Terbukti! Pokemon Legendaris dan Fitur Trading Pokemon GO Segera Hadir!

Perlahan tapi pasti, fitur-fitur Pokemon GO mulai terisi! Kode yang bocor isyaratkan datangnya Pokemon legendaris dan diimplementasinya trading Pokemon GO!

1472533202000

Trading Pokemon GO

Kelihatannya kedatangan Pokemon legendaris dan trading Pokemon GO semakin dekat! Bukti-bukti kuat sudah semakin bermunculan!

Di Reddit, terdapat sebuah sub-reddit bernama /r/TheSilphRoad, dimana anggota-anggotanya berusaha menguak berbagai rahasia yang ada di dalam Pokemon GO. Termasuk dengan melakukan reverse engineering dan membuka kode game mobile tersebut.

Nah, baru-baru ini ditemukan beberapa baris kode baru yang dimasukkan ke dalam game. Di antaranya mengacu pada tiga item baru, implementasi sistem trading, dan Pokemon legendaris!

Jenis Update Nama Kode
Update Incense Item_incense_spicy
Item_incense_cool
Item_incense_floral
Update Trading Trade_search
Trade_offer
Trade_response
Trade_result
Update Pokemon Legendaris Activity_catch_legend_pokemon

Menurut pengguna Reddit cokuspokus, kode-kode ini belum pernah terlihat sebelumnya. Kemungkinan besar update 0.35.0 kemarin menambahkan kode misterius ini untuk menyiapkan fitur baru pada update berikutnya.

Karena kodenya sudah terungkap semua, yuk kita coba bahas dan jajal satu-satu! Sebenarnya apa saja arti dari semua hal itu, ya?


CONTINUE READING BELOW

Team Leader Akhirnya Memiliki Peran di Update Pokemon GO 0.35.0 Terbaru!

Sebelumnya para Team Leader dari tim Valor, Mystic, dan Instinct belum punya fungsi apapun. Tapi hal itu akan segera berubah di update Pokemon GO 0.35.0!


Item Pokemon GO Baru, Apa Saja Mereka?

Pokemon GO Trading Item Incense

Seperti yang terlihat di atas, Niantic tampaknya akan menambahkan tiga item baru, yaitu: “item_incense_floral”, “item_incense_spicy”, dan “item_incense_cool”.

Jelas dari namanya terlihat kode tersebut merujuk pada item Incense yang bisa dipakai untuk menarik Pokemon-Pokemon liar agar sering muncul di sekitarmu. Tapi yang menarik adalah adanya imbuhan baru di belakang Incense tersebut. Apakah itu berarti akan ada Incense-Incense baru yang bisa meningkatkan persentase munculnya jenis-jenis Pokemon tertentu?

Misal, Incense Floral akan meningkatkan jumlah Pokemon Tipe Grass atau Bug. Dan Cool akan memunculkan Pokemon Tipe Water. Atau justru Incense itu hanya untuk memanggil Pokemon starter macam Squirtle, Charmander, dan Bulbasaur?

Beginilah kira-kira efek samping Incense baru, menurut analisa saya:

  • Incense Floral: Berhubungan dengan daerah padang rumput dan hutan, bisa memunculkan Pokemon Tipe Grass, Bug, Poison, Flying, Fairy, Ground, Rock.
  • Incense Spicy: Berhubungan dengan Pokemon-Pokemon berkekuatan besar, memunculkan Pokemon Fire, Electric, Fighting, Dragon, Steel.
  • Incense Cool: Berhubungan dengan tipe Pokemon yang kalem atau suka daerah dingin, memunculkan Pokemon Water, Ice, Psychic, Dark, Normal, Ghost.

Namun sejauh ini, selain ketiga Incense tersebut, Pokemon GO masih memiliki beberapa kode item lain yang belum terpakai tetapi sudah ada sejak dulu, seperti jenis-jenis berry lain selain Razz Berry dan adanya Master Ball. Seperti benda-benda tersebut, entah kapan Incense baru ini akan diterapkan.

Fitur Trading Pokemon GO Segera Diimplementasi?

Pokemon GO Trading

Saya rasa nggak salah kalau bilang penggemar berat Pokemon cukup kecewa begitu Pokemon GO rilis. Fitur-fitur dasar yang sudah menjadi ciri khas game Pokemon seperti trading dan trainer battle tidak bisa ditemukan dalam game mobile ini. Padahal dua fitur tersebut juga sudah di-tease dalam trailer-nya!

Namun sepertinya Niantic mendengarkan keluhan para trainer dan sedang berusaha untuk memasukkan sistem trading ke dalam game.

Seperti yang sudah dibahas sekilas pada tabel di atas, terdapat empat kode yang sepertinya akan mendikte bagaimana sistem trading Pokemon GO akan berjalan:

  • Trade_search: Kamu akan bisa mencari daftar Pokemon-Pokemon apa saja yang mau ditukarkan oleh orang-orang.
  • Trade_offer: Pokemon apa yang akan dijadikan alat tukar, dan kamu bisa melihat daftar penawaran yang juga diberikan oleh orang-orang lain.
  • Trade_response: Apakah pihak penukar mengiyakan pertukaran atau tidak.
  • Trade_result: Memberitahu hasil pertukaran, apakah berhasil, gagal, ditolak, atau batal.

Kalau dilihat-lihat, sepertinya sistem ini mirip dengan auction house yang ada di game online atau listing item di Steam Marketplace. Dimana pemain bisa menaruh Pokemon yang ingin ditukar dan orang-orang lain akan memberikan penawaran masing-masing untuk mendapatkan Pokemon itu.

Tapi belum jelas apakah sistem pertukaran ini bisa dilakukan secara online di mana saja dan kapan saja, atau hanya bisa dilakukan dalam jarak dekat menggunakan sistem nirkabel NFC atau Bluetooth.

Dan diduga sistem ini tidak hanya memperbolehkanmu saling bertukar Pokemon, tetapi juga bertukar item-item yang ada di dalam game.


CONTINUE READING BELOW

Pokemon GO Trading dan Battle Rilis Tahun Ini, Generasi II Segera Menyusul?

Pokemon GO Trading dan Battle Rilis Tahun Ini, Generasi II Segera Menyusul? Cara Pokemon GO Trading, cara trading Pokemon, cara transfer Pokemon


Pokemon Legendaris Pokemon GO Menampakkan Diri?

Pokemon GO Trading Legendaris Mewtwo

Dan yang terakhir, informasi baru soal Pokemon-Pokemon Legendaris!

Sebagai acuan, kode yang merujuk pada aktivitas menangkap Pokemon biasa bernama “Activity_catch_pokemon” saja. Namun, adanya baris kode baru “Activity_catch_legend_pokemon” yang membedakan keduanya, nampaknya menunjukkan kalau cara menangkap Pokemon legendaris bisa berbeda dari menangkap Pokemon biasa!

Apakah implementasinya nanti akan mirip seperti di-trailer? Pemain harus mengeroyok Pokemon Legendaris sebelum bisa menangkapnya, seperti bagaimana kita menyerang Gym?

Wah, bikin penasaran saja ya! Kelihatannya Pokemon GO bakal semakin seru ke depannya! Menurut kalian sendiri bagaimana, fitur Pokemon GO apa yang paling kalian tunggu?

Sumber: Reddit

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.