Login Pokemon GO Pakai Akun Pokemon Trainer Club, Apa Fungsinya?

Apa perbedaan login Pokemon GO menggunakan akun Google dan Pokemon Trainer Club? Yuk kita cari tahu di sini!

1472623539000

Pokemon Trainer Club

Saat kamu mau login ke Pokemon GO, pasti kamu lihat, kan? Di bawah tulisan “Sign up with” terdapat tombol putih bertuliskan Google, dan di bawahnya ada lagi tombol oranye dengan tulisan “Pokemon Trainer Club.”

Mungkin kamu sempat penasaran, apakah itu sebenarnya Pokemon Trainer Club? Dan apakah mungkin ada keuntungan tersendiri dengan melakukan login Pokemon GO menggunakan akun tersebut?

Bisa dibilang sudah agak terlambat sebenarnya, tapi kita bakal menjelaskan fungsinya dan menjawab pertanyaanmu nih sekarang!

Pokemon Trainer Club adalah sistem akun yang terdapat di situs resmi Pokemon. Seperti yang terlihat di Pokemon GO, akun ini tidak hanya dipakai di situs tersebut, tetapi juga terintegrasi untuk layanan game-game Pokemon lain, seperti:

  • Permainan kartu online Pokemon Trading Card Game (TCG) Online,
  • Sistem online Global Link dalam game-game handheld Pokemon (sejak Nintendo DS),
  • Dan untuk mengikuti berbagai acara atau turnamen yang diadakan melalui Play! Pokemon.

Pokemon Trainer Club

Informasi akun Pokemon Trainer Club milikmu sendiri bisa dimodifikasi di Pokemon.com. Di sana, kamu bisa menampilkan enam Pokemon favoritmu dan mengkustomisasi avatar — yang mana pilihan baju-baju bisa dibuka dengan menggunakan Trainer Token.

Trainer Token didapat dengan memainkan game web-based sederhana tapi tetap menarik, yang ada di tab Play Games di situs Pokemon. Game-game yang ada di sana bisa dimainkan tanpa perlu login dengan Pokemon Trainers Club, tapi skormu tidak akan masuk ranking dan kamu juga jadi tidak bisa mendapatkan Trainer Token.

Menggunakan akun Pokemon Trainers Club di handheld secara online melalui sistem Global Link, juga bisa memberimu beragam hadiah menarik. Salah satunya adalah bonus Pokemon berupa Togekiss dan Trainer Token untuk dipakai di Pokemon.com yang bisa didapat saat kamu berulang tahun.

Pada bulan Mei kemarin, Nintendo juga membagikan tiga Pokemon burung legendaris Moltres, Articuno, Zapdos kepada para pemain Pokemon X, Y, Omega Ruby dan Alpha Sapphire di Nintendo 3DS. Ketiga Pokemon legendaris itu juga dilengkapi skill dan hidden abilities yang tidak bisa ditemukan dengan cara biasa.

Dan dengan membeli kartu Pokemon TCG fisik, kamu juga akan mendapat kode yang bisa di-redeem di permainan Pokemon Trading Card Game Online dan membuat dek digital versimu sendiri. Namun nampaknya hanya berlaku untuk semua kartu-kartu Pokemon yang bertanda khusus.

Sayangnya untuk saat ini, Nintendo belum menerapkan insentif apapun untuk menggunakan akun Pokemon Trainers Club saat login di Pokemon GO.

Tapi, ada “sedikit” keuntungan dari menggunakan akun Pokemon Trainers Club, karena servernya berbeda dengan akun Google. Jadi kalau kamu sedang susah masuk Pokemon GO, coba login menggunakan akun Trainers Club, mungkin kamu akan lebih gampang masuk ke game!

IGN/Pertama kali dipublikasikan di Dunia Games

TENTANG PENULIS
sidharta

Jadi penulis karena nggak bisa koding.