Wow, Galaxy Grand Prime 2016 Bakal Pakai CPU yang Sama Seperti ZenFone 3!

Lama tidak terdengar kabarnya, Galaxy Grand Prime bakal mendapatkan penerusnya tahun ini, dan menggunakan prosesor yang sama seperti yang digunakan dalam seri Asus ZenFone 3! Bakal dijual berapa ya nantinya?

1472025626000

Galaxy Grand Prime 2016

Samsung gak jualan Android mahal saja kok, mereka punya varian J yang ekonomis, dan juga Galaxy Grand yang pada awal kemunculannya, dikenal sebagai lini smartphone berlayar besar dari Samsung. Untuk tahun ini, Samsung tidak melupakan Galaxy Grand yang sudah eksis sejak empat tahun lalu mengisi kelas menengah dan entry-level. Setelah hampir dua tahun lalu meneruskan estafet Galaxy Grand dengan Galaxy Grand Prime, kini mereka dikabarkan bakal segera mengenalkan penerusnya di tahun 2016 ini.

Galaxy-Grand-Prime-2016

Meskipun belum sepenuhnya resmi, namun beberapa data benchmark menunjukkan jika Galaxy Grand Prime 2016 ini bakal menggunakan chipset MediaTek. Biasanya, untuk kelas bawah Android mereka, Samsung memilih prosesor Exynos mereka, atau Qualcomm, atau yang lebih hemat, prosesor Speadtrum yang lebih tidak familiar namanya. Namun data yang masuk melalui GFXBench menunjukkan jika Galaxy Grand Prime 2016 memiliki mesin dengan prosesor ARM Cortex-A53 quad-core 64-bit berkecepatan 1.5GHz. Menyatu dalam chipset MediaTek MT6737T yang berteknologi 28nm, prosesor tersebut dipadukan dengan GPU Mali-T720 MP2 pada kecepatan 600 MHz.

Salah satu chipset terbaru MediaTek ini memang jarang terdengar namanya, dan baru dirilis awal tahun ini. Selain Samsung, Asus juga menggunakannya untuk seri ZenFone 3 Max. Salah satu keunggulannya terletak pada GPU Mali yang cukup kencang. Namun keseluruhan, MediaTek MT6737T masuk ke jajaran prosesor kelas menengah MediaTek yang pasti sangat ekonomis harganya.


CONTINUE READING BELOW

NO HOAX! ZenFone 3 Ini Beneran 2 Jutaan Harganya, Baterainya Tahan Sebulan!

NO HOAX! ZenFone 3 Ini Beneran 2 Jutaan Harganya, Baterainya Tahan Sebulan! Harga ZenFone 3 Max Spec, spesifikasi ZenFone 3 Max, benchmark ZenFone 3 Max


Spesifikasi Galaxy Grand Prime 2016 lainnya, seperti layar yang masih bertahan pada pakem seri Galaxy Grand, yaitu 5-inchi, resolusi qHD yang pas-pasan, atau 540 x 960-pixel, jatah memory RAM 2GB (meningkat dari sebelumnya), internal storage 8GB plus slot microSD, yang seharusnya slot microSD-nya kini dengan OS-nya Android 6.0.1 Marshmallow menjadi lebih berguna karena bisa difungsikan sebagai default storage, kamera utama 8MP, dan kamera depan / selfie 5MP. Kemungkinan besar juga akan memiliki varian dengan dua slot kartu SIM seperti sebelumnya.

Spesifikasinya mungkin bukan sesuatu yang diunggulkan Galaxy Grand Prime 2016 yang memiliki kode SM-G532 ini, apalagi ketika dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya yang pasti mampu mengajukan racikan hardware yang lebih menggiurkan. Namun seperti Galaxy lainnya, Samsung tetap lebih dikenal dan unggul berkat after sales yang sangat baik. Belum ada keterangan resmi perihal Galaxy Grant Prime 2016 ini, kapan diumumkan, dan berapa harga jualnya nanti. Prediksinya sih, antara Rp1.5 – 2.5 jutaan!

Sumber: GFXBench

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.