Selain Indonesia, 13 Negara Ini Juga Takut dan Ingin Ban Pokemon GO!

Ternyata, nggak cuma pemerintah Indonesia saja yang dibuat geger oleh Pokemon GO! 13 negara ini juga ikut melakukan perang terhadap Pokemon GO lho!

1471831203000

ban Pokemon Go

Pokemon GO memang mewabah di kalangan masyarakat, tapi seperti yang kita lihat di koran, TV, dan internet, orang Indonesia sepertinya paranoid sekali sama aplikasi lucu ini. Ada yang mengatakan kalau aplikasi ini bisa dipakai membobol keamanan negara, terjemahan Pokemon menjadi “aku Yahudi”, dan sebagainya.

Tapi ternyata, nggak cuma Indonesia saja lho negara yang takut sama monster-monster virtual ini. Ada 13 negara lain yang ikutan takut dan melakukan ban Pokemon GO! Siapa saja mereka, yuk langsung lihat daftar di bawah!

Markas Dephan Amerika Serikat, Pentagon, Ban Pokemon GO

Departemen Pertahanan Amerika Serikat baru-baru ini mengumumkan kalau aplikasi Pokemon GO dilarang dimainkan di gedung Pentagon!

Pihak keamanan markas Departemen Pertahanan AS itu mengatakan aplikasi Pokemon GO bisa menimbulkan risiko keamanan untuk fasilitas yang aman dan sensitif seperti gedung Pentagon dan kawasan pemerintahan lainnya.

Rusia Ban Pokemon GO, Dianggap “Aplikasi Iblis”

Pemerintah Rusia bahkan tidak cuma menganggap Pokemon GO merupakan aplikasi intelejen Barat, tetapi juga aplikasi “iblis” yang akan merusak hidup masyarakat!

Teori konspirasi juga muncul saat salah satu partai politik Rusia menambahkan kalau rilis game yang berdekatan dengan pemilihan anggota parlemen di sana merupakan strategi untuk membuat kekacauan.

Israel Larang Main Pokemon GO, Takut Data Terancam

Sama seperti sekutunya, Amerika Serikat, angkatan bersenjata Israel melarang semua personilnya untuk bermain Pokemon GO, takut-takut kamera HP dan GPS akan membocorkan informasi sensitif tentara Israel!

Mereka juga takut akan adanya ancaman malware yang didapat dari pengunduhan aplikasi secara tidak sah atau dari mengunduh file APK sembarangan.

Ban Pokemon Go

Arab Saudi Buat Fatwa untuk Ban Pokemon GO

Arab Saudi melakukan ban Pokemon GO atas dasar fatwa yang dibuat khusus mengenai Pokemon sejak 2001 lalu. Fatwa itu mengatakan Pokemon “mendorong perjudian dan kemusyrikan” serta mempromosikan Zionisme. Waduh!

Mesir Tolak Pokemon GO, Dianggap Tidak Islami

Selain Arab Saudi, negara Islam lain yang ikut mem-ban Pokemon Go adalah Mesir. Kira-kira seminggu setelah rilis, Mesir menyatakan aplikasi ini “tidak Islami”, dan dinilai seburuk menenggak alkohol!.

Dikatakan kalau game ini “mempengaruhi pikiran secara negatif dan merugikan pemainnya atau orang lain secara tidak sadar,” dan membuat orang-orang terobsesi, mengabaikan kewajiban mereka di tempat kerja dan beribadah.

Serikat Imam Turki Ban Pokemon GO Karena Merusak Masjid

Serikat imam di Turki menyerukan larangan atas Pokemon GO, karena PokeStop dan Gym yang tersebar di masjid-masjid dianggap “merusak kepentingan dan makna dari masjid, yang merupakan tempat ibadah yang paling indah dalam Islam.”

Takut Keamanan Negara Terancam, Iran Ban Pokemon GO

Berbeda dari negara-negara Islam sebelumnya, alasan Iran melakukan ban Pokemon GO lebih sederhana (walaupun tetap berbau paranoid), yaitu karena ancaman keamanan yang bisa terjadi dari memainkan aplikasi tersebut.

Vietnam Anggap Pokemon GO Miliki Dampak Buruk

Negara Asia Tenggara lain yang takut dengan Pokemon GO selain Indonesia, adalah Vietnam. Pihak berwajib melarang penggunaan aplikasi ini di area militer dan tempat tertutup lainnya. Game ini juga dianggap “memiliki lebih banyak dampak buruk ketimbang baik pada masyarakat — terutama di jalan raya.”

Saat Pokemon GO akhirnya rils resmi di negara-negara Asia Tenggara, hanya Vietnam pun yang nggak kebagian.

Main Pokemon GO di Malaysia Bisa Dipenjara

Kalau kamu mencoba main Pokemon di Malaysia, kamu harus hati-hati! Karena kalau sampai salah masuk PokeStop atau Gym, kamu bisa ditahan atas tuduhan masuk tanpa izin ke area tertentu, seperti kantor polisi dan wiliayah sekitarnya serta lahan pribadi.

Menyetir sambil bermain juga dianggap melanggar hukum yang ada di Malaysia.

ban Pokemon Go

Kota Kecil di Perancis Ini Anti Banget Sama Pokemon GO

Yang satu ini sebenarnya bukan Perancis-nya sendiri, tetapi kota kecil di sana yang bernama Bressolles.

Aplikasi menangkap monster virtual itu sangat ditentang oleh sang walikota karena dianggap dapat mengusik kehidupan 800 orang yang tinggal di sana dan dianggap bisa membuat kaum muda kecanduan serta “berkumpul ramai-ramai di tengah malam.”

Bahkan halaman Wikipedia-nya (terlihat di gambar atas) sempat memuat pesan kebenciannya terhadap Pokemon GO, walaupun sekarang sudah dihapus. Weleh-weleh.

“Main Pokemon GO” Tidak Bisa Jadi Alasan Hukum di Australia

Pihak berwenang Australia menyatakan bahwa “Saya sedang mengumpulkan Pokemon,” bukanlah pembelaan hukum yang valid kalau ditangkap atas tuduhan masuk tanpa izin.

Polisi Australia juga mendesak pemain Pokemon untuk berhenti menangkap Pokemon di Kantor Polisi Darwin.

Kepolisian Portugis Melarang Main Pokemon GO Sendirian

Kepolisian Portugis memperingatkan para pelatih Pokemon untuk tidak berburu saat mengemudi, karena melakukan dua hal sekaligus dianggap tindakan yang berbahaya. Hayo, siapa yang sering main Pokemon GO sambil nyetir, ngaku.

Di laman Facebook-nya, mereka juga mengingatkan pemain untuk tidak masuk ke tanah milik orang dan mencari Pokemon sendirian. Disuruh cari pacar aja kali ya?

Bosnia Larang Berburu Pokemon GO

Pihak berwenang Bosnia tidak ingin orang-orang berburu Pokemon! Kenapa? Karena negara ini dipenuhi ladang ranjau. Walah, serem amat!

Perang Bosnia di tahun ’90-an membuat negara tersebut dipenuhi ranjau darat. Dan badan amal setempat memperingatkan para pemain Pokemon GO untuk tidak memasuki area-area yang berpotensi berisi ranjau. Mendingan main game di rumah deh, daripada kaki buntung gara-gara Pokemon!

Pertama kali dipublikasikan di Dunia Games

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.