tokyo, diubah namanya menjadi Anjin-cho (atau saat ini dikenal sebagai Nihombashi). Nama William Adams terus dikenang sampai saat ini dalam bentuk festival untuk Anjin Matsuri, yang diadakan rutin di Shizuoka dan di tempat kelahirannya di di Inggris, termasuk juga langkah Koei Tecmo yang menjadikannya sebagai karakter utama dalam game action-adventure Nioh.

Lanjut ke halaman 2…

TENTANG PENULIS
Doni

Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.