Siapa Sangka 7 Film Sukses Hollywood Ini Terinspirasi dari Anime!

Siapa sangka, dari sekian banyak film-film sukses buatan sineas Hollywood ternyata tak sedikit yang terinspirasi dari anime.

1472033144000

lion king 1Siapa sangka, dari sekian banyak film-film sukses buatan sineas Hollywood ternyata tak sedikit yang terinspirasi dari anime. Mulai dari premis cerita, karakter si pemain sampai adegan-adegan memorable pun banyak diangkat dari film kartun khas Jepang ini. Kalau kamu penasaran, berikut ini deretan film Hollywood yang terinspirasi dari anime.


1

Inception - Paprika


film hollywood yang terinspirasi dari animeIde Christopher Nolan menciptakan konsep mimpi di dalam mimpi sebenarnya bukan hal yang baru. Jauh sebelumnya, maestro animator Jepang Satoshi Kon telah menciptakan anime yang mengangkat premis cerita mimpi di dalam mimpi yang berjudul Paprika. Meskipun tidak dikatakan secara langusng, Christoper Nolan sang sutradara Inception mengakui bahwa filmnya tersebut terilhami dari anime Paprika.


2

Pacific Rim - Gigantor


PACIFIC RIMMungkin banyak yang mengira Pacific Rim mirip dengan anime Neon Genesis Evangelion, tapi sang sutradara Guilermo del Toro menyangkalnya. Dirinya mengaku lebih terinspirasi dari anime Gigator. Film Pacific Rim memang sangat kental dengan nuansa khas anime mecha atau anime yang bertema “pertempuran robot”. Ini juga tak terlepas dari hobi Guilermo del Toro menonton banyak anime jenis ini.


3

Lion King - Kimba The White Lion


Lion KingMeskipun Tom Sito selaku sutradara menyangkal jika film buatannya menjiplak salah satu anime Jepang, namun jika dilihat dari alur cerita dan penamaan karakter, film Lion King hampir mirip dengan anime Kimba The White Lion. Karakter utama Simba identik dengan karakter Kimba yang sama-sama merupakan seekor singa dan sedang menghadapi berbagai macam masalah dengan kelompoknya.


4

Atlantis The Lost Empire - Nadia: The Secret of Blue Water


AtlantisFilm Hollywood yang terinspirasi dari anime selanjutnya adalah Atlantis The Lost Empire dengan Nadia: The Secret of Blue Water. Meskipun cerita keduanya mengutip dari buku fiksi 20,000 Leagues Under the Sea karangan Jules Vernes, namun banyak kesamaan satu sama lain yang tidak ditampilkan di dalam buku tersebut, seperti halnya kesamaan desain karakter. Namun orang-orang di balik pembuatan film Atlantis The Lost Empire menyangkal jika film mereka menjiplak, meskipun diketahui jika banyak orang di Disney adalah penggemar berat Miyazaki, dan kebetulan Nadia: The Secret of Blue Water merupakan salah satu project Miyazaki.


5

Dark City - Akira


Dark CityFilm ini sendiri tidak mirip dengan anime apapun. Namun pada saat momen-momen terakhir di film Dark City, menampilkan gedung-gedung yang dipulihkan kembali dengan gaya yang mirip di anime Akira. Disebutkan bahwa sang sutradara Dark City mengakui terinsipirari dari Akira dan itu merupakan sebuah penghormatan kepada Katsuhiro Otomo.


6

A Requiem For a Dream - Perfect Blue


a requiem for a dream


CONTINUE READING BELOW

5 Karakter Anime yang Tetap Saja Merokok Walaupun Sedang Bertarung

Enggak sedikit karakter anime yang tetap merokok ketika bertarung. Nah siapa aja sih kira-kira karakter anime yang merokok?


Sutardara Darren Aronofsky dikenal sebagai fans dari anime Perfect Blue. Tak aneh ketika dirinya membuat film A Requiem For a Dream, banyak kesamaan adegan dengan anime buatan Satoshi Kon itu.


7

Van Helsing - Vampire Hunter D


van helsingFilm Val Helsing diangkat dari karakter novel Dracula tahun 1987. Namun penggambaran karakter tersebut malah lebih mirip dengan karakter protagonis dari anime Vampier Hunter D. Perdebatan mengenai “penjiplakan” karakter ini pun berlanjut sampai film Van Helsing dirilis pertama kali.

Deretan di atas membuktikan jika anime juga tak kalah keren dibandingkan dengan film-film buatan Hollywood, bahkan beberapanya bisa menginspirasi kesuksesan film-film tersebut. Kira-kira apa lagi film Hollywood yang terinspirasi dari anime?

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca